Gurihnya Tabel Mando, Pizza Khas Kabupaten Natuna

Tabel Mando, Pizza Khas Kabupaten Natuna www.bocahudik.com

Cik Milah tampak ramah menyambut kedatangan saya. Senyum riang terpancar dari raut wajahnya. Setelah memperbaiki jilbabnya, dia pun mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan dan mempersilahkan saya masuk.

“Kehujanan ya, Fie?” ujarnya.

Sore itu cuaca memang kurang bersahabat. Jarak rumah saya ke rumah Cik Milah sekitar 4,7 km. Saya mengendarai sepeda motor dari Air Kolek, Ranai menuju Bandarsyah, kediaman Cik Milah.

Cik Milah sudah siap dengan bumbu dan bahan masakannya. Sementara saya langsung mengeluarkan kamera dari ransel untuk membuat berita feature. Ya, sore itu kami mau buat feature news makanan khas Natuna, Tabel Mando.

Tabel Mando merupakan cemilan atau makanan ringan khas yang berasal dari Kabupaten Natuna. Cemilan ini dikenal sebagai Pizza Natuna.


“Ini sangat enak disantap sama keluarga sambil santai, Fie” katanya sambil meracik bumbunya.

Tabel Mando bukan terbuat seperti bahan kebanyakan pizza yang berasal dari Italia. Tabel Mando terbuat dari ikan salai (ikan tongkol atau ikan tuna asap) dengan bahan utamanya tepung sagu sangrai.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Cabai, merica, dan bawang digiling hingga halus. Selanjutnya dijadikan satu dengan sagu sangrai dan kelapa parut.

Setelah selesai, diamkan sejenak. Kemudian masukkan dalam mangkuk dan beri air sedikit. Lalu panggang di kuali dengan api kecil.

Saat berwarna kecoklatan, permukaan Tabel Mando dibalik agar matang secara merata. Lalu hidangkan dengan saus sambal.

“Ini sudah bisa dimakan. Lebih asik saat panas sih,” ucap Cik Milah.

Rasa Tabel Mando ini hampir sama dengan Kerak Telor dari Betawi. Yang berbeda adalah campuran ikan salai karena terasa gurih dan lezat.

Konon, makanan bergizi ini sudah ada sejak dulu. Tabel Mando menjadi makanan pengganti saat cuaca sedang tak bersahabat seperti musim angin utara.

Pada musim angin utara, gelombang laut di Natuna sangat tinggi. Masyarakat akan kesulitan untuk mendapatkan sembako karena dipasok dari luar daerah.

“Untuk bertahan kami konsumsi Tabel Mando ini sebagai pengganti makanan pokok,” katanya.

Tabel Mando sangat mudah didapatkan di Kabupaten Natuna. Kini sudah tersedia di warung makanan tradisional di Natuna. Warga di Natuna juga akan membuatkan Tabel Mando bagi tamu yang berkunjung ke rumahnya.

8 comments

  1. Tabel Mando ada artinya gak kak? Ikan asapnya berarti disuwir-suwir gitu ya kak.. jadi menyatu dengan sagu dan langsung dipanggang.

    ReplyDelete
  2. Tuna salad ini mah versi dipanggang, pasti sedap yee. Maunya nyoba

    ReplyDelete
  3. Duh kebayang enaknya bang alfi, sagu sangrai pake kelapa parut dan ikan, makanan bergizi juga lho ini, mantap lah

    ReplyDelete
  4. Apakah wangi khas sagu masih terasa bang Alfie? Auto terbayang-bayang rasanya :)

    ReplyDelete
  5. Asyik banget ya bang bisa jalan-jalan ke natuna dan mencicipi makanan khasnya. Kebayang tuh kelezatnyannya.

    ReplyDelete
  6. Berarti rasanya asin gurih ya bang.
    Tadinya awak pikir rasanya bakalan manis, karena warnanya kecoklatan, kirain dari gula merah gitu.

    ReplyDelete
  7. Begitu kaya Indonesia ini akan beragam budaya dan makanan khasnya. Jadi pengen icip tabel mando nih. Gurihnya sagu sangrai dan kelapa dipadu dengan ikan salai.
    Seporsi bersls bang?

    ReplyDelete
  8. Hebat ya Natuna., ada pizza khasnya Tabel Mando ini, dibaliknya pun pakai trik khusus ya yaitu saat berwarna kecoklatan, lalu dihidangkan dengan saus sambal aduhmak sedapnyaa,, nice info, Fie

    ReplyDelete