Melihat Program Kampung Cengkeh Turi di Binjai: Mampu Jadi Role Model KBA

By Bocah Udik - 6:06 AM

Para Warga Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara


SINAR matahari pagi seolah menjadi kemilau asa di ufuk timur, yang menjanjikan sejuta keinginan bagi para warga yang semula titik langkah perlahan menjadikan bumi semaian harapan.


Sama seperti saya yang mendapatkan berkah luar biasa pagi ini. Dimana, saya bisa melihat senyuman berseri dari warga KAMPUNG BERSERI ASTRA (KBA) di Jalan Sabit Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Sumatera Utara. Berseri. Ya, saya melihat senyumnya lebih cerah sama seperti cerahnya sinar mentari pagi.


Para warga bersemangat menjalankan aktivitasnya. Mereka terus mengimplementasikan program kontribusi sosial berkelanjutan ASTRA, yakni program dari Kampung Berseri Astra yang dikembangkan dengan konsep mengintegrasikan empat pilar. Seperti: pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan.

Dari empat pilar itu, di Kampung Cengkeh Turi, hanya dua pilar yang baru berkembang, yakni pilar Kewirausahaan atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pilar Pendidikan.


Guru Dan Siswa SD Negeri 028067 Kampung Cengkeh Turi


Meskipun baru dua pilar, tapi sudah berhasil membuat Kampung Cengkeh Turi berada di kelas bintang tiga. Astra akan terus membuat kriteria Kampung ini menuju bintang lima. Tentu dengan catatan untuk mewujudkannya, warga harus mau dengan terbuka untuk berkembang menjadi kokoh dan mandiri secara pribadi dan lingkungannya juga.

Pada pilar kesehatan misalnya. Kampung ini masih membutuhkan dokter yang didukung dengan fasilitas serta ruang periksa kesehatan yang memadai. Sedangkan pilar lingkungan akan terus ditingkatkan lewat kegiatan berkebun hydroponic dan apotik hidup. 

Dengan demikian, kalau itu berjalan mulus, maka di 2019 atau 2020 mendatang, sudah bisa tercapai menuju bintang lima atau menjadi kampung mandiri yang berseri. 

Setelahnya, Astra akan mencari kampung lain. Pada tahun ini, Astra mengagendakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan bagian dari pilar kesehatan, Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL), Hydroponic, dan Pemanfaatan Sampah.


Para Siswa SD Negeri 028067 Sedang Buang Sampah Sesuai Kategorinya


Kampung Berseri Astra tidak hanya kesehatan warganya yang berseri, tetapi juga anak-anaknya, lingkungannya, dan ekonomi masyarakatnya. Seluruh warga kampung Cengkeh Turi terpacu hidup mandiri dan semangat untuk maju karena Astra terus memberikan rasa kepedulian (care & awareness) kepada mereka. Kalau empat pilar program tersebut tercapai, dapat dipastikan, Kampung Cengkeh Turi di Jalan Sabit Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Sumatera Utara ini bisa dijadikan rule model bagi kampung-kampung lainnya.

Dalam proses pengembangannya, ada lima jenis Kampung Berseri Astra, yaitu kampung wisata, kampung hijau, kampung produktif, kampung cyber, dan kampung budaya.

Nah, Kampung Cengkeh Turi ini termasuk dalam kategori Kampung Berseri Astra Produktif. Artinya, kampung ini merupakan salah satu konsep kampung mandiri yang mampu menjadi pusat pembelajaran dan memenuhi kebutuhan sendiri melalui kegiatan produktif dan meningkatkan kualitas hidup di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.


EMPAT PILAR PROGRAM KAMPUNG BERSERI ASTRA



Para Ketua Pilar Kampung Cengkeh Turi Photo Bersama Karyawan Astra Group





Berkat dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) yang merupakan program nyata dari Astra Group untuk berperan aktif dalam memberikan kontribusi, meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia, Kampung Cengkeh Turi sudah memiliki dua pilar yang bagus. Yakni Pilar Kewirausahaan atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pilar Pendidikan. Dibutuhkan dua pilar lagi untuk mencapai kriteria bintang lima sehingga para warga tampak antusias dan saling membahu dalam mewujudkannya.



Astra selalu mendatangkan pelatih bagi warga kampung Cengkeh Turi setiap dua bulan sekali. Para warga diajarkan membuat pembukaan secara online, menjalankan kegiatan UMKM, mengemas serta memasarkan hasil produksi UMKM, dan lainnya. Warga mengaku ada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan jadi mandiri berkat Astra.

PILAR KESEHATAN



Kader Posyandu Kemuning Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Kampung Cengkeh Turi masih membutuhkan fasilitas kesehatan, ruang periksa, kader kesehatan, dokter, dan lainnya. Untuk fasilitas kesehatan sudah tersedia alat timbangan, tempat tidur, dan almari. Dokter umum yang ada di Kampung Cengkeh Turi hanya satu orang dan enam orang perawat. Sedangkan untuk ruang kesehatan khusus akan dibangun pada desember mendatang.



Para warga kampung Cengkeh Turi bisa memeriksa kesehatan seperti panas badan, tensi darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Setiap bulan, ada posyandu di kampung Cengkeh Turi. Para Bayi akan diimunisasi. Namun imunisasi utama hanya dilaksanakan di puskesmas setiap bulan agustus dan februari. Jika terdapat ibu hamil yang mau melahirkan, akan dirujuk ke puskesmas terdekat karena masih kurangnya pemahaman para kader posyandu.

Ada lima orang kader posyandu di Kampung Cengkeh Turi. Namun yang bisa membantu, ada 12 orang. Mereka dilatih oleh puskesmas dalam menangani kesehatan warga Kampung Cengkeh Turi. Setelah mendapatkan pelatihan, para kader tersebut mengadakan sosialisasi ke seluruh warga, door to door.

PILAR LINGKUNGAN



Tanaman Hydroponic Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Secara psikologi, Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi terlihat ada satu semangat yang kuat dalam menghadapi persoalan kehidupan dan memiliki lambang yang cukup keras untuk berubah menjadi lebih baik. Hal tersebut terlihat dari banyaknya warna hijau di halaman rumah warga yang berarti kesuburan dan harmoni kehidupan. Warna hijau dapat membangkitkan kebahagiaan dan gairah hidup. Itulah mengapa kampung Cengkeh Turi menjadi kampung percontohan bagi yang lainnya.



Kangkung Pada Tanaman Hydroponic Kampung Cengkeh Turi





Setiap rumah warga, dihiasi oleh tanaman hydroponic. Tanaman ini digandrungi oleh para warga karena selain bisa dikonsumsi sendiri, tanaman hydroponic bisa dipasarkan juga. Harganya pun cukup fantastis jika dibandingkan dengan tanaman bermedia tanah. Kehadiran Kampung Berseri Astra di Jalan Sabit Lingkungan VI, Kecamatan Binjai Utara, Sumatera Utara merubah berbagai sektor. Terutama perekonomian warga setempat.



Apotek Hidup Di Kampung Cengkeh Turi





Selain tanaman hydroponic, di Kampung Cengkeh Turi terdapat apotek hidup. Ada 39 tanaman yang bisa dijadikan obat-obatan alami seperti daun ambeien, bangle, kumis kucing, daun betadine, dan daun suji. Para warga diajarkan oleh Astra cara menanam tanaman hydroponic dan apotek hidup. Bibit untujk apotek hidupnya pun berasal dari Astra.



DAUN AMBEIEN


Daun Ambeien Di Apotek Hidup Kampung Cengkeh Turi





Daun berwarna ungu ini berkhasiat sebagai anti hommoroid. Daun ini termasuk dalam tumbuhan predu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil, dan tinggi mencapai tiga meter. Biasa tumbuh liar di halaman rumah.



Untuk mengatasi ambeien:
9 - 10 gram daun
2 gelas air (600 cc)

Rebuslah daun ambeien hingga menjadi satu gelas. Minum setiap hari.

DAUN BANGLE



Daun Bangle Di Apotek Hidup Kampung Cengkeh Turi





Tanaman rempah-rempahan ini merupakan anggota suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizomanya dapat dimnfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat-obatan. Tanaman ini sering dikaitkan dengan dlingo atau dringo bengle. Khasiatnya untuk obat demam, masuk angin, perut mules, sakit kepala, sakit kuning, ramatik, mengurangi lemak, radang selaput lendir mata, mengecilkan perut pasca melahirkan, dan lainnya.



KUMIS KUCING



Tanaman Kumis Kucing Di Apotek Hidup Kampung Cengkeh Turi





Nama latin dari tanaman ini adalah Orthosipon Stamineus atau Orthosipon Aristatus. Tanaman kumis kucing tumbuh di negara Asia Tenggara. Selain bisa dijadikan tanaman hias, kumis kucing bisa digunakan sebagai obat herbal melawan infeksi bakteri seperti luka pada kulit dan gusi bengkak. Bisa juga mengobati rematik dan asam urat, ginjal, alergi, serta menghentikan kejang-kejang.



DAUN BETADINE


Daun Betadine Di Apotek Hidup Kampung Cengkeh Turi





Kerabat pohon jarak dengan nama latin Jatropha Multifida L ini termasuk dalam famili Euphorbiaceae. Pohon yodium ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Seperti daun jarak cina, jarak gurita, coral plant, balacai, dan lainnya. Getah dari pohon ini berkhasiat untuk luka terbuka karena anti mikroba, luka bakar, sariawan, kutil, dan lainnya.



DAUN SUJI


Daun Suji Di Apotek Hidup Kampung Cengkeh Turi





Daun ini memiliki banyak manfaat di bidang pangan, kosmetik, dan pengobatan. Daun ini merupakan jenis tanaman perdu. Untuk bidang pangan, daun ini dijadikan sebagai pewarna makanan dan pucuk daun mudanya dapat dijadikan sebagai sayur-sayuran. Sedangkan bidang pengobagan, dapat mengatasi kolesterol, sakit perut, beri-beri, keracunan, disentri, kencing nanah, batuk berdarah, dan lainnya.






PILAR KEWIRAUSAHAAN ATAU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)


Siti Nurbaya Sianturi




Agar menjadi sukses dari orang lain, kita harus bekerja lebih keras dan giat. Bahkan bekerja lebih dua tau tiga kali lipat dibandingkan orang pada umumnya. Percayalah bahwa hasil yang akan didapat, akan jauh beda dengan hasil orang lain.



Bila ingin menjadi pengusaha sukses, maka harus bisa tahan banting dan bijak menyikapi kegagalan. Sama halnya yang dilakukan oleh ibu Siti Nurbaya Sianturi. Seorang warga Jalan Sabit Lingkungan VI, Kecamatan Binjau Utara, Sumatera Utara ini berhasil bangkit dari sebuah kegagalan.



Awalnya, Siti Nurbaya Sianturi hanya menjalankan Smock Jepang atau teknik menjahit. Namun usaha itu kurang berhasil. Lalu dia mencoba usaha lainnya, yakni kerajinan tangan yang terbuat dari bahan plastik. Ternyata usahanya itu pun berhasil.


Hiasan Perlengkapan Rumah Tangga Buatan Siti Nurbaya Sianturi





Siti Nurbaya memulai usahanya ini pada tahun 1986. Dia menekuni usahanya tersebut. Baginya, usaha ini merupakan mata pencaharian utama. Namun bagi warga Kampung Cengkeh Turi lainnya hanya menjadi usaha sampingan.



Usaha yang ditekuni oleh Siti Nurbaya Sianturi ini mendapat binaan dari Astra Group. Kini usahanya berkembang pesat karena sudah diekspor ke luar negeri. Pemasaran yang dilakukan pun hanya menggunakan media sosial.

Berbahan dasar plastik, Siti Nurbaya Sianturi sangat cekatan membuat berbagai asesoris dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Diantaranya adalah kalung, keranjang aqua, kotak tissue, tempat permen dan kue, dan berbagai bunga imitasi. Usaha yang dilakukan oleh Siti Nurbaya Sianturi ini sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dan menjadi percontohan bagi warga lainnya dalam bidang perekonomian atau UMKM.



Berbagai Asesoris Usaha Siti Nurbaya Sianturi





Selain sosok Siti Nurbaya Sianturi, hal yang patut diapresiasi lainnya adalah terbentuknya koperasi di Kampung Cengkeh Turi. Seperti yang diketahui, koperasi merupakan badan usaha atau organisasi yang dimiliki dan dioperasikan oleh para angotanya untuk kepentingan bersama. Di Kampung Cengkeh Turi terdapat koperasi simpan pinjam. Mereka memberi nama koperasi Flamboyan.



Koperasi itu dibentuk sejak adanya Kampung Berseri Astra dari Astra Group. Jumlah anggotanya sekitar 22 orang. Untuk menjadi anggota koperasi Flamboyan, warga membayar uang pendaftaran sebesar Rp 20 ribu. Lalu setiap bulan membayar Rp 10 ribu dan beras atau gula 1/2 kilogram.

Kegunaan koperasi itu untuk menjenguk warga yang sakit atau terkena musibah. Selain itu jika ada yang kesulitan membayar uang sekolah, warga boleh meminjam uang dari koperasi Flamboyan. Dalam satu tahun terakhir, uang yang berhasil dikumpulkan dari komperasi Flamboyan sekitar Rp 8 juta. Rencananya uang tersebut akan dibuat usaha bersama.

PILAR PENDIDIKAN



SD Negeri 028067 Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Education is the most powerful weapon we can use to change the world. -Nelson Mandela.



Kutipan di atas sangat cocok bagi dikaitkan dengan Sekolah SD Negeri 028067. Sekolah tersebut berada di Jalan Sabit Kelurahan Cengkeh Turi, kecamatan Binjai Utara, Sumatera Utara. Sejak ada bantuan atau binaan dari Astra, Sekolah SD Negeri 028067 menjadi sekolah favorite karena banyak anak-anak yang mendaftar.

Saat ini, ada 10 sekolah SD yang dibina oleh Sekolah SD Negeri 028067. Sekolah tersebut membina sekolah lainnya atau menjadi contoh untuk membuat kolam, apotek hidup, green house, bipori, kompos, dan bank sampah di sekolah.

KOLAM


Kolam Di SD Negeri 028067 Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Manfaat kolam di sekolah adalah dapat membudidayakan ikan. Selain itu bisa dijadikan bahan penelitian tentang cara hidup ikan dan lainnya.



APOTEK HIDUP / TAMAN LINGKUNGAN HIDUP

Taman Lingkungan Hidup SD Negeri 028067 Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Apotek hidup merupakan pemanfaatan tanah kosong untuk ditanami tanaman obat-obatan secara alami. Disini terdapat berbagai jenis tanaman.



GREEN HOUSE

Green House SD Negeri 028067 Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Green house atau rumah hijau merupakan rumah yang atap dan dindingnya terbuat dari kaca atau plastik. Istilah itu lebih dikenal dengan rumah kaca. Padahal bisa juga menggunakan rangka pipa aluminium atau kayu, plastik untuk atap, dan kasa anti nyamuk untuk dinding. Manfaatnya untuk pengembangbiakan tumbuh-tumbuhan atau untuk penelitian intensifikasi pertanian.



BIOPORI

Bipori SD Negeri 028067 Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Biopori merupakan lubang resapan yang berbentuk silindris dan dibuat secara vertikal ke dalam tanah. Hal ini dilakukan untuk metode resapan air guna mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air oada tanah.



KOMPOS ATAU HUMUS

Guru SD Negeri 028067 Menunjukkan Proses Pembuatan Kompos





Kompos merupakan sisa makhluk hidup yang mengalami pelapukan dan berbentuk seperti tanah. Manfaatnya untuk meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki struktur dan karakteristik tanah, meningkatkan hasil panen, meningkatkan aktivitas mikroba tanah, menekan serangan hama, dan lainnya.



BANK SAMPAH


Bank Sampah di SD Negeri 028067





Tujuannya untuk memilah sampah yang kemudian diolah kembali lagi atau bisa dimanfaatkan sebagai barang kerajinan.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Astra Group juga memberikan gerobak buku di Kampung Cengkeh Turi. Hal itu dilakukan agar warga Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi Binjai bisa semakin mengembangkan potensi dirinya dengan membaca buku-buku yang telah disediakan. Gerobak buku tersebut berisi puluhan buku edukasi atau buku pengetahuan mulai dari buku resep membuat kue, membuat produk-produk kerajinan tangan dan buku-buku lainnya.



Gerobak Buku di Kampung Cengkeh Turi Binjai Utara





Dengan adanya program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra. Kampung Cengkeh Turi juga diharapkan bisa menjadi lebih baik dan mandiri. ***








  • Share:

You Might Also Like

22 komentar

  1. Pilar-pilarnya menarik sekali, sepertinya juga sukses. Anak-anak udah mengerti dalam memilah sampah secara dini...hidroponik, dan tumbuhan hijaunya....wow banget..

    thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astra memang sukses membina kampung Cengkeh Turi sehingga bisa dijadikan sebagai role model bagi Kampung Berseri Astra lainnya.

      Delete
  2. keren banget ini programnya. Saya jadi pengen buat program seperti ini untuk diterapkan di lingkungan sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang... Lumayan lho bisa menghemat dan buat rumah jadi asri

      Delete
  3. Aku juga sering nih liat tempat-tempat binaan astra. Mantep banget ya programnya.. semoga bisa berkelanjutan dan ngebantu pemerintah daerah juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Astra membina satu kampung selama lima tahun kak. Setelah itu akan pindah ke kampung lainnya. Program ini memang sangat membantu pemerintah dan warga kak. Pokoknya keren deh

      Delete
  4. teduh kali ya liat yang hijau-hijau ituu.. semoga semakin melebar ya jangkauan astra..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Iya kak. Yang hijau itu emang enak dipandang

      Delete
  5. program yang kontributif banget utk pemeliharaan lingkungan, edukasi dan umkm ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak... Sangat bagus ini program mah... Mereka membina empat pilar seperti kesehatan, lingkungan, umkm, dan pendidikan

      Delete
  6. Empat pilar Astra sangat menginspirasi. Tertarik ama pilar lingkungannya. Pengen coba cara tanam menanam hidroponik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kak dicoba... Bisa hemat dan memperindah halaman rumah juga

      Delete
  7. Benar sekali kak, 4 pilar itu sangat penting dalam kehidupan kita, kesehatan, pendidikan, dan bisnis

    ReplyDelete
  8. keren banget program csr astra ya?

    ReplyDelete
  9. Menarik sekali program KBA dari Astra ini. Di Batam ada satu di Tanjung Piayu. Aku pengen banget mengusulkan untuk di kampung halaman. Nanti mau tanya-tanya duli ah ke penanggungjawabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak... Di Batam ada juga. Bagus banget ini kampung berseri Astra.
      Kalau usul mungkin bisa kak. Tapi kampung tersebut harus memiliki atau memenuhi kriteria dari Astra. Soalnya mereka yang mencari sebuah kampung untuk dijadikan kampung berseri Astra.

      Delete
  10. Keren ya programnya dan lengkap dengan aneka kebun serta pengolahan sampah jd pupuk. Memang layak utk pilot project.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak... Para warga dibina untuk menjalankan 4 pilar seperti kesehatan, lingkungan, usaha, dan pendidikan. Mantul deh Astra ini

      Delete
  11. Ahhh you did it,, padahal kemaren antara niat gak niat,, tapi aq sudah bergumam kalau kau buat, kau pasti menang percayalah, and miracle happens..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dank jewel sist... Kalau dipaksa, pasti bisa ya

      Delete