Sudah Tahu Keuntungan Mengikuti Kursus Programming? Cek Yuk!

By Bocah Udik - 10:09 AM


Sumber Gambar: Pexel

Pemrograman merupakan salah satu kegiatan yang cukup rumit untuk dilakukan, meski begitu kegiatan yang satu ini cukup banyak difavoritkan oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang menekuni dunia pemrograman, entah dengan belajar otodidak / mandiri maupun belajar melalui kegiatan kursus atau kuliah resmi di berbagai instansi atau organisasi tertentu (salah satunya kuliah online di Pintaria). Ada banyak keuntungan dari belajar kegiatan coding atau pemrograman, beberapa diantaranya:

Untuk Memecahkan Masalah
Kegiatan kursus pemrograman keseluruhannya adalah tentang pemecahan masalah, yakni untuk menyelesaikan sebuah masalah yang nyata, cepat, dan dengan cara yang baru. Bagi yang menyukai dunia tantangan, kursus yang satu ini tentunya wajib untuk ditaklukkan.

Melakukan kegiatan coding merupakan salah satu kegiatan yang menuntut orang tersebut untuk berpikir out of the box, karena ia dituntut untuk membuat suatu karya yang baru dan berbeda dengan yang lainnya. Kursus yang satu ini juga akan membiasakan belajarnya untuk berpikir secara terstruktur, efisien, dan sistematis.

Merupakan Bahasa Masa Depan
Kursus Android Programming merupakan salah satu jenis kursus yang banyak diminati saat ini, menjadi salah satu OS yang paling banyak digunakan karena mudah dalam penggunaannya. tidak heran karenanya saat ini banyak smartphone maupun komputer yang menggunakan sistem operasi satu ini, karena karena banyak difavoritkan oleh pengguna elektronik.

Hal ini akan terus berlanjut hingga masa depan, jika melihat dari perkembangan dunia elektronik saat ini. Kursus coding menjadi hal yang sangat penting di masa depan, serta dapat membuka banyak peluang dan kemungkinan baru yang tidak terduga.

Bisa Menjadi White Hacker
Meskipun memiliki image yang tidak mengenakkan, namun tidak setiap hacker merupakan seorang penjahat. Dalam dunia hacker dikenal nama white hacker, salah satu jenis hacker atau peretas yang memiliki tujuan baik yakni mengetahui kelemahan sebuah sistem kemudian melaporkan kelemahan tersebut kepada pemilik website atau situs untuk diperbaiki atau diperkuat lagi keamanannya.

Untuk menjadi seorang white hacker, kemampuan dalam coding untuk pemrograman tentu sangatlah penting. Anda bisa mengikuti pelatihan atau kuliah jenis satu ini untuk bisa memahami dunia pemrograman, baik itu secara otodidak maupun belajar di instansi terkait.

Ada banyak website yang menyediakan pelatihan atau kuliah bidang coding atau pemrograman, salah satunya kuliah online di Pintaria yang bisa diikuti oleh segala kalangan.

Untuk Mendapat Pekerjaan
Memiliki kemampuan coding atau pemrograman yang membuat pekerjaan bisa dilaksanakan dengan lebih mudah, sistem kerja yang ini dilakukan juga terbilang lebih fleksibel. saat ini banyak perusahaan teknologi terkenal yang memberikan pilihan jenis pekerjaan yang dilakukan, karyawan jenis ini bisa bekerja dari rumah dan tidak melulu diharuskan datang ke kantor pukul 9 pagi sampai 5 sore.

Selain bekerja sebagai pegawai kantor, orang yang memiliki keahlian pemrograman biasanya juga bisa bekerja sebagai freelance. Ada banyak perusahaan atau instansi tertentu maupun perorangan yang membutuhkan jasa freelance dan pemrograman untuk menyelesaikan proyek yang dilakukannya, gaji yang ditawarkan juga terbilang cukup besar untuk bidang satu ini.

Bukan Mencari Pekerjaan, Tapi Pekerjaan Yang Mencari
Bagi seseorang yang memiliki kemampuan handal di bidang pemrograman, bukan dia yang mencari pekerjaan namun pekerjaan yang mencari dia. Jika kemampuan seseorang sudah diakui, tanpa dicari atau mencari, biasanya banyak perusahaan yang mencari dirinya untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Tidak bisa disangkal jika keahlian dalam bidang pemrograman saat ini menjadi salah satu bidang kemampuan yang paling banyak dicari, utamanya oleh berbagai perusahaan teknologi yang kesehariannya berkutat dengan komputer, aplikasi, software, atau lainnya.

Salah satu jenis keahlian bidang pemrograman yang paling banyak dicari kegiatan Android programming. Ada banyak jenis pelatihan untuk kategori program ini, salah satunya kursus Android Programming yang banyak diminati saat ini.

Menciptakan Teknologi Baru
Seorang programmer atau orang-orang biasa menyebutnya dengan developer bertugas untuk menciptakan sesuatu yang baru, bukan hanya mencari masalah lalu menyelesaikanya namun juga memiliki kewajiban untuk membuat sesuatu yang baru yang tentunya akan berguna bagi banyak orang. Dengan kemampuan programming yang mumpuni, menciptakan sebuah teknologi baru bukanlah hal yang cukup sulit diperlukan kesabaran dan ketelitian ketika akan melakukan hal tersebut.

Belajar coding atau pemrograman bukanlah hal yang mudah, tidak disangka jika banyak orang yang kesulitan mempelajari bidang yang satu ini. Namun bukan berarti bidang ini menjadi salah satu bidang yang mustahil untuk dipelajari, buktinya ada banyak orang yang cukup mampu menaklukan kegiatan coding atau pemrograman dengan menjadi seorang programmer yang handal dan telah sukses menciptakan berbagai teknologi yang sangat berguna bagi manusia.

Bagi yang ingin mengikuti pelatihan atau kuliah bidang ini secara online, ada banyak website atau situs yang menawarkan pelatihan atau kuliah bidang programmer baik yang gratis maupun berbayar salah satunya kuliah online di Pintaria.

  • Share:

You Might Also Like

16 komentar

  1. Aku gak bakat kak.. Gimana donk..
    Katanya pemrograman ini deket sama yang jago matematika.
    Kalo awak sih matimatian, wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Ilmu programming memang banyak dibutuhkan saat ini bang. Bukan kita yang cari kerja, tapi kerja yang mencari kita. Sayangnya kalo aku, liat bahasa coding aja langsung puyeng, hehe..

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Coding sama programming sama gak ya..

      Klo coding ada untuk anak2 mba ning..
      Mba malinda punya kursusnya

      Pengen masukkan anakku ke situ. Tapi kejauhan dari rmhku

      Delete
  4. Betul kali kak. Teman aku di kursus orang afganistan kerjanya programming juga kk.. Sering lembur dia karena perbedaan waktu dengan kantornya. Memang kerja gak harus mengenai pulang pergi ke kantor kan. Jamnya juga lebih fleksibel dan seru jika sesuai passion kita.

    ReplyDelete
  5. Bagi yang memang suka dan merasa passionnya di sini perlu memang ikut kursus seperti ini untuk banyak mendapatkan ilmu.

    ReplyDelete
  6. Sekarang untuk belajar dimudahkan sekali sudah tersedia layanan kursus programming semacam ini dan sudah online lagi

    ReplyDelete
  7. pasti bakalan banyak kali kode-kode yakan bang. doh, ngedit thema di blog aja awak selalu blibet. cocok keknya belajar programing awak yakan biar gk ngerepotin abang terus. apalagi sudah sangat mudah dengan adanya kursus online semacam yang abang sebutkan di ulasan abang. biayanya gmn bang?

    ReplyDelete
  8. saya suka utak-atik kode. untuk saat ini masih kode html dan php aja yang bisa diutak-atik dikit-dikit. kepingin juga ikut kursus pemrograman biar bisa develop aplikasi android sendiri ya. bolehlah besok-besok saya eksplor web yang direkomendasikan di atas. makasih.

    ReplyDelete
  9. Wuih, selalu kagum sama orang2 keren ahli programmer. Kalo awak sih udah payah nyangkutnya di kepala

    ReplyDelete
  10. Awak mah bukan jurusan yang terkait IT. Insya Allah mau dan perlu belajar sedikit-sedikit secara otodidak.

    ReplyDelete
  11. Semoga nanti anak² kami ada yg tertarik jd programmer yak. Biar kerjaan yg nyari dia kelak. Bukan sebaliknya. Mantul artikelny Bg Alfie. Tfs yaa

    ReplyDelete
  12. Saya tertarik belajar programing ini. Tpi sampai sekarang belum punya kesempatan

    ReplyDelete
  13. Pengen belajar. Tapi pernah coba, gak sanggop otaknya bg. Dah jadi blogger ajalah

    ReplyDelete
  14. Aku gak tau pertanyaan ku ini nyambung gak hahah tapi masih nyerempet lah haha,
    Kalau website apalagi macem market place itu ada 'penjaga' nya ya bang jaga jaga kalau kalau diretas dan apakah itu yg disebut white hacker atau beda lagi

    ReplyDelete
  15. Dulu pas kuliah pernah nyoba. Tapi ku lambaikan tangan pada kamera. Puyeng ✌��

    ReplyDelete