Inilah Wisata Alam Lengkap di Sumatera Selatan yang Harus Anda Ketahui

By Bocah Udik - 4:52 AM

Danau Ranau Tampak Dari Lampung. Photo: ist.
Liburan semester sudah tiba, saatnya untuk melepaskan penat dan berwisata dengan keluarga. Wisata alam merupakan salah satu tema wisata yang tak pernah membosankan. Kekayaan alam Indonesia membuat bangsa kita memiliki banyak tempat wisata alam. Bukan hanya di Bali, Lombok ataupun Pulau Jawa, Anda yang ingin berwisata di tempat yang belum pernah dikunjungi namun juga tidak terlalu jauh bisa mencoba tempat wisata Danau Ranau yang berlokasi di Sumatera Selatan.

Lokasi Danau Ranau sebenarnya berada di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan Lampung. Tepatnya berada di wilayah OKU selatan, Danau ini sukses menjadi tempat wisata yang dikunjungi banyak wisatawan setiap tahunnya. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis wisata mulai dari pemandangan alam yang menyuguhkan keindahan danau, lembah hingga pegunungan. Danau di Sumatera Selatan ini berada di hamparan gunung Dempo sehingga Anda bisa melakukan olahraga pendakian. Tetapi jika ingin bermain air, Anda bisa bermain di bawah air terjun di Lahat, Bukit Sulap, Bukit Besar dan banyak wilayah lainnya.


Banyak yang juga menyebutkan bahwa lokasi wisata ini berada di provinsi Lampung. Hal tersebut bisa dibenarkan karena lokasi Danau ini berada tepat di perbatasan kedua provinsi tersebut. Merupakan danau terbesar kedua setelah danau toba yang konon terjadi karena akibat gempa karena letusan vulkanik di masa lampau. Hal tersebut juga yang menjadi alasan adanya gunung Seminung yang berada di seberang danau yang sudah tidak aktif.

Ingin berwisata perahu? Anda bisa menuju tengah pulau di danau tersebut yang dinamakan Pulau Marisa. Di Pulau Marisa terdapat pemandian air panas sulfur yang bisa memberikan manfaat kesehatan karena mengandung antibiotik alami. Ingin wisata kuliner? Di sana Anda bisa memancing ikan sendiri atau membeli di nelayan setempat. Danau ini merupakan tempat ikan munjahir, ikan keriat, dan ikan harogan sehingga menjadi spot memancing yang sangat menjanjikan. Lengkap bukan berbagai wisata alam di perbatasan Sumatera Selatan dan Lampung ini? Tunggu apalagi, segera cari informasi rute menuju kesana dari lokasi Anda untuk menikmati keindahannya.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Danau ini memang kece banget. Pernah liat postingan temen baru2 ini jalan ke Danau Ranau. Jadi pengen...

    ReplyDelete
  2. Aku aja yang asli sumsel baru sekali ke danau ranau ini bang. wkwkwkw....

    ReplyDelete