Ternyata Kacang Hijau Memiliki 5 Manfaat yang Jarang Diketahui

By Bocah Udik - 12:37 PM

Manfaat Kacang Hijau. Photo: ist.

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Bahan makanan tersebut bisa Anda gunakan untuk berbagai macam jenis olahan. Banyak orang yang juga menjadikannya sebagai bubur kacang dan beberapa olahan lainnya. Selain itu, manfaat kacang hijau pun sangat baik sekali untuk kesehatan kita. Nah, berikut ini akan kami paparkan 5 manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

1.      Meningkatkan Kepadatan Tulang Kita
Kacang hijau merupakan makanan yang dapat menjaga kesehatan tulang kita. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis pascamenopause pada setiap wanita serta meningkatkan kepadatan tulang dan membentuk sel-sel tulang. Anda bisa membuatnya menjadi olahan minuman segar sebagai moodbooster untuk kesehatan.
2.      Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh
Kacang hijau adalah makanan yang memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram setiap cangkirnya. Kandungan protein tersebut cukup tinggi sehingga membuat kacang hijau menjadi makanan alternatif untuk yang tidak suka daging. Selain itu, kandungan kolesterol jahat dan lemak pada kacang hijau jauh lebih rendah.
3.      Menjaga Kesehatan Janin Bagi Wanita Hamil
Terdapat kandungan asam folat yang tinggi pada kacang hijau. Kandungan tersebut baik untuk dikonsumsi wanita hamil, atau yang sedang dalam perencanaan kehamilan. Biji-bijian ini pun berkhasiat untuk mencegah kelahiran prematur, dengan berat badan rendah, keguguran dan lain sebagainya.
4.      Mengatasi Sembelit
Biji-bijian yang satu ini pun memiliki sumber karbohidrat yang sangat baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh kita, maka kandungan karbohidratnya akan dipecah menjadi glukosa. Kandungan tersebut nantinya berguna sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai, bisa diubah menjadi glikogen pada otot dan hati kita.
5.      Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Kacang hijau memiliki kandungan protein dan zat seng. Kandungan tersebut membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu, ada cukup banyak manfaat lain yang juga bisa membantu kita dalam meremajakan kulit.
Nah, itulah beberapa manfaat kacang hijau yang penting untuk Anda ketahui. Anda bisa mengolahnya ke dalam beberapa jenis makanan untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar