Mengeksplorasi Pasar Muara Kuin Yang Masuk Jajaran Pasar Apung Terbaik di Dunia

Tahu nggak sih, kalau Pasar Muara Kuin termasuk dalam jajaran atas pasar apung terbaik di dunia loh. Berlokasi di Banjarmasin, tempat ini memang menjadi daya tarik wisata saat kamu datang ke Banjarmasin. Bisa dibilang sih, belum benar-benar ke Banjarmasin jika belum mampir ke Pasar Muara Kuin.

Untuk wisatawan dari luar pulau, jalur penerbangan memang salah satu pilihan terbaik. Dengan berbagai maskapai penerbangan termasuk Aviastar, kamu bisa sampai di Bandara Syamsudin Noor dan sebaiknya kamu harus melakukan perjalanan lewat darat, kemudian menyusuri sungai. viastar memiliki fokus penerbangan pada Indonesia bagian Timur, sehingga orang-orang yang ingin bepergian semakin mudah.

Cara Pergi ke Pasar Muara Kuin

Jika kamu berada di Kota Banjarmasin, kamu wajib menyewa perahu mesin untuk melakukan perjalanan menuju ke Pasar Muara Kuin. Atur jadwalmu dengan baik, karena perjalanan yang harus ditempuh yakni sepanjang 45 menit.



Sumber: bluepackerid.com


Seperti kebanyakan pasar tradisional, Pasar Muara Kuin ini sudah beroperasi sejak subuh dan berakhir di pagi hari sekitar pukul 08.00 waktu setempat. Kamu wajib banget datang pagi-pagi sekali untuk bisa menikmati suasana Pasar Apung yang masuk jajaran tempat wisata apung terbaik di dunia ini.

Belanja Kuliner Atau Hasil Kebun

Setibanya di Pasar Muara Kuin, wisatawan disambut dengan banyaknya kapal-kapal yang didayung. Penjuallah yang akan mendatangi pembeli untuk menawarkan barang apa yang mereka miliki.



Sumber: sepatucrocspria.wordpress.com


Barang-barang yang dijual pun beragam, mulai dari sayuran, hasil kebun, sampai makanan khas Banjarmasin. Biasanya, sesama penduduk di sana melakukan jual beli dengan barter, yakni bertukar barang.

Meski begitu, para pedagang di sana tetap menerima uang jika melakukan jual-beli dengan wisatawan kok.



Bersantai Menikmati Suasana Pasar

Jika kamu bukan tipe yang senang berbelanja, kamu bisa kok menikmati suasana Pasar Muara Kuin di atas kapal yang kamu sewa, sembari menikmati kopi panas atau teh hangat ditemani makanan khas Banjarmasin.



Sumber: lifemagazin.hu


Setelah lewat pukul 08.00 waktu setempat, kapal yang kamu sewa akan membawamu untuk kembali ke Kota Banjarmasin. Sayangnya, selama perjalanan menyusuri sungai Barito kurang ada pemandangan yang menyenangkan mata.

Tidak juga sepi, karena banyak rumah-rumah apung yang bakal kamu lewati. Seperti desa pada umumnya, warga di sana melakukan aktivitas sehari-hari di rumah apung ini.

Pasar apung lainnya yang terkenal di dunia adalah Damneon Saduak yang terletak di Thailand, sedangkan di Vietnam ada Vinh Long. Kamboja juga memiliki pasar apung yang disebut Tonle Sap. Mexico juga punya tempat sejenis, yakni Nativitas, Xochimilco.

Nggak perlu jauh-jauh ke Thailand atau Vietnam, di Banjarmasin pun kamu bisa menikmati suasana pasar apung yang tiada duanya. Segera jadwalkan keberagkatanmu untuk berkunjung ke tempat wisata yang unik ini. Kamu juga bisa mencari detail penerbangan Aviastar lewat Traveloka untuk mempermudah proses booking.
Share on Google Plus

About bocahudik

6 komentar:

  1. Kalau melihat pasar terapung, saya jadi inget sama iklan di RCTI waktu jaman old

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang nenek nenek itu ya bang... Jadi ketahuan kalau kita sidah tua ya bang. Hehehe

      Hapus
  2. Kelihatannya memang menarik, keren pasar apung itu, tapi belum pernah lihat,, liatnya sih cuma di TV, dan diiklan RCTI dulu wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo lihat langsung kesana... Bagus banget lho

      Hapus
  3. Aku baru tahu kalau aviastar masih ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan terakhir kesana bg? Ayo kesana lagi untuk refreshing. Hehehe

      Hapus