Jurusan Ini Cocok Dipilih Untuk Pecinta Alam Dan Lingkungan

By Bocah Udik - 3:16 AM


Sumber Gambar: Pixabay

Pecinta alam tentu memperhatikan betul jika saat ini kondisi lingkungan dalam kondisi memprihatinkan. Polusi sudah menjadi makanan sehari-hari. Pemanasan global semakin hari semakin meningkat. Curah hujan semakin jarang meski di musim hujan. Sampah berserakan dimana-mana yang bahkan mendangkalkan sungai. Dan masih banyak lagi. Dengan kondisi demikian, tentunya kehidupan di muka bumi semakin mengkhawatirkan.

Untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah lingkungan yang ada agar tidak semakin parah, dibutuhkan empati dari semua orang. Keahlian dalam bidang lingkungan juga menjadi sangat penting, sehingga bisa menemukan solusi terbaik untuk menangani berbagai masalah yang ada. Bagi yang ingin menjadi ahli lingkungan, beberapa jurusan kuliah kelas karyawan bisa jadi pertimbangan untuk dimasuki.

Jurusan Kehutanan
Jurusan ini berhubungan dengan upaya pelestarian alam dan lingkungan, khususnya untuk kawasan hutan. Hutan merupakan salah satu penyangga kehidupan, karenanya mahasiswa jurusan ini diharapkan paham betul mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan hutan. Selain itu mahasiswa jurusan kehutanan juga harus paham tentang berbagai keanekaragaman makhluk hidup, khususnya yang terdapat di hutan beserta dengan peranannya yang penting untuk kehidupan manusia.

Jurusan Teknik Lingkungan
Memilih kuliah blended learning di Jurusan ini tentu sangat berkaitan erat dengan alam dan lingkungan. Dalam dunia kerja, jurusan Teknik Lingkungan biasanya berhubungan dengan upaya pelestarian alam serta lingkungan.

Mahasiswa jurusan ini harus mampu mempelajari mengenai rekayasa teknik, dengan begitu ia akan mampu menghasilkan solusi kreatif guna mencegah serta memberikan solusi untuk permasalahan lingkungan. Berbagai solusi yang diberikan, diharapkan dapat menciptakan keselarasan antara kehidupan manusia, alam, dan lingkungannya.

Jurusan Arsitektur Lansekap
Kamu tentu pernah mendengar konsep green design atau desain hijau, salah satu konsep yang ramah lingkungan yang diciptakan oleh kalangan arsitek lansekap saat ini. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara membangun hunian yang nyaman sekaligus dapat menjaga atau meningkatkan kualitas lingkungan.

Konsep satu ini akan sangat berperan dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan, dengan begitu akan tercipta habitat yang baik bukan hanya untuk manusia namun juga satwa liar.

Jurusan Biologi
Memilih kuliah kelas karyawan jurusan biologi tentang sangat tepat untuk pecinta alam. biologi merupakan jurusan yang sangat serius dalam hal pelestarian alam dan lingkungan, pasalnya alam dan lingkungan menjadi subjek utama yang dipelajari pada bidang ilmu satu ini.

Pada jurusan ini, mahasiswa akan banyak mempelajari tentang hewan, tumbuhan, manusia, lingkungan, dan interaksi antara elemen tersebut. Dengan pemahaman yang matang mengenai berbagai elemen lingkungan serta interaksinya, akan membuat seseorang lebih mudah dalam memahami permasalahan yang ada.

Jurusan Kimia
Meski tidak terlihat berhubungan langsung dengan alam dan lingkungan, sebenarnya Kimia merupakan bagian penting yang menciptakan lingkungan alam dan lingkungan yang sehat. Permasalahan lingkungan yang timbul saat ini sangat erat kaitannya dengan polutan, merupakan kumpulan dari berbagai jenis bahan kimia (seperti merkuri yang ada dalam air maupun timbal yang ada di udara).

Pengukuran kualitas lingkungan dengan berdasarkan polutan yang ada, tentunya membutuhkan seorang ahli kimia. Bukan hanya pengujian atau pengukuran kualitas saja, seorang ahli kimia juga mampu menemukan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sumber Gambar: Google
Jurusan Ilmu Lingkungan
Jurusan ini mempelajari tentang susunan biologis dan kimia dari alam dan lingkungan, termasuk di dalamnya pengaruhnya terhadap manusia. Ada banyak materi yang berhubungan dengan lingkungan di jurusan ini, di antaranya klimatologi, biologi, konservasi, geologi, geofisika, vulkanologi, meteorologi, oseanografi, dan ekologi.

Selain harus memiliki pengetahuan yang mumpuni, kemampuan soft skill dan hard skill wajib dimiliki mahasiswa jurusan ini. Pada prakteknya kelak, biasanya alumni jurusan ilmu lingkungan akan banyak berinteraksi langsung dengan lingkungan (sesuai dengan profesi yang dijalani).

Kamu bisa mengambil kuliah blended learning di jurusan ini, terutama bagi yang ingin berprofesi sebagai peneliti lingkungan di pemerintahan maupun swasta, sebagai konsultan lingkungan, maupun pengelolaan lingkungan (untuk sebuah perusahaan maupun lembaga).

Jurusan Hukum
Meski tidak terlihat berhubungan langsung dengan alam dan lingkungan, seorang pakar hukum bisa terjun dalam hal advokasi lingkungan. Dengan adanya advokasi lingkungan, hal ini akan membantu dalam melindungi kelestarian alam, lingkungan, serta hak masyarakat akan lingkungan. Meski tidak terjun secara langsung, hari hukum lingkungan bisa memperjuangkan lingkungan dalam sidang di pengadilan.

Jurusan Ilmu Sosial Dan Politik
Masalah alam dan lingkungan saat ini berpusat pada pihak bertanggung jawab, yakni para petinggi politik yang membuat kebijakan mengenai alam dan lingkungan. Sangat penting untuk para petinggi untuk membuat kebijakan yang pro lingkungan, tidak hanya kebijakan untuk keuntungan pribadi atau keamanan pangkatnya saja.

Meski tidak terlihat berhubungan langsung, petinggi politik sebenarnya amat berperan penting terhadap kondisi alam dan lingkungan yang ada. Dengan adanya kebijakan yang diterapkan dan dilaksanakan dengan baik, keadaan alam dan lingkungan akan semakin terjaga.

Cinta itu tidak dibuktikan dengan simpati, melainkan dengan tindakan. Jika Anda benar-benar mencintai alam, tentunya akan menghindari segala bentuk tindakan yang merusak alam. Jika tidak bisa memperbaiki, sebaiknya jangan merusak. Memilih kuliah kelas karyawan di jurusan yang berhubungan dengan lingkungan tentu sangat baik, dengan begitu mungkin Anda bisa memberikan solusi terbaik untuk keadaan lingkungan yang semakin rusak saat ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar