Berkemah Sambil Mancing Ikan? Kunjungi Poyotomo Bintan

by - 7:14 PM

Tenda Di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan


Camping atau berkemah merupakan kegiatan rekreasi di alam bebas. Biasanya dengan mendirikan tenda untuk menikmati suasana keindahan alam. Di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, terdapat tempat untuk berkemah. Lokasinya berada di lereng Gunung Bintan.

Taman Pemancingan Poyotomo Bintan, itulah nama tempatnya. Poyotomo ini berada di Desa Bintan Buyu Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Jaraknya sekitar 37 km dari Pelabuhan ASDP Roro Tanjung Uban, Bintan. Atau sekitar 50 menit menggunakan sepeda motor. Posisinya sebelah kiri atau berada di lereng Gunung Bintan.

"Belok kiri, Fie." ujar mas Danan.

Waktu itu cuaca sangat terik. Dari Pelabuhan ASDP Roro Tanjung Uban, kami berhenti beberapa kali di perjalanan. Kami yang mengendarai sepeda motor, menyempatkan diri untuk makan siang di warung pinggir jalan.


Kolam Di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan


Taman Pemancingan Poyotomo Bintan ini merupakan tempat wisata yang tergolong baru. Tidak banyak wisatawan yang tahu karena letaknya yang jauh dari jalan raya. Padahal suasananya sangat menyenangkan dan begitu sejuk.

Saat tiba di lokasi, aku langsung memarkirkan sepeda motor ku. Biaya parkir dikenakan Rp 5 ribu. Awalnya aku parkir di luar Taman Pemancingan Poyotomo Bintan. Namun saat malam, sepeda motor harus dimasukan ke dalam area Taman Pemancingan Poyotomo Bintan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Untuk biaya masuk, kita dikenakan Rp 10 ribu per orang. Tapi saat itu, aku dan mas Danan ingin berkemah sehingga dikenakan biaya tenda sebesar Rp 50 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut, kita sudah mendapatkan sleeping bag, tenda, dan tikar.

"Bagus banget tamannya, mas." kata ku saat itu.

Saat masuk ke Taman Pemancingan Poyotomo Bintan, kita akan disuguhkan rindangnya pepohonan. Apalagi letaknya yang berada di lereng Gunung Bintan, sangatlah dingin. Cocok bagi para selebgram yang hobby photo atau selfie. Banyak tanaman bunga yang ditanam di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan.


Pondok Di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan


Pondok-pondok cantik, sangat tertata dengan rapi. Bagi pengunjung yang ingin bersantai di pondok tersebut, akan dikenakan biaya Rp 30 ribu. Sangat murah jika dibandingkan dengan suasana keindahan alam, terlebih di area lereng Gunung Bintan.

Di lokasi tersebut, ada kolam pancing. Sesuai dengan namanya, Taman Pemancingan Poyotomo Bintan. Kedalaman kolam sekitar 2,5 meter. Banyak ikan di dalam kolam tersebut (namanya juga kolam ikan).

Jika ingin memancing, akan dikenakan biaya Rp 30 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk untuk menyewa alat pancing dan umpan. Namun belum dihitung untuk deposit Rp 20 ribu. Setelah menyelesaikan biaya, kita dapat memancing sepuasnya. Tapi setelah memancing, ikan harus dimasukan ke dalam kolam lagi. Kalau ingin membawa pulang, akan ada biaya tambahan.

"Mas, ga ada warung di sekitar sini ya? Alfie lapar." ujar ku.

"Ya elah... Disini ada warung kog." kata mas Danan.

Ternyata di lokasi Taman Pemancingan Poyotomo Bintan terdapat warung atau kantin. Semua makanan dan minuman yang dijual, sangat murah. Warung beroperasi hingga pukul 21:00 wib. Jika sudah tutup, kita masih diizinkan untuk menggunakan alat masak kalau mau memasak air atau makanan yang kita bawa dari luar.


Suasana Pagi Di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan


Fasilitas yang disediakan pengelola selain warung, ada musholla dan toilet. Fasilitas tersebut sangat terawat dan bersih. Selain itu, pada malam hari juga disediakan pencahayaan yang cukup terang di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan.

Menjelang senja dan matahari terbit, kita bisa merasakan sejuknya udara di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan. Kabut-kabut menyelimuti Gunung Bintan.

"Nanti kita balik, langsung ke gurun pasir bintan ya mas." kata ku.

"Ok. Nanti kita balik tengah hari aja." ucap mas Danan.

Setelah puas berkemah, kami pun melanjutkan perjalanan ke Gurun Pasir Bintan.


Bocah Udik Di Taman Pemancingan Poyotomo Bintan

----------------------------

Lokasi: Desa Bintan Buyu Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia.

Biaya:

Biaya parkir: Rp 5 ribu.
Biaya masuk: Rp 10 ribu.
Biaya sewa tenda: Rp 50 ribu.
Biaya mancing (optional): Rp 30 ribu.
Biaya sewa pondok (optional): Rp 30 ribu.

You May Also Like

2 komentar

  1. kaya pernah lihat dimana ya fie :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teringat tidur berdua dalam satu tenda mas. Untung ga hamil.

      Delete