Nutrisi Harian yang Tepat Untuk Mencegah Kolesterol

By Bocah Udik - 3:33 AM

Photo: ist.
Kita semua tentu sepakat bahwa tubuh yang sehat menjadi hal yang sangat berharga. Sebab, saat tubuh kita sehat, kita bisa menjalani berbagai aktivitas secara lebih mudah. Tapi, sayangnya tidak selamanya kita bisa berada dalam kondisi kesehatan terbaik. Karena, seringkali penyakit hadir begitu saja dan menyerang sistem kerja dalam tubuh manusia.

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah kolestrol. Kolestrol biasanya hadir karena kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Kolestrol dalam tubuh perlu diwaspadai agar tidak mengganggu sistem kerja tubuh lainnya. Lalu, bagaimana cara mencegah kolestrol? Berikut ini beberapa cara menurunkan kolestrol yang bisa Anda lakukan setiap harinya.

Konsumsi Oatmeal

Apabila Anda ingin menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, Anda bisa memulainya dengan cara mengonsumsi oatmeal secara rutin. Oatmeal merupakan menu makanan yang praktis atau mudah dibuat karena hanya perlu dicampurkan dengan air panas secukupnya. Selain itu, oatmeal juga mudah untuk dipadukan dengan makanan lain seperti madu atau buah-buahan.

Untuk menjadikan oatmeal sebagai makanan penurun kolestrol, Anda dapat memanfaatkannya ketika sarapan. Saat sarapan, Anda membutuhkan gizi yang dapat memberikan stamina agar dapat beraktivitas sepanjang hari. Oatmeal memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga bisa menjadi menu sarapan yang tepat untuk aktivitas sehari-hari sekaligus untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh Anda.

Selain oatmeal, kacang hijau juga bisa jadi makanan yang tepat untuk mencegah kolesterol. Karena, manfaat kacang hijau dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau juga dapat menjadi moodbooster saat siang hari.

Mencegah Makanan Berlemak

Jika Anda ingin kolestrol dalam tubuh berkurang, maka Anda perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebab, kandungan lemak secara berlebih dalam tubuh lambat laun dapat berubah menjadi kolestrol jahat yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Sehingga, wajar rasanya jika kolestrol seringkali dialami oleh orang-orang bertubuh besar yang memiliki banyak kandungan lemak di dalam tubuhnya.

Adapun, beberapa jenis makanan berlemak yang perlu Anda kurangi yakni seperti daging yang mengandung kandungan lemak tinggi didalamnya. Dengan mencegah konsumsi makanan berlemak secara berlebih, Anda bisa memiliki tubuh yang lebih sehat karena terbebas dari kolestrol.

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Kenapa ya kak, aku gak kenyang kalo makan oat. ...

    Tapi lebih kenyang kalo makan indom * Bwahahaha.

    ReplyDelete
  2. Bener banget, tapi gimana pun ceritanya berat badan akutu tetap segini aja😥😥

    ReplyDelete
  3. Makan oatmeal pagi-pagi, tapi pake lauk nasi juga bang, hehe...

    ReplyDelete
  4. Dulu sering stok oatmeal bukan MPASI anak. tapi emaknya belum ketelen menu ini 😅

    ReplyDelete