Atasi Radang Tenggorokan Dengan Cara Alami

By Bocah Udik - 10:21 AM

Radang Tenggorokan. Photo: ist

Radang tenggorokan bisa diredakan dengan cara-cara alami. Perhatikan caranya berikut ini!

Saat tenggorokan terasa sakit, aktivitas menelan akan sangat sulit. Itu biasanya dinamakan radang tenggorokan. Ada beberapa cara alami untuk mengatasi radang tenggorokan jika Anda belum sempat ke dokter.

Radang tenggorokan kerap dialami banyak orang. Walaupun tidak berbahaya, tetap saja mengganggu aktivitas. Biasanya, radang tenggorokan karena infeksi virus dan bakteri.

Berita baiknya, sebagian besar kasus radang tenggorokan sebenarnya disebabkan oleh infeksi virus yang akan hilang dengan sendirinya. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, hanya sebagian kecil saja yang benar-benar butuh pengobatan khusus.

Berikut cara mengatasi radang tenggorokan dengan cara alami:

·        Istirahat
Istirahat penting dilakukan ketika sedang radang tenggorokan. Pastikan jam tidur Anda cukup, yaitu 7-8 jam per hari. Istirahat dapat membantu proses pemulihan daya tahan tubuh.

·        Banyak minum air putih
Minum setidaknya 2 liter air putih per hari untuk membantu meredakan keluhan radang tenggorokan. Dehidrasi hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya memperberat radang yang terjadi.

·        Berkumur dengan air garam
Ambil setengah gelas air hangat, lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali dalam sehari.

"Garam yang ada di larutan tersebut berfungsi menarik air sehingga kotoran maupun kuman yang ada di tenggorokan akan tersapu oleh air tersebut," kata dr. Dyan Mega.

Selain itu, larutan garam hangat juga berfungsi mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Salah satu penelitian bahkan membuktikan bahwa berkumur dengan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan di kemudian hari.

·        Minum air hangat plus madu
Selain air garam, air hangat yang dicampur madu juga ternyata efektif untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi malam hari. Tapi jangan pilih madu dengan gula buatan.

·        Konsumsi tablet isap
Konsumsi tablet isap cukup efektif meredakan radang tenggorokan. Gerakan mengisap akan menstimulasi produksi air liur. Bersama dengan bahan aktif yang terkandung di dalam tablet isap, air liur ini akan bekerja melapisi dinding tenggorokan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang dialami.

Itulah beberapa cara alami dan mudah untuk mengatasi radang tenggorokan. Tapi jika cara alami tidak membantu, segera ke dokter.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar