Mengatasi Penyakit Saluran Cerna Anak

By Bocah Udik - 6:16 AM


Photo: ist.
Anak-anak sering mengalami masalah pada saluran pencernaannya. Dibandingkan dengan orang dewasa, tingkat kerentanannya jauh lebih tinggi. Penyakit yang sering menjangkiti mereka adalah diare. Pemberian probiotik untuk anakdiare dan intoleran laktose sering menjadi solusi yang digunakan orang tua. Selain aman, probiotik dinilai memberi dampak positif bagi kesembuhan anak.

Cara Mengatasi Penyakit Saluran Pencernaan

1. Konsumsi anti diare

Anak-anak tidak membutuhkan obat anti diare yang mengandung loperamide maupun kaolin pektiin. Kedua bahan itu dapat mengakibatkan mereka mengalami mual sebagai efek sampingnya. Anti diare terbaik untuk anak adalah dengan memberikan bahan-bahan herbal seperti jahe, lemon, maupun sari pati kentang.

Jahe dan lemon merupakan bahan alami yang bersifat antibakteri. Keduanya akan berperang dengan parasit yang menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya. Penambahan madu pada air lemon dan jahe bisa dilakukan agar rasanya lebih disukai anak-anak. Selain itu ada kentang yang sari patinya dapat memperkeras tinja. Olahan kentang terbaik untuk anak adalah dijadikan bubur.

2. Konsumsi probiotik

Mikroorganisme yang bersifat baik disebut dengan probiotik. Dengan terapi probiotik, anak-anak akan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik sebagai langkah pencegahan maupun pengobatan masalah pencernaan. Salah satu jenis minuman yang baik untuk diare pada anak adalah yoghurt.

Namun akan menjadi masalah jika sang anak mengalami intoleran laktose. Yoghurt terbuat dari bahan susu sehingga ada kecenderungan bahwa anak akan alergi juga dengan yoghurt. Anak dengan diare ini masih bisa mengonsumsi suplemen atau probiotik yang diolah dalam bentuk kapsul dan bisa didapatkan di http://www.goapotik.com/

3. Konsumsi larutan rehidrasi oral

Saat diare, maka tubuh akan kehilangan banyak cairan pada tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Konsisi dehidrasi tentunya sangat berbahay karena bisa mengganggu kinerja dan fungsi organ tertentu. Penderita gangguan peencernaan bisa meminum laruran rehidrasi untuk mengembalikan hilangnya cairan dan mineral penting yang dikeluarkan saat BAB.

Larutan rehidrasi ini berjenis oral dan terbukti aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Meskipun tidak mengobati diare secara langsung, larutan ini secara efektif mampu mengurangi frekuensi BAB. Larutan ini bisa didapatkan secara bebas di apotek dan tanpa resep dokter.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar