Kenali Karakter Luka Bekas Caesar

Luka Bekas Caesar. Photo: ist.

Bagi ibu hamil yang hendak melahirkan, tentunya akan diberikan opsi cara melahirkan. Cara itu adalah dengan metode lahiran normal atau dengan metode operasi caesar. Tentu kedua metode ini akan menjadi pilihan yang cukup sulit, apalagi jika orang tersebut baru pertama kali mendapatkan pengalaman untuk melahirkan.

Tak jarang, banyak dari calon ibu yang akhirnya memilih metode operasi caesar sebagai alternatifnya. Tentu saja metode operasi ini mengharuskan perut ibu hamil tersebut dibedah untuk mengeluarkan bayi yang ada didalam kandungannya. Dengan prosedur dan penanganan yang tepat, maka operasi ini pun dapat berjalan dengan baik dan benar.

Jika demikian, maka bagi calon ibu dan bayi pun akan selamat serta dalam kondisi yang baik-baik saja. Tentu saja, sama halnya dengan operasi lain pasti operasi caesar ini juga memiliki berbagai risiko. Salah satu yang nanti akan dihadapi ibu hamil setelah operasi ini adalah luka pada daerah bekas operasi caesar tersebut.

Luka ini tentu akan cukup terasa menyakitkan apalagi saat awal-awal pasca dilakukannya operasi caesar. Maka dari itu, penting bagi Anda para ibu yang baru saja melakukan operasi ini untuk benar-benar melakukan berbagai hal untuk mengobati bekas operasi tersebut. Dengan menerapkan beberapa metode yang tepat, dijamin luka dapat sembuh dengan cepat.

Salah satu cara perawatan luka operasi caesar yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan. Selama satu minggu, pasti luka operasi tersebut akan masih ditutup dengan plester kedap air. Jadi Anda pun tak perlu khawatir jika luka akan terkena air saat mandi. Justru, Anda sangat disarankan untuk mandi dan menjaga kebersihan tubuh tubuh Anda pasca operasi ini.

Tubuh yang bersih dan sehat adalah kunci dalam penyembuhan luka caesar yang cepat. Anda pun dianjurkan untuk tidak membuka dan mengganti plester penutup ini sendiri. Biarkan dokter yang menggantinya sesuai dengan prosedur dan jadwal kontrol.

Artikel lain seputar cara merawat luka operasi caesar juga dapat Anda simak di Gue Sehat yang merupakan website kesehatan terbaik di Indonesia. Segera kunjungi websitenya dan temukan informasi menarik khusus untuk Anda.

0 komentar