SEJARAH HARBOLNAS: Hari Belanja Online Nasional

By Bocah Udik - 5:30 PM

Ilustrasi Online Shopping. Photo: ist.

HARBOLNAS adalah kegiatan yang diselenggarakan secara bersama-sama oleh berbagai e-commerce di Indonesia. Acara ini diselenggarakan setiap tahun yaitu pada tanggal 12 Desember. Acara ini didukung oleh beberapa mitra seperti industri telekomunikasi, logistik, perbankan, dan juga berbagai media. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 yang diinisiasi oleh mereka yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) seperti Lazada indonesia, Blanja, Zalora, Berrybenka, Pinkemma, dan juga Bukalapak. Dan saat ini HARBOLNAS ini telah menginjak pada tahun ke enam yang semakin tahunnya semakin sukses dan semakin banyak e-commerce yang ikut bergabung yang mana sampai tahun ini telah mencapai 250 e-commerce yang ikut berpartisipasi pada acara yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta online shoping ini.

Event-event di HARBOLNAS setiap tahun semakin menarik bahkan sekarang ditambah dengan event khusus produk lokal Indonesia. Jadi pada HARBOLNAS akan diberikan 1 hari khusus untuk memberikan promo pada produk-produk lokal dan UMKMI yaitu mulai dari produk perlengkapan rumah tangga, elektronik, makanan, fashion bahkan sampai promo untuk travelling keliling Indonesia.

Sejarah awal diadakannya HARBOLNAS ini adalah terinsipirasi dari negara sepeti Jepang dan Kanada, yang mana di sana selalu diadakan acara belanja online besar-besar yang dinamakan "cyber monday". Acara ini biasanya diadakan setelah acara tasyakuran panen raya akhir tahun atau biasa disebut thankgiving day. Dengan adanya cyber monday ini pelanggan online akan mendapatkan diskon besar-besaran pada semua produk secara online. Yang mana kegiatan ini mampu meningkatkan neraca perdagangan dari yang rugi menjadi untung. Setelah dari acara di negara-negara maju tersebut, maka Indonesia mulai mengadopsi dan belajar membuat acara yang serupa yang diberi nama HARBOLNAS.

HARBOLNAS ini diselanggarakan dengan berbagai tujuan yaitu yang utama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kemudahan berbelanja, agar masyarakat melek akan teknologi belanja online yang mana masyarakat Indonesia kini telah banyak yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan melakukan belanja online masyarakat tidak perlu repot lagi jika ingin berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu HARBOLNAS ini juga bertujuan untuk memberikan hadiah dan kebahagiaan pada masyarakat karena selama bertahun-tahun telah setia berbelanja di berbagai e-commerce yang menjadikan peningkatan ekonomi Indonesia. Selain itu HARBOLNAS ini juga diharapkan mampu memajukan e-commerce di Indonesia dan hal ini telah terbukti pada awal penyelenggaraan telah mampu mendobrak dan menjadi sejarah baru yaitu angka tertinggi belanja online di Indonesia. Pada HARBOLNAS ini masyarakat akan diberikan diskon besar-besaran hanya dalam satu hari pada berbagai produk tapi khusus untuk berbelanja online.

Salah satu e-commerce yang ikut serta dalam HARBOLNAS ini adalah blibli.com. Di blibli.com ini, setiap belanja minimal belanja 100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan melakukan beberapa aktifitas yang direkomendasikan oleh Blibli.com akan mendapatkan 1 token selama periode bulan oktober sampai desember. Tokennya dapat digunakan untuk main game capit di aplikasi Blibli.com yang mana dengan main game capit, anda bisa mendapatkan barang-barang (random) dengan harga SYOK! dalam waktu selama 24jam untuk menembus produk yang didapat. Belum lagi saat tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember yang bisik-bisiknya akan ada program SUPER SYOK!. Yang penting anda cukup kumpulkan token sebanyak-banyaknya agar kesempatan mendapatkan harga super syok semakin besar.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar