Lowongan Kerja S1 Teknik Kimia


https://www.cekaja.com/info/pekerjaan-jurusan-teknik-kimia-keren-untuk-kamu-anak-ipa/

Rekomendasi Terbaik Lowongan Kerja S1 Teknik Kimia yang Bisa Dicoba

Seperti yang diketahui bahwa lulusan teknik kimia memiliki prospek kerja yang cerah. Sehingga tidak perlu ragu untuk mengambil jurusan ini karena masa depan cerah dengan gaji yang menjanjikan. Pada dasarnya teknik kimia mempelajari tentang proses pengolahan bahan mentah menjadi produk setengah jadi atau produk jadi. Karena berkaitan dengan proses pengolahan bahan dan produksi, tidak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik kimia ini. Berikut merupakan beberapa rekomendasi terbaik lowongan kerja S1 teknik kimia yang bisa dicoba.

Fakta Tentang Teknik Kimia
Perlu diketahui bahwa jurusan teknik kimia dan kimia murni itu berbeda. Teknik kimia lebih ke arah ilmu rekayasa yang mempelajari tentang prose mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau jadi. Sehingga lulusan teknik kimia menguasai tentang merancang, mengoperasikan, mengendalikan dan pengembangan produk industri.
Menariknya lagi apa yang dipelajari selama kuliah didominasi oleh fisika dan matematika bukan kimia. Tapi bukan berarti tidak belajar kimia, namun porsi belajar kimia hanya dalam tahap dasarnya saja. Sedangkan fisika dan matematika akan dijumpai sampai lulus.
Lowongan Kerja S1 Teknik Kimia
Untuk prospek kerja lulusan teknik kimia sangat luas. Gaji yang didapatkan juga cukup besar. Berikut adalah  informasi lowongan kerja S1 teknik kimia yang bisa dicoba.
1. Insinyur Kimia
Gambar 1 (Bisstudents.cratercomets.com)
Lowongan kerja S1 teknik kimia yang pertama adalah bekerja sebagai insinyur kimia. Profesi ini sangat cocok untuk lulusan teknik kimia. Tugas dari insinyur kimia adalah mengembangkan bahan baku menjadi berbagai produk yang bermanfaat. Misalnya plastik, detergen, bensin, karet sintetis, semen dan bubur kertas.  Akan tetapi, sebagai insinyur kimia diharuskan memahami dan menguasai cara mengubah bahan mentah menjadi produk yang dibutuhkan. Selain itu juga mempertimbangkan masalah kesehatan, keselamatan dan biaya.
2. Ahli Pengembangan Proses dan Produk
Menjadi seorang ahli pengembangan proses dan produk diharuskan memiliki perhatian kuat untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas produk manufaktur yang setiap hari digunakan. biasanya perusahaan manufaktur membutuhkan lulusan teknik kimia untuk posisi ini. Hal ini karena lulusan teknik kimia memahami dan bisa mengendalikan proses yang digunakan dalam membuat produk, seperti obat, kosmetik, makanan dan cat.
3. Ahli Teknologi Pangan
Lulusan teknik kimia sangat dibutuhkan dalam industri makanan sehingga banyak lowongan kerja S1 teknik kimia untuk ditempatkan di posisi ini. Peran dari ahli teknologi pangan adalah mengupayakan menanam tanaman agar lebih efisien dan berkelanjutan. Nantinya mereka akan meningkatkan herbisida, pupuk dan pestisida serta membantu tanaman lebih tahan terhadap penyakit.
4. Pertambangan
Gambar 2 (Conventionofstates.com)
Lulusan teknik kimia bisa bekerja di pertambangan sebagai seorang insinyur pertambangan. Tugas dari insinyur pertambangan adalah memastikan pengembangan tambang dan juga operasi permukaan dan bawah tanah lainnya supaya aman dan efisien. Serta memilikiperan dalam menggabungkan pemahaman efek dari struktur-struktur pertambangan untuk lingkungan sekitarnya, pengetahuan teknis dan keterampilan manajemen.
5. Industri Minyak dan Petrokimia
Lowongan kerja S1 teknik kimia selanjutnya adalah bekerja pada posisi insinyur perminyakan dan petrokimia.  Peran dari posisi ini adalah untuk mencari cara yang terbaik supaya bisa menemukan dan mengekstrak minyak serta gas alam. Perusahaan minyak biasanya akan mengerahkan insinyur perminyakan dan petrokimia ke pabrik atau kilang untuk meningkatkan hasil produksi dari berkurangnya cadangan bahan bakar fosil.
6. Insinyur Biokimia
Gambar 3 (Codinginthewild.com)
Insinyur biokimia juga menjadi salah satu pekerjaan yang membutuhkan lulusan teknik kimia. Fokus dari insinyur biokimia adalah proses kimia yang terjadi secara alami pada hewan maupun tumbuhan. Biasanya insinyur biokimia bekerja untuk perusahaan makanan. Tugasnya untuk meningkatkan hasil panen dengan cara mengembangkan produk pengendalian hama yang lebih aman bagi petani maupun distributor.
7. Insinyur Lingkungan
Lulusan teknik kimia yang memilih bekerja sebagai insinyur lingkungan akan bertugas untuk meneliti, merancang, merencanakan dan melakukan tugas-tugas teknis. Tugas teknis yang dilakukan dalam hal pencegahan, pengendalian, remediasi bahaya lingkungan. Pekerjaan ini biasanya mencangkup pengolahan limbah, teknologi pengendalian polisi dan remediasi lokasi. Dalam bekerja insinyur lingkungan selalu menggunakan prinsip-prinsip teknik, biologi, kimia dan ilmu tanah.
Itulah informasi mengenai lowongan kerja S1 teknik kimia. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik kimia? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.


13 komentar

  1. Kimia, pelajaran yang dulu aku selalu mengantuk.
    Ikut-ikutan temen les kimia sama guru kimia.
    Cuma buang-buang duit aja, tetep ngantuk pas les, dan gak da satupun ilmunya yang nyangkut.

    Salut buat yang pinter kimia

    ReplyDelete
  2. Kalo dah denger ttg kimia bawaannya rumit, tapi ternyata ada juga yg suka n memperdalam di kuliah.
    Kesempatan kerja juga banyak dan tentu saingannya lebih sedikit di banding bidang lain hehe

    ReplyDelete
  3. Pengen dong dishare lowongan kerja ataupun keuntungan kuliah jurusan Teknik Sipil.. ditungguyaa 😊

    ReplyDelete
  4. Kayaknya keren banget ya kerjaan untuk lulusan anak teknik kimia apalagi di bidang pertambangan yang kita tahu tak mudah buat diterima kerja di situ

    ReplyDelete
  5. Kak.. teknik kimia sama kimia industri beda lagi ya kak?

    Dulu awak gak suka pelajaran ini gara2 pertama kenal kimia, gurunya jutek.

    Nyesel juga sih, padahal kalo didalami, kimia itu pelajaran yang bersentuhan langsung sama kehidupan kita.

    ReplyDelete
  6. Dulu sempat tersiar kabar anak teknik Kimia semester 3 wajib nikah agar tetap bisa memiliki keturunan Karena dikhawatirkan sulit Karena kerjanya di lab Dan cenderung bahaya buat alat reproduksi. Isu itu bener gak sih?

    ReplyDelete
  7. Selama ini saya mikirnya jurusan teknik kimia dan kimia murni itu sama saja. Teryata ada bedanya ya

    ReplyDelete
  8. Kuliah teknik kimia itu rada sulit. Wajar tapi ya peluangnya juga banyak.

    ReplyDelete
  9. Teknik kimia ilmunya spesifik. Lapangan kerjanya sekilas nggak terlalu banyak, tapi menjanjikan untuk gaji. Biasanya perusahaan di uni emirat arab banyak yang membutuhkan lulusan teknik kimia untuk di perusahaan mereka.

    ReplyDelete
  10. Banyak ya Bang Alfie, lowongan untuk sarjana Teknik Kimia, gak melulu mesti di bank-bank aja hehe... temenku ada gitu, cewek... karena gak mau kerja sesuai bidang ilmunya, dia banting setir jadi bankir. Cuma yg jadi pertinyiin yaa... kenapa deseu dulu milih jurusannya Tekim ya kan wkwk... TFS yaa Bang Alfie

    ReplyDelete
  11. Sayangnya aku anak IPS, boro2 masuk teknik kimia. Hehehe

    tp biasanya lulusan teknik prospek kerjanya bagus

    ReplyDelete
  12. Lah baru tau fokus belajar anak tekim di fisika dan matematika 👍 btw banyak juga profesi dari lulusan tekim ya bang.

    ReplyDelete
  13. Teknik kimia ini gajinya lumayan besar ya kan. Tapi sayangnya teman saya enggak mau kerja pula di bagian itu. Baru masuk langsung keluar dianya. Katanya capek. Tapi ya udahlah namanya pilihan si dia. #plak jadi ngegibah.

    ReplyDelete