Travel Blogger Medan: 6 Hal Yang Dapat Dilakukan Di Tangkahan Langkat

Air Terjun Di Tangkahan Langkat

Tangkahan Langkat atau surga tersembunyi di Sumatera Utara memiliki keindahan alam yang tak terkalahkan dengan tempat wisata lainnya. Berada di perbatasan Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan Langkat terletak di Desa Namu Sialang, Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Uniknya, masih banyak tourist local yang belum mengetahui Tangkahan Langkat namun tempat wisata ini sudah dikenal oleh tourist mancanegara.


Ekowisata Tangkahan bisa dijadikan sebagai tempat belajar tentang alam atau makhluk hidup. Tak heran jika tourist mancanegara melirik Tangkahan Langkat sejak dulu sebelum tourist local yang mengetahuinya. Berikut 6 hal yang dapat dilakukan di Tangkahan Langkat:

Bermain Dengan Gajah Di Tangkahan


1. Bermain Dengan Gajah.

Gajah merupakan salah satu hewan yang berada di Tangkahan Langkat. Ada 8 ekor gajah di Tangkahan Langkat. Untuk bermain dengan gajah, kita harus datang pukul 10.00 WIB dan 15.00 WIB. Kalau mau menunggangi gajah, akan dikenakan biaya Rp 35 ribu untuk tourist local. Sedangkan memandikan gajah harus membayar Rp 250 ribu untuk tourist mancanegara dan Rp 100 ribu untuk tourist local. Dan kalau mau menjelajahi hutan bersama gajah akan dikenakan biaya Rp 860 ribu untuk tourist local dan Rp 1 juta untuk tourist mancanegara. Kalau mau berphoto dengan gajah, cukup bayar Rp 20 ribu. Untuk menjelajahi Tangkahan Langkat, bisa menghubungi guide di Tangkahan Langkat yang bernama Doman: +6285381268205.

Sungai Di Tangkahan Langkat


2. Mandi Di Sungai.

Selain hutan tropis, terdapat sungai yang airnya jernih dan bisa digunakan untuk mandi bagi warga setempat, tourist, dan gajah. Aliran sungai berasal dari Sungai Buluh dan Sungai Batang. Kita bisa merasakan derasnya air sungai yang jernih dan pemandangan alam yang indah. Jika kondisi kemarau, maka air sungai akan jernih. Kita pun bisa melihat dasar sungai. Namun kalau musim hujan, kondisi sebaliknya terjadi. Air akan berwarna cokelat.

Puas mandi di sungai, bisa juga ditutup dengan Jungle Food. Makanan yang dipesan di penginapan, dalam hal ini adalah penginapan Mega Inn Tangkahan. Penginapan murah Tangkahan Langkat. Jungle Food dibawa ke sungai dengan hiasan bunga dan meja yang terbuat dari batu dan tanah. Sangat menarik.

Arung Jeram Atau Tubing Di Tangkahan Langkat

3. Arung Jeram / Tubing.

Wahana petualangan ini bisa dijadikan pilihan. Liburan bersama keluarga atu teman, tak lengkap rasanya kalau tidak merasakan nikmatnya arung jeram atau tubing. Naik ban menyusuri Sungai Buluh dan Sungai Batang dengan arus yang tidak terlalu deras. Biaya per orang Rp 100 ribu. Kita bisa hubungi guide yang bernama Doman: +6285381268205.

Tangkahan Langkat


4. Mandi Di Air Terjun Dan Air Panas.

Tangkahan Langkat memiliki air terjun dan pemandian air panas. Ada 3 air terjun di Tangkahan Langkat. Lokasinya memang tersembunyi. Kita harus menyusuri sungai untuk mendapatkan air terjun.

Pemandian air panas di Tangkahan ini, letaknya tersembunyi. Berada di pinggir bebatuan dan seperti lubang goa. Kita harus berenang dan antri kalau banyak tourist yang berendam di sana. Begitu dihampiri, bau belerang sangat terasa.

Bagi yang tidak bisa berenang, jangan khawatir. Saat ini sudah ada jembatan dari bambu untuk menuju air panas tersebut. Kita akan dikenakan biaya Rp 2 ribu untuk melintasi jembatan tersebut. Hal ini menambah suasana keramaian di pemandian air panas lebih terasa.

Flying Fox Di Tangkahan Langkat


5. Flying Fox.

Wahana permainan ini terbilang masih baru di Tangkahan Langkat. Aktivitas gravitasi yang menggunakan zip line (terdiri dari katrol yang digantungkan ke wire atau kabel baja) di Tangkahan Langkat ini panjangnya sekitar 90 meter dengan beban maksimal 120 kilogram. Biaya untuk merasakan sensasi Flying Fox adalah Rp 25 ribu.

Mega Inn Tangkahan

6. Penginapan Mega Inn.

Ini merupakan penginapan yang wajib dipilih saat ke Tangkahan. Mega Inn memiliki lokasi yang sangat strategis karena memiliki fasilitas pemandangan antara dua sungai, yakni Sungai Batang dan Sungai Buluh. Lokasinya luas, nyaman dan bersih. Mega Inn termasuk penginapan paling luas di Tangkahan.  Penginapan murah di Tangkahan, tentunya. Ada lapangan volly, Mushola dan lainnya. Ruang informasinya cukup luas, yang merupakan tempat untuk menyambut tamu sekaligus menjadi Restaurant.

Menu makanan di Mega Inn sangat lezat dan murah. Nah untuk Jungle Food, bisa dipesan sehari sebelumnya. Untuk rasa dan harga, sangat enak dan murah. Sesuai dengan seluruh kalangan, termasuk backpacker.

Ruangannya sangat bersih. Receptionist dan seluruh pegawai di Mega Inn sangat ramah. Disediakan juga hammock untuk tamu yang ingin bersantai di setiap kamar. Bagi yang ingin outbound atau gathering bisa memilih Mega Inn Tangkahan. Rate kamar di Mega Inn berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu per kamar. Cocok juga bagi backpacker. Murah bukan? Kita bisa menghubungi kontak Mega Inn: +6282370304774 atau +6285371122213.

Mega Inn Tangkahan


Mega Inn Tangkahan


Mega Inn Tangkahan

1 komentar

  1. Indahnya pemandangan masih asri pulak tempatnya ya, entah kapanlah bisa ke sana sama keluarga :)

    ReplyDelete