Kontes Kecantikan Bagi Para TKW di Singapore


10 Finalist BMI di Singapura


Siapa sih yang tidak mau menjadi ratu sejagad walaupun hanya 1 hari. Berlenggak-lenggok di red carpet sambil melambaikan tangan dan mengenakan mahkota diatas kepala. Semua perempuan pasti pernah memiliki impian itu.



Kemarin, tanggal 16 oktober ada acara Miss Singapore Indonesian 2016 di Toa Payoh West Community Club Singapore. Aku yang baru pertama kali ke Singapura, memiliki keberuntungan dapat melihat acaranya secara langsung.



Untuk kesana, aku menggunakan ferry dari pelabuahan internasional Batam Centre. Biaya tiket ferry sebesar 280 Ribu Rupiah. Setelah sampai di Singapura, aku menggunakan MRT agar cepat sampai tujuan.



Begitu sampai ditujuan, aku jalan kaki dan mencari letak lokasi acara ini diselenggarakan. Setelah sampai dilokasi, aku membayar biaya tiket masuk ke acara. Hanya 15 Dollar Singapore. Ternyata penyelenggara acara ini adalah Gayatri yang merupakan salah satu Bridal terkenal di Jakarta.




Suasana di MRT

Dari namanya, pasti kita tau bahwa Miss Singapore Indonesian 2016 merupakan kontes pemilihan putri kecantikan. Uniknya kontes kecantikan ini diikuti oleh 44 orang finalist dari Buruh Migran Indonesia atau BMI yang ada di Singapura atau yang lebih dikenal sebagai TKW.


Coba bayangkan para BMI atau TKW menjadi ratu sejagad walau hanya 1 hari. Pahlawan devisa yang biasanya mengerjakan pekerjaan rumah, disuruh berlenggak-lenggok diatas red carpet. Dan itu baru terjadi di Miss Singapore Indonesian 2016 lho.



Kontes pemilihan putri kecantikan ini baru pertama kali digelar untuk para BMI yang ada di luar negeri. Itu artinya, Gayatri merupakan first founder untuk kontes pemilihan putri kecantikan dikalangan BMI atau TKW.






Finalist Yang Mendapatkan Pertanyaan

Tujuan digelarnya Miss Singapore Indonesian 2016 karena Gayatri menilai antusiasme para BMI di dunia fashion dan kecantikan sangat tinggi. Namun sebenarnya, misi Gayatri menggelar acara ini bukan hanya fashion dan kecantikan saja. Kedua hal ini dinilai masih belum cukup. Sehingga, para finalist dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik, santun dalam bersikap, cerdas, dan cinta tanah air.



Sementara itu, para finalist yang ikut kontes kecantikan ini juga ingin memberikan informasi kepada warga Singapura tentang kebudayaan Indonesia. Dari Singapura, para pahlawan devisa itu menginginkan seluruh negara mengetahui tentang kebudayaan Indonesia yang indah dan unik.



Dalam Miss Singapore Indonesian 2016, para finalist mendapat pertanyaan dari dewan juri. Sehingga dari 44 finalist, mereka disaring menjadi 10 orang. Setelah itu terpilih menjadi 3 orang finalist Miss Singapore Indonesian 2016.








Penampilan BMI di Panggung

Sebelum acara dimulai, para finalist Miss Singapore Indonesian 2016 juga membawakan lagu dari daerahnya masing-masing. Sambil bernyanyi lagu daerah, mereka diwajibkan mengenakan baju adatnya juga.


Acara Miss Singapore Indonesian 2016 ini ternyata mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Singapura. KBRI di Singapura mendukung dan menyambut baik segala kegiatan positif yang dilakukan oleh para BMI. Diharapkan agar Miss Singapore Indonesian 2016 ini terus berlanjut.



Untuk hadiah, pemenang pertama medapatkan uang cash 500 Dollar Singapura dan bingkisan yang menarik. Untuk pemenang kedua mendapatkan uang cash 300 Dollar Singapura dan bingkisan. Sedangkan untuk pemenang ketiga mendapatkan uang cash 200 Dollar Singapura dan bingkisan.



Ok. Setelah acara selesai dan jadi ratu sejagad seharian, bisa dipastikan kalau BMI atau TKW ini menjadi upik abu lagi. Tapi itu semua hanya hiburan semata agar para BMI atau TKW tidak jenuh dengan pekerjaan mereka. Diharapkan kepada pemerintah Indonesia agar dapat memperhatikan pahlawan devisa kita.




Foto Bareng Pemenang
Share on Google Plus

About bocahudik

6 komentar:

  1. Mereka pasti bahagia dengan adanya acara seperti ini...lepas penat mereka sesaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kak. Kita yang ada disana juga bisa merasakan kegembiraan bersama mereka. Habis menang dan pakai mahkota, besoknya udah kerja lagi. Kan lucu kak. Hehehe

      Hapus
  2. Kira kira bos mereka datang tak di acara tersebut ? Haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang datang. Bahkan bosnya ada yang membawa anak. Mungkin itu anak yang dirawat oleh BMI

      Hapus
  3. Event yang bagus, perlu berkelanjutan kayaknya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Bagus banget. Tahun depan akan diadakan lagi

      Hapus