Latihan Tes TOEFL Untuk CPNS


https://www.cekaja.com/info/mengenal-5-jenis-tes-toefl-syarat-daftar-cpns-2019/

Wajib Dicoba, Ini Tips Mengerjakan Latihan Tes TOEFL Agar Lolos CPNS

Memiliki pekerjaan sebagai PNS memang masih menjadi dambaan banyak anak muda di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari antusias mereka dalam mengikuti seleksi CPNS. Namun jika ingin lolos harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah dengan mengerjakan banyak soal latihan tes TOEFL untuk CPNS. Hal ini bertujuan supaya soal-soal yang diujikan pada tes TOEFL menjadi semakin familiar dan mudah untuk dikerjakan.

Memahami Pentingnya Tes TOEFL

Gambar 1 (Nypost.com)

Hasil tes TOEFL biasanya digunakan sebagai syarat utama masuk perguruan tinggi luar negeri. Selain itu, juga digunakan untuk melamar pekerjaan seperti saat melamar menjadi PNS. Test Of English as Foreign Language atau lebih dikenal dengan TOEFL merupakan tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Bahasa inggris yang digunakan dalam tes TOEFL adalah American English. Ada 4 jenis TOEFL yang dikenal di dunia yaitu PBT, CBT, IBT dan PBT. Tes TOEFL ini diadakan untuk melihat bagaimana kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris, baik dalam bentuk writing, speaking, listening, dan structure.

Panduan Menjawab Latihan Tes TOEFL untuk CPNS 
Gambar 2 (Galvanizetestprep.com)

Bagi yang ingin mendaftar pekerjaan seperti CPNS, menjadi ahli dalam TOEFL tidak bisa diraih hanya dalam waktu 1 malam, akan tetapi dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar-benar menguasai tes ini. Selain itu, juga harus banyak berlatih latihan tes TOEFL untuk CPNS agar semakin familiar dengan soal yang diujikan nantinya.

1. Listening
Supaya bisa menjawab soal listening maka harus memahami direction (bentuk-bentuk perintah) di masing-masing part dengan baik. Kemudian bacalah pilihan di masing-masing soal ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal. Dengarkan dengan penuh konsentrasi pada percakapan tersebut. Perdalam kemampuan listening pada masing-masing part atau bagian.

2. Structure and Written Expression
Pada sesi ini akan diberikan soal structure sebanyak 15 soal dan written expression 25 soal. Langkah pertama kerjakan bagian structure terlebih dahulu lalu lanjutkan soal written expression. Pilihlah jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat yang dipersoalkan. Jangan pernah mengerjakan soal hanya melihat jawaban tanpa melihat kalimat soal yang diberikan. Perhatikan kata atau kelompok kata yang digarisbawahi dan temukan bagian mana yang tidak tepat dalam waktu singkat.

3. Reading
Pada sesi reading sebaiknya jangan terlalu lama membaca teks bacaan. Jika terlalu lama maka akan membuang banyak waktu. Selanjutnya perhatikan semua pertanyaan yang ada dalam bacaan lalu ingat-ingat kata kuncinya. Hal penting lainnya yaitu baca dan pahami kalimat pertama bacaan paragraf untuk mengetahui main idea. Pahami konteks yang ada dalam bacaan supaya mengetahui arti kata tertentu.

Tips Jitu Lulus Tes TOEFL

Gambar 3 (Theatlantic.com)

1. Memperbanyak Latihan
Perlu digaris bawahi bahwa mengikuti kursus bahasa inggris masih belum cukup menjadi jaminan lulus tes TOEFL. Seharusnya kursus bahasa inggris perlu diimbangi dengan memperbanyak latihan tes TOEFL untuk CPNS. Dengan mengerjakan latihan soal secara rutin maka akan sangat membantu dalam memperoleh skor TOEFL cukup tinggi. 

2. Membaca Petunjuk Soal dengan Teliti
Dalam mengerjakan latihan tes TOEFL untuk CPNS bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa trik. Saat mengerjakan soal juga akan ditemukan banyak pertanyaan jebakan, terutama pada sesi listening dan reading. Tips jitu yang perlu diterapkan adalah dengan teliti dan fokus membaca petunjuk sial. Dengan cara ini akan lebih memungkinkan mengerjakan soal dengan jawaban yang tepat.

3. Catat Skor
Setiap mengerjakan latihan tes TOEFL untuk CPNS jangan lupa untuk mencatat skor yang diperoleh. Tujuannya adalah supaya mengetahui progress yang dimiliki dan mengetahui titik lemah di sesi apa sehingga bisa diperbaiki. Apabila tips ini sudah dilakukan berarti sudah sangat siap mengikuti tes TOEFL dan memperoleh skor tinggi.

4. Buat Strategi Waktu Pengerjaan
Supaya sukses  mengerjakan tes TOEFL maka diperlukan strategi yang matang. Salah satu strategi penting adalah berkaitan dengan waktu pengerjaan. Beberapa kasus orang gagal menyelesaikan tes adalah belum mampu mengatur waktu mengerjakan secara efektif. sehingga sering kehabisan waktu padahal belum selesai mengerjakannya.

Bagi siapapun yang ingin mendapatkan skor TOEFL sesuai standar CPNS maka perlu untuk memperbanyak mengerjakan soal latihan tes TOEFL untuk CPNS. Jangan lupa untuk menerapkan panduan dan tips jitu di atas.

Itulah informasi tentang tips jitu mengerjakan latihan tes TOEFL untuk CPNS. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak tentang TOEFL? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

10 komentar

  1. Tapi rasanya di pelamaran CPNS, gak ada tes TOEFL. Tp gak tahu juga sih, apakah ada lembaga yang memberlakukannya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tips nya bg Alfi, mau ikutan tes TOEFL dalam waktu dekat, harus latihan dulu kyk kt masternya...hihihi..

    ReplyDelete
  3. Tes TOEFL ini perlu utk banyak ujian. Mau memperoleh beasiswa S2/S3 pun skor TOEFL/IELTS mesti bagus. Nice tips yaa Bro Jason haha... Minggu lalu Bang Brad. Ada bocorannya gak mingdep apaan hihi

    ReplyDelete
  4. CPNS tergantung instansinya ya kak. Kebanyakan gak butuh tes TOEFL. Namun, S2/S3 atau melamar pekerjaan baru sangat butuh kak. Apalagi kalo universitas bagus setidaknya TOEFL ITP bukan prediction lagi.
    Salah satu tipsnya adalah Rajin berlatih dan harus kontinue. Apalagi menjelang mau ujian. *pengalaman pribadi sih.
    hahha

    ReplyDelete
  5. Koentji utama lulus Tes TOEFL memang harus rajin latihan ya bang 👍 aku seringnya gak lulus, 😆

    ReplyDelete
  6. Saya ikut test toefl unt syarat wisuda aja hehe
    Alhamdulillah Lulus syarat score dengan 3 kali ulang hehe

    ReplyDelete
  7. Aku gak pernah tes TOEFL kak.. 😁

    Tapi pernah pas ujian CPNS test pertama di Sibolga tahun 2014 nilaiku tertinggi dari semua peserta

    Gitu test kedua, mamaku hilang dari peredaran alias gak lulus hahaha

    Habis tu kapok ikut lagi

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah lulus tes TOEFL. Xixix. nasib dah. tapi belum mencoba lagi, karena sepertinya belum butuh. Tapi next aku udah tahu info harus kemana dulu kalau mau mulai belajar toelf lagii. Langsung ke web cekaja. ^^

    ReplyDelete
  9. Awak cukup sekali la tes TOEFL..capek, hehe

    ReplyDelete
  10. Saya juga mau tes TOEFL lagi nih. Pengen coba beasiswa. Makasi tips nya ya bang, doakan saya dapat nilai yang cukup tinggi. Hehe..

    ReplyDelete