Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Lingkungan

https://www.cekaja.com/info/mengenal-pekerjaan-jurusan-teknik-lingkungan-salah-satu-profesi-menjanjikan-dan-bergaji-tinggi/



Mengetahui Besarnya Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Lingkungan yang Sangat Menjanjikan

Tidak banyak orang yang tahu, jika gaji pekerjaan lulusan teknik lingkungan merupakan salah satu yang tertinggi diantara jurusan teknik lainnya. Meski sering dipandang remeh karena dianggap memiliki peluang kerja yang sedikit dan terbatas, nyatanya semua terbantahkan karena lulusan teknik lingkungan akan selalu dicari untuk memecahkan berbagai masalah lingkungan yang semakin tinggi setiap harinya.

Apa yang Dipelajari Jurusan Teknik Lingkungan?
Setiap universitas tentunya memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Tetapi pada dasarnya jurusan teknik lingkungan mempelajari tentang perencanaan pengolahan air minum, pemantauan kualitas air, tanah dan udara, sistem pengelolaan buangan cair, padat maupun gas, sistem drainase, sistem penyediaan air minum, pengelolaan dampak lingkungan dan pengendalian tingkat pencernaan.
Tetapi secara khusus jurusan teknik lingkungan mempelajari beberapa topik. Seperti pencegahan produksi limbah, mengelola limbah, mengolah air, plumbing / perpipaan, kesehatan lingkungan, hukum lingkungan, serta keselamatan dan kesehatan kerja. Gaji pekerjaan lulusan teknik lingkungan juga tergolong yang menjanjikan. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk memasuki jurusan ini.
Berapakah Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Lingkungan?
1. Konsultan Lingkungan
Gambar 1 (Ludongagrowsolutions.co.za)
Lulusan teknik lingkungan bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan. Adapun tugas dari konsultan lingkungan adalah menganalisis kondisi tanah, mempelajari tentang pencemaran air, membuat analisa tentang dampak pencemaran lingkungan, melakukan kajian pengembangan kebijakan dan sistem manajemen lingkungan yang baik serta melakukan kajian pengelolaan air limbah.
Biasanya konsultan lingkungan bekerja  di beberapa lembaga pemerintah atau organisasi yang bergerak di bidang industri air. Gaji pekerjaan lulusan teknik lingkungan yang bekerja sebagai konsultan lingkungan setiap bulannya berkisar di angka 5 juta dan bisa lebih dari itu.
2. Manajer Lingkungan
Seorang manajer lingkungan memiliki wewenang untuk melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan operasional suatu perusahaan. Manajer lingkungan juga bertugas untuk memeriksa lingkungan perusahaan, lembaga pemerintah atau organisasi nirlaba. Tujuannya untuk melakukan perbaikan dan patuh tidaknya dengan undang-undang yang berlaku. Gaji yang akan diperoleh manajer lingkungan mulai 5 juta rupiah. Nominal tersebut akan terus mengalami kenaikan seiring lamanya bekerja dan prestasi yang diberikan.
3. Bagian Pemeliharaan Kualitas Air
Memiliki profesi sebagai pemelihara kualitas air berarti bekerja untuk menjaga seluruh aspek kualitas air dengan menggunakan metode analisis ilmiah serta penetapan standar kualitas berdasarkan undang-undang yang berlaku. Sebagai seorang pemelihara kualitas air berarti harus bisa membandingkan hasil tes dengan standar hasil yang telah ada. Untuk gaji yang didapatkan mulai dari 3 juta rupiah.
4. Pengelola Sampah
Gambar 2 (Careers.wm.com)
Berapa gaji pekerjaan lulusan teknik industri? Jika berprofesi menjadi pengelola sampah akan memperoleh gaji mulai dari 3 juta rupiah. Nominal gaji tersebut dikatakan juga cukup tinggi bahkan akan mengalami kenaikan. Tugas pengelola sampah adalah mengatur dan melakukan pengelolaan pembuangan sampah  atau limbah. Pengelolaan yang dilakukan sesuai dengan peraturan pemerintah. Biasanya pengelola sampah bekerja di dinas lingkungan atau lembaga yang berhubungan dengan penanganan sampah.
5. Ahli Ekologi Lingkungan
Tugas dari seorang ahli ekologi itu sendiri adalah melakukan penelitian atau survey untuk mengidentifikasi, memantau serta merekam berbagai spesies dan habitatnya. Program kerja dari ahli ekologi adalah memperhatikan suatu ekosistem  termasuk beragam spesies maupun distribusi organisme. Dalam hal ini ahli ekologi meneliti tentang hubungan organisme dengan lingkungannya. Standar gaji yang didapatkan oleh ahli ekologi mulai dari 5 juta rupiah.
6. Konservasi Alam
Seseorang yang memiliki profesi sebagai konservasi alam bertugas untuk melindungi, mengelola lingkungan dan meningkatkan kualitas lingkungan. Selain itu juga bertugas untuk memantau lingkungan laut. Dan yang paling penting tugas seorang konservasi alam adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan alam. Gaji pekerjaan lulusan teknik lingkungan yang bekerja sebagai staff konservasi alam berkisar di angka 3 juta rupiah.
7. Insinyur Energi
Gambar 3 (Canterbury.ac.nz)
Memiliki pekerjaan sebagai insinyur energi berarti bekerja di bidang produksi energi dari sumber daya alam yang tersedia. Fokus dari pekerjaan ini adalah menemukan pasokan energi inovatif yang bersih dan efisien. Mengingat kebutuhan energi terus mengalami peningkatan maka harus melakukan penelitian untuk mengembangkan dan menemukan jenis energi baru dan cara memproduksinya. Gaji pekerjaan lulusan teknik lingkungan yang bekerja sebagai insinyur energi adalah berkisar 5 juta rupiah.
Itulah informasi mengenai gaji pekerjaan lulusan teknik lingkungan setiap bulannya. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik lingkungan? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya


0 komentar