Food Blogger Medan: Yummy App, Aplikasi Belajar Masak Hingga Dapat Duit


Martabak Manis
Saya bekerja di perusahaan swasta di kota Medan. Akibat pandemic global, akhirnya saya dirumahkan oleh perusahaan. Namun saya tidak berputus asa karena saya yakin saya memiliki kelebihan atau kreatifitas dalam diri yang harus digali. Untuk itu, saya harus mencari kesibukan di rumah.

Kesibukannya bukan mencari aib orang lain atau ghibah manjah bersama tetangga. Pasalnya lagi musim Covid-19. Bukan pula mengurus anak karena saya belum menikah. Tapi kesibukan dalam hal positif.

Terlintas dalam pikiran saya untuk mencari inspirasi dalam memasak. Saya pun harus belajar memasak terlebih dahulu. Tapi terkendala dalam hal mencari resep masakan yang sesuai selera. Beruntung ada teman yang merekomendasikan sebuah aplikasi "Yummy - Berbagi Resep dan Cari Inspirasi Masakan."

Yummy App

Saya langsung mengunduh Yummy App di play store. Setelah terunduh, saya langsung membuat akun di Yummy App. Namun sebelum membuat akun, saya diminta untuk mengisi nomor telepon genggam, email, dan biodata lainnya. Setelah berhasil, saya mencari resep membuat martabak manis.


Saya berhasil mendapatkan resep tersebut di Yummy App. Namun karena khawatir salah, saya mencotoh pembuatan martabak. Ada beberapa resep cara membuat martabak yang menyediakan photo ataupun video. Dan saya mengikuti contoh tersebut. Saat itu mengikuti resep dari Rina Siti F, namun sedikit mengkreasikan dengan bahan saya sendiri. Alhamdulillah, berhasil.

Cara Membuat Martabak Manis

Bahan Dasar:

  • 200 gram tepung terigu.
  • 40 gram gula pasir.
  • 1 butir telur.
  • 10 gram susu kental manis.
  • 250 ml air (saya menggantinya dengan susu cair).
  • 1/2 sdt vanili bubuk.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1/2 sdt baking powder.
  • 1/2 sdt soda powder.
  • Topping sesuai selera (ceres, mentega / blueband, selai, dan keju).

Cara Memasak Resep:

  • Masukkan 250 ml air kedalam wadah, tambahkan vanili, susu, dan garam. Lalu aduk sampai rata.
  • Masukkan gula pasir dan aduk sampai larut.
  • Masukkan tepung terigusedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Boleh menggunakan mixer.
  • Jika sudah kalis, tutup pakai kain atau plastik sekitar -+ 1 Jam.
  • Setelah selesai, campur baking powder dan soda powder ke dalam adonan. 
  • Panaskan teflon terlebih dahulu menggunakan api kecil sekitar 2 menit, kemudian masukkan adonan ke dalam teflon.
  • Jika setengah matang, masukkan gula sesuai selera. Dan kalau sudah matang, angkat dan diamkan.
  • Lalu oleskan margarin dan kasih topping sesuai selera. Martabak manis pun siap disajikan.



Setelah berhasil membuat martabak manis seperti video di atas, saya mengotak-atik aplikasi Yummy (yummy app). Iseng dan berkhayal kalau suatu saat akan punya bayi, saya pun mencari menu MPASI. Siapa tahu suatu saat berguna dan ini akan menjadi pengalama berharga di hidup. Ibarat pepatah, sedia payung sebelum hujan. Maka saya harus paham menu MPASI sebelum punya bayi. Eh tapi harus cari pasangan dan menikah terlebih dahulu dong ya.

Makanan Pendamping ASI (MPASI) diberikan kepada bayi setelah berusia enam bulan. Sebelum diberikan MPASI, ada baiknya mengetahui menu MPASI pada enam bulan pertama usia bayi diberikan menu 4 bintang. Yakni makanan yang mengandung 4 unsur gizi laiknya karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran.

Namun ada juga pendapat yang berbeda tentang menu MPASI pada enam bulan pertama usia bayi. Yakni makanan tunggal seperti hanya buah-buahan dan sayur-sayuran yang dikonsumsi bayi. Hal tersebut dilakukan agar tak terjadi alergi pada bayi.

Menu MPASI

Setelah mengetik menu MPASI di aplikasi Yummy, pucuk dicinta ulampun tiba. Saya berhasil menemukannya. Bukan menemukan jodoh tapi menu MPASI.

Esok harinya, saya langsung mempraktikkan cara membuat menu MPASI yang berjudul Sop Sayur Sosis. Menu tersebut diterbitkan oleh Annisa Herlynd. Cara membuat menu tersebut terlihat mudah. Tak ada hambatan dan bisa langsung diingat sampai saya menikah nanti.

Sekilas Yummy App

Yummy merupakan aplikasi yang membahas tentang resep, tuturial, dan tips memasak anti-gagal karena dimasak dan dikurasi langsung oleh Chef handal. Aplikasi ini berada di bawah naungan IDN Media. Yummy selalu menghadirkan konten masakan mudah.

Kumpulan resep masakan harian bisa diakses secar GRATIS berdasarkan bahan yang kita punya di rumah, seperti aneka resep daging, ayam, sayuran, dan lain-lain. Tersedia juga aneka inspirasi resep masakan setiap hari yang dibagikan oleh para pengguna Yummy App yang dapat diakses di fitur Komunitas.

Dalam Yummy App bisa menghasilkan uang. Caranya dengan mengupload berbagai kreasi resep masakan di Yummy App. Nantinya setelah berhasil diterbitkan akan mendapatkan uang Rp. 10.000 atau setara 100 Yummy Point.

Berbicara fitur, dalam aplikasi Yummy terdapat beberapa fitur yakni fitur memasak, fitur komunitas, fitur filter harga, dan lainnya. Cara menggunakan fitur-fitur tersebut terbilang sangat mudah. Setelah log in, kita tinggal memilih fitur yang kita mau.


- Fitur Memasak
Fitur ini bakal membantu untuk mencari resep masakan berdasarkan bahan yang ada di rumah. Dengan fitur ini bisa ditemukan inspirasi resep masakan. Jadi tak bingung lagi mau masak apa setiap hari.

- Fitur Filter Resep (berdasarkan harga)
Fitur tersebut bakal membantu untuk mencari resep masakan berdasarkan budget.

Misal, dengan uang 10 ribu bisa masak apa aja? Yummy bisa merekomendasi resep masakannya. Tak perlu khawatir lagi saat tanggal tua tiba, Yummy punya solusi resep masakannya.

- Fitur Filter Resep (berdasarkan waktu)
Cuma punya waktu kurang dari 30 menit, bisa masak apa saja?

Fitur filter resep di Yummy App juga dilengkapi filter berdasarkan waktu masak yang diinginkan. Masak bisa lebih mudah, praktis, dan cepat dengan Yummy App! 

- Fitur Filter Resep (berdasarkan porsi)
Fitur yang bakal membantu untuk mencari resep masakan berdasarkan porsi hidangan yang mau disajikan. Mau cari inspirasi resep makan untuk dimakan berdua atau rame-rame saat acara keluarga? Semuanya bisa temukan inspirasi resep masakannya di Yummy App!

Resep Martabak Manis

- Fitur Upload Resep
Di Yummy App juga bisa upload resep masakan kreasi di halaman Komunitas dan mendapatkan uang tambahan setelah resep masakan yang diupload berhasil dipublish oleh Chef Yummy. Dapatkan Rp. 10.000 (setara 100 Yummy Point) untuk setiap resep masakan yang berhasil dipublish.

Untuk mendapatkan kemudahan dan menikmati semua fitur, monggo unduh aplikasi Yummy di Play store. Gratis lho! Jangan lupa pakai kode referral saya ya! bocahudikcom.

14 komentar

  1. Wow, keren x Bg Alfie, kreativitas tanpa batas ya... wah bakal jd martabak manis yg ngehits nihh di kota Medan. Tfs yaa info ttg app Yummy nya. Mantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak unduh Yummy App. Nanti kita masak barengan. Pasti seru. Hehehe

      Delete
  2. waaa..baru tau ada fitur aplikasi ini...auto pingin coba pingin praktel pingin masak...apalagi martabak ini makanan kesukaan manis manis gurih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak unduh Yummy app di Playstore. Selain martabak manis, ada banyak resep lagi lho. Alfie aja yang tak pandai masak, akhir nya bisa masak akibat Yummy app.

      Delete
  3. wuahhh namanya yummy app ya bang. duh pengen nyobain deh eik. Penampakan hasil masakannnya kokmenggugah sangat. pengen nyobain jg ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak unduh Yummy app... Resepnya pun mudah dan emang Yummy

      Delete
  4. Martabak manisnya nanti dibawa kalo kita udah bisa kopdar ya kak Alfie. Hihi

    Topingnya Toblerone (minta dijitak)
    Oh ya, resep apa saja langsung dapet 100 point' yummy ya kak? Kalo rajin misalnya sehari sekali, bisa banyak juga dalam sebulan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok kak... Nanti kita bawa kalau Kopdar Blogger Sumut. Diusahakan pakai Toblerone khusu buat kakak

      Delete
  5. oh iniii yg di youtube ituuu. dahlah bisalah buka lapak jualan martabak bang xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ca... Yang di youtube kemarin dan resepnya dari Yummy App. Ayo unduh

      Delete
  6. Ih..aplikasinya menghasilkan karya dan uang juga ya.. Aq pikir susah kali buat martabak rupanya mudah ya..hahaha makanya banyak tukang jual martabak hahahaa tp buat sendiri lebih aman dan hiegenis sih .. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... Lebih higienis dan hemat. Makanya unduh aplikasi Yummy app, Dika....

      Delete
  7. Wah, sama nih bang. Aku juga pake aplikasi yummy juga. Kemarin sempet eksekusi nasi kuning dan burger modal lihat resep dari sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak... Mudah banget pakai YummY App ini. Banyak manfaatnya, apalagi bagi yang tak pandai masak seperti aku.

      Delete