SOBATKU: Satu-Satunya Koperasi Simpan Pinjam Yang Terdaftar Di OJK

By Bocah Udik - 1:02 PM

Para Staff KSP Sahabat Mitra Sejati, Bank Sampoerna, Dan Perwakilan Dari SOBATKU


"Hemat boleh, tapi jangan nyiksa diri dong!" -Mia Arsjad dalam buku Runaway Ran. Kutipan tersebut pas bagi orang yang mau menabung, meski bukunya bukan tentang menabung. Menabung tidak perlu menyiksa diri. Namun terkadang ada saja perbankan yang mempersulit sehingga orang jarang menabung di bank atau pun koperasi.

Minggu siang, langit Medan berwarna kelabu. Sang bayu berhembus sepoi-sepoi. Tetesan air dari langit mulai terasa menimpah tubuh. Terlihat sekumpulan manusia memadati pelataran Ringroad City Walk Medan.

Ada acara undian grand prize pesta jutawan SOBATKU. Saya pun bertanya dalam hati, apa itu SOBATKU. Perlahan memasuki area tersebut sambil mencari informasi tentang SOBATKU. Saya sampai mengabaikan empat orang teman saya. Namun mereka tetap mengikuti jejak saya yang juga penasaran. Ternyata koperasi simpan pinjam (KSP). Niat awal ke Ringroad City Walk Medan, tertunda sejenak.


APA ITU SOBATKU?


SOBATKU adalah singkatan dari Simpanan Online Sahabatku. SOBATKU merupakan tabungan online berbasis aplikasi dari KSP Sahabat Mitra Sejati yang merupakan koperasi skala nasional. Kantor cabangnya mulai dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, hingga di wilayah Indonesia bagian timur.

SOBATKU bertujuan untuk memudahkan masyarakat Indonesia jika ingin menabung. Caranya hanya menggunakan smartphone karena SOBATKU adalah aplikasi simpanan berbasis online. Sedangkan nomor rekeningnya diambil dari nomor handphone yang didaftarkan.

Untuk menyetor tabungan bisa mengunjungi Alfamart atau Alfamidi. Begitu juga jika ingin tarik tunai kalau memiki saldo. SOBATKU bisa transfer ke semua bank dengan biaya murah. Tidak ada pemotongan biaya admin atau minimal saldo dalam SOBATKU.

Cara Registrasi SOBATKU


Kelebihan dari SOBATKU adalah unit value yang tidak ada biaya bulanan atau biaya lainnya. Bisa tarik tunai setiap saat. Bisa transfer ke bank lain, ke SOBATKU, dan ke nomor handphone yang belum menggunakan SOBATKU yang nantinya akan diberitahu melalui sms ke nomor tersebut. Biaya transfer ke bank lain ditentukan berdasarkan bank penerima bukan dari SOBATKU.

Saldo maksimum per akun SOBATKU adalah sebesar 20 juta. Pengguna dapat memiliki 5 akun SOBATKU dengan nomor handphone yang berbeda namun dengan data KTP yang sama, dengan syarat terdapat beberapa data yang harus sama antara masing-masing akun yang diregistrasikan tersebut, yaitu: Nama lengkap, Alamat email, Tanggal lahir, dan Data KTP (Nomor KTP dan Foto KTP).

SOBATKU diluncurkan pada pertengahan tahun 2017 lalu. Banyak perubahan baik dari segi tampilan maupun fitur aplikasi yang memberikan kemudahan dan keamanan dalam menabung dan bertransaksi secara online. Fitur  dan Update terbaru dari SOBATKU hingga awal 2019 yakni Fungsi transfer dan pembayaran dengan fitur QR Code, Top Up Gopay baik untuk driver maupun customer, Menu favorit untuk transaksi yang rutin dilakukan, Pembayaran di merchant-merchant ternama seperti KFC dan elevenia, Belanja di Alfamart dengan SOBATKU yang sudah dilengkapi fitur yang ada sebelumnya yaitu setor dan tarik tunai di SOBATKU, Pembayaran parkir yang bekerjasama dengan Secure Parking, serta Fitur Pembayaran Tiket KAI.


APAKAH SOBATKU TERDAFTAR DI OJK?


SOBATKU merupakan satu-satunya KSP yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu disebabkan karena SOBATKU bisa mengakses Sistim Informasi Debitur (SID). Selain itu terdata di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) karena ada verifikasi data Ktp saat register.


Pengunjung Yang Registrasi SOBATKU


SOBATKU berdiri di bawah pengawasan Kementerian Koperasi. Seluruh kegiatan operasional dan produk dari SOBATKU dipantau oleh Kementerian Koperasi. SOBATKU mendapat rekomendasi dari Kementerian Koperasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) karena salah satu fitur yang dimiliki, seperti transfer ke bank lain sudah dapat ijin dari Bank Indonesia.

Seluruh ijin dan yang mengharuskan pembinaan sudah dimiliki oleh SOBATKU dari semua institusi. SOBATKU telah didukung penuh oleh Bank Sampoerna. Untuk tingkat keamanan data SOBATKU sangat tinggi. Saat transaksi menggunakan kode One Time Password (OTP) yang terkirim melalui sms ke nomor handphone yang didaftarkan atau nomor rekening tersebut.

CARA REGISTRASI SOBATKU

Desy yang mendengar langsung keunggulan dari SOBATKU langsung melakukan registrasi. Caranya sangat mudah dan hemat waktu. Tidak membutuhkan waktu lama untuk registrasi SOBATKU, hanya lima menit.

Awalnya Desy mendowload aplikasi SOBATKU, lalu klik tombol Daftar. Kemudian Desy melengkapi data diri sesuai KTP dan setelah itu menunggu proses verifikasi. Setelah itu mendapat pemberitahuan melalui sms atau email bahwa akun SOBATKU telah aktif dan bisa menabung. Kalau menabung atau tarik tunai di Alfamart atau Alfamidi minimal yang harus ditabung sebesar Rp 50 ribu.

Akun SOBATKU Milik Desy


PESTA JUTAWAN DAN UNDIAN GRAND PRIZE SOBATKU

Ternyata pengundian tersebut sudah dilaksanakan di lima daerah di Indonesia. Medan atau Sumatera Utara merupakan daerah ke enam. Pengundian periode ke enam ini merupakan hasil dari pengumpulan poin tabungan dari para pengguna SOBATKU yang diakumulasi selama tiga bulan yaitu Oktober hingga Desember 2018. Pengundian tersebut dilakukan secara transparan dan terbuka.

Pemenang Paket Umroh SOBATKU


Hadiah total yang diundi Grand Prize SOBATKU, yakni hadiah undian 100 Juta + 4 Paket Umroh serta ratusan hadiah total puluhan juta Rupiah. Undian SOBATKU tidak dipungut biaya/pajak. Waspada jika ada pihak mengatasnamakan SOBATKU meminta pajak hadiah. Waspada Terhadap Penipuan a/n SOBATKU, Ganti PIN Secara Berkala, Rahasiakan Pin, OTP dan Pertanyaan Keamanan Anda. Hati-hati Bertransaksi Online, Selalu Waspada Saat Hendak Transfer Dana.  Hubungi Call Centre atau email ke PICSOBATKU@sahabat-ukm.com jika tidak merasa melakukan transaksi.


Untuk Provinsi Sumatera Utara ada hadiah tambahan satu paket umroh SOBATKU. Pemenang harus memiliki KTP wilayah Sumatera Utara dan juga tidak dikenakan biaya apa pun. Hal tersebut untuk memotivasi pengguna SOBATKU.

Berikut adalah contoh jumlah poin yang bisa Kamu dapatkan saat menabung di SOBATKU:

1. Saldo rata-rata Rp 1 juta mendapatkan 600 poin.
2. Saldo rata-rata Rp 5 juta mendapatkan 3 ribu poin.
3. Saldo rata-rata Rp 10 juta mendapatkan 8 ribu poin.
4. Saldo rata-rata Rp 20 juta mendapatkan 16 ribu poin.

Penampilan Nowela Idol Dalam Acara SOBATKU

Acara pengundian SOBATKU di Medan dimeriahkan dengan penampilan NOWELA Idol, perlombaan modern dance dan modeling, dan atraksi lainnya. Saat penampilan Nowela Idol, pengunjung di Ringroad City Walk Medan semakin ramai meski diguyur hujan. Ditambah dengan adanya pemenang grand prize satu paket umroh.

Setelah pengundian grand prize selesai ternyata Desy belum beruntung. Saya dan teman-teman pun lanjut ke Ringroad City Walk Medan untuk hang out disana. Mungkin lain waktu, Desy akan beruntung.

Saya, Hardi, Desy, Venny, Dan Fuji Di Acara SOBATKU 

  • Share:

You Might Also Like

20 komentar

  1. Pake sobatku emang mudah dan menyenangkan sih, pernah dlu direkomendasikan sama temen.. dan pernah juga mengikuti acara acara yang diselenggarakan sama sobatku, asik deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal nabungnya aja yang belum ya bang. Ayo bang nabung di SOBATKU

      Delete
  2. Masyaallah menang umroh itu rasanya pasti luar biasa ya. SOBATKU bener-bener mantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. SOBATKU emang mantul. Ayo kak nabung di SOBATKU

      Delete
  3. aku juga ingin menang umroh lahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh bisa nabung dari sekarang :v

      Delete
    2. Iya... Nabung dari sekarang. Semoga bisa Umroh. Aamiin

      Delete
  4. Makin banyak ya aplikasi tabungan kayak gini, kayaknya sobatku juga punya penawaran menarik..
    Ada hadiah umrohnya lagi

    ReplyDelete
  5. inovasi baru lagi yang baru pertama kali saya dengar, keren, cara nabungnya lebih mudah ya tinggal ke alfamart sudah bisa, mantap

    ReplyDelete
  6. Wah Sobatku makin mudah ya... Cukup pakai smartphone. Tapi kadang masyarakat yg belum melek degital sepenuhnya masih khawatir kalau nabung cuma pakai smartphone... Hehehe... Mereka lebih percaya kalau ada buku dan semua transaksi tercatat scr manual..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin akan diadakan sosialisasi ke masyarakat ya kak

      Delete
  7. wahhh kayaknya asik jg nih.... apalagi dengan aplikasi SOBATKU kita bisa transfer ke semua bank dengan biaya murah dna enaknya lagi tidak ada pemotongan biaya admin atau minimal saldo dalam SOBATKU...wewww mantppp dehh sobatku (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang asik kog bang... Ayo bang daftar dan nabung di SOBATKU

      Delete
  8. Wah seru ya.

    Btw min, kalau Sobatku ini merupakan koperasi simpan pinjam, selain menabung, berarti pengguna sobatku juga bisa melakukan pinjaman ya kan min. Itu sistemnya seperti bank juga kah min? Boleh bagi info tentang sistem bunga dan administrasinya min?��
    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Ini kan dari KSP Sahabat Mitra Sejati. Itu artinya bisa minjam juga dong. Sama halnya dengan Bank kan.

      Kalau soal bunga dan administratifnya, mungkin bisa telp Call Centrenya

      Delete
  9. Mau nabung memang sebaiknya cari yang sudah diverifikasi OJK ya bang. Tak sekedar fintech saja, tapi SOBATKU ini sudah bisa dipercaya. Jadi aman bertransaksi, hati pun tenang. Jari tak melulu menghabiskan uang, tapi mau coba menghasilkan uang lah bang. Soalnya biaya adminnya murce kale, bisa nih jualan token listrik, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak... Nah SOBATKU ini sudah terdaftar di OJK dan satu satunya KSP yang terdaftar juga. Banyak keuntungan dan tanpa ribet. Soal biaya admin, emang murce

      Delete