Ini Dia 5 Makanan yang Efektif untuk Meredakan Pilek

By Bocah Udik - 4:09 PM

Pilek. Photo: ist.

Pilek pada dasarnya termasuk dalam salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan disebabkan oleh infeksi virus. Hal ini akan membuat penderitanya merasakan beberapa gejala seperti demam, hidung tersumbat dan juga sakit kepala sehingga sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan kondisi tersebut nantinya akan semakin parah jika seandainya tidak segera diobati, bisa menyebabkan batuk juga.

Ada berbagai alternatif cara yang bisa digunakan untuk mengobati pilek, selain dengan menggunakan obat pilek resep dokter. Maka Anda juga bisa sedikit meredakan penyakit yang satu ini dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini diantaranya ada beberapa alternatif makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan masalahnya, yaitu:

1. Sup ayam, makanan ini tak hanya dapat mengencerkan lendir yang menyumbat hidung saja, melainkan lebih dari itu juga mampu untuk menekan peradangan yang bisa menjadi pemicu dari gejala pilek maupun flu tersebut. Tambahlah dengan beberapa jenis sayuran yang bisa menambah asupan vitamin untuk tubuh.

2. Bawang putih, bumbu masak yang satu ini pada dasarnya memiliki efek antioksidan dan juga membantu untuk memperpendek durasi penyakit tersebut bersarang di tubuh. Bisa dikonsumsi secara langsung atau bahkan dengan menjadikannya sebagai tambahan bahan makanan lain.

3. Madu, sudah bukan rahasia lagi jika seandainya madu banyak dimanfaatkan sebagai obat, diantaranya adalah bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan yang termasuk salah satu gejala dari pilek tersebut. Namun pastikan hanya mengkonsumsi madu alami.

4. Teh hijau, teh hijau ini juga dikenal kaya akan antioksidan, sangat baik bagi kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab pilek tersebut. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam kondisi masih hangat, karena efektif juga untuk mengencerkan lendir yang menyumbat hidung.

5. Buah-buahan yang tinggi vitamin C, seperti diantaranya adalah jeruk, tomat dan juga strawberry, memiliki efek antioksidan yang tinggi dan juga efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Hanya saja tentu langkah penanganan tersebut kurang bisa diterapkan pada bayi, temukan obat flu untuk bayi di Go Apotik.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar