Mengenal Lebih Dekat Tentang Cara Kerja Alat Bantu Pendengaran Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

By Bocah Udik - 5:14 AM

Alat Bantu Dengar Melawai. Photo: ist

Alat bantu dengar merupakan sebuah alat yang dijalankan dengan menggunakan baterai sebagai daya penghidupnya. Alat ini secara umum akan memiliki bentuk seperti sebuah headset, yang dipasang pada bagian daun telinga, dengan bagian bulat yang dimasukkan dalam lubang telinga para penggunanya. Alat bantu ini biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki gangguan ataupun keterbatasan pada indera pendengaran mereka. Secara umum alat yang satu ini terbagi dalam 4 kelompok fungsi utama didalamnya, yaitu fungsi untuk mengembalikan pendengaran, fungsi untuk menghilangkan kebisingan dari luar, fungsi memperkuat kemampuan untuk berbicara, serta fungsi dalam memberikan rasa nyaman bagi para penggunanya.


Pada bagian dalam alat bantu dengar ini terdapat sebuah mikrofon yang nantinya berfungsi sebagai pengubah gelombang suara yang masuk kedalam sistem kerja alat tersebut. Cara kerja alat bantu dengar sendiri diawali terlebih dahulu dari pengubahan gelombang suara menjadi energi listrik yang dilakukan oleh mikrofon. Energi listrik tersebut kemudian diterima oleh amplifier yang dapat membesarkan volume suara yang kemudian di teruskan oleh speaker. Melalui sistem tersebutlah para penderita gangguan pendengaran dapat mendengar berbagai percakapan dari lawan bicara mereka.

Untuk menggunakan alat bantu dengar ini, biasanya akan dilakukan terlebih dahulu tes ambang pendengaran. Hasil dari tes inilah yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam menentukan jenis dari alat bantu dengar yang akan digunakan. Jika gangguan yang dialami oleh seseorang merupakan gangguan pendengaran ringan, maka alat bantu dengar yang hanya memiliki fungsi membesarkan volume suara akan disarankan untuk digunakan. Hal ini akan berbeda dengan orang dengan gangguan pendengaran total.

Harga alat bantu dengar ini sendiri juga bervarian, bergantung dari jenis dan merk dari alat itu sendiri. Untuk mendapatkan alat ini, para penyandang gangguan pendengaran kini tidak hanya bisa melakukan pembelian secara langsung pada toko alat bantu dengar saja, namun kini pembelian secara online telah banyak kita jumpai, sehingga nantinya kemudahan dalam mendapatkannya kembali akan lebih mudah untuk dilakukan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar