Nuvasa Bay: Wujudkan Rumah Impian Ibu

Singapura Tampak dari Nuvasa Bay. Photo:ist.

"Merantau lah nak! Jangan takut. Doa ibu selalu ada untukmu"

Ucapan itu terus terngiang-ngiang di telingaku. Tangannya yang gemetaran, perlahan-lahan mengelus kepalaku.

Sorot matanya penuh dengan makna. Air mata membasahi wajahnya yang keriput itu.

Ibu mendekap tubuhku dengan erat. Aku diciumnya hingga berulang-ulang.

"Jangan lupa ibadah ya" timpalnya.

Keputusanku untuk mencari rezeki di perbatasan negara membuat tangis ibu pecah. Aku tidak pernah tinggal jauh dari ibu, namun kini harus keluar kota.

Natuna, sebuah kabupaten yang letaknya di ujung utara Indonesia. Bahkan sering terdengar sengketa akibat perebutan wilayah dengan China.

Ibu khawatir dengan keputusan ini. Ia menganggap tidak ada yang mengurusku jika aku sakit nanti.

Berat rasanya dengan pilihan yang aku ambil. Tapi semua ini demi impian ibu dan keluarga kami.

Komunikasi dengan ibu dan keluarga di Medan tidak pernah putus sejak hidup di perantauan. Tidak terasa, tiga tahun berlalu.

"Kapan balik, nak? Ibu kangen"

Memang hati ini tidak bisa bohong kalau bicara tentang rasa. Sama seperti ibu, aku juga menahan rasa kangen di sini.

Aku tidak pernah balik ke Medan sejak hidup di Natuna. Selain sulitnya transportasi, biaya untuk ke Medan juga sangat mahal.

Belum lagi bicara soal transit di bandara yang menghabiskan waktu berjam-jam. Hal itulah yang menjadi bahan pertimbangan untuk balik ke kampung halaman.

Menurutku, lebih baik uangnya ditabung untuk impian ibu yang belum terwujud. Jika suntuk atau bosan di Natuna, aku bisa main ke rumah uni Shinta yang ada di Nongsa, Batam.

Aku selalu curhat sama Uni Shinta. Dia sudah seperti kakakku di Batam. Kami kenal saat aku menjadi jurnalis dan tugas di Batam tahun 2015.

"Uni, aku mau ke Batam. Nginap di rumah ya"

Begitulah ucapanku setiap liburan di Batam. Kota galangan kapal di Kepulauan Riau itu merupakan daerah yang aku sukai dan rasanya nyaman sekali hidup di Batam.

Lobby Kaina Tower The Nove Nuvasa Bay. Photo:ist.

Bahkan aku punya impian untuk mewujudkan keinginan ibu di Batam. Ya, aku mau membeli rumah di Batam untuk ibu. Kota Batam menjadi daerah strategis bagi Medan dan Natuna. 

"Fie, Bang Teguh mau ngajak anak-anak keliling Nongsa. Ayo kita jalan-jalan sore ke sana. Lumayan bagus sekarang"

Kami mengendarai mobil uni Shinta yang mewah itu keliling Nongsa, Batam. Ternyata pembangunannya sangat pesat.

Tanpa sengaja, aku melihat ada bangunan megah di Nongsa. Nuvasa Bay namanya. Rasanya ingin sekali mewujudkan impian ibu bersama Nuvasa Bay.
Nuvasa Bay. Photo:ist.


Nuvasa Bay berasal dari kata ‘Nu’-vasa Bay yang memiliki makna “Wajah Baru” Batam. Tujuannya untuk mengembangkan, membangun, dan membawa Nuvasa Bay menjadi properti mixed-used dan properti residensial ke taraf yang lebih tinggi untuk mengubah dunia properti di Batam.

Nuvasa Bay akan menjadi proyek residensial dan mixed-use mewah pertama di Batam. Yakni sebuah kawasan tempat tinggal masyarakat kelas atas Batam untuk menetap dan menikmati keindahan panorama alam dari pulau Batam.

Selain itu Nuvasa Bay juga menawarkan kualitas fasilitas umum kelas satu termasuk fasilitas kesehatan, pendidikan, rekreasi, hiburan, ritel, dan fasilitas kuliner. Lokasi Nuvasa Bay berada di tepi pantai Nongsa dengan pemandangan paling spektakuler di Batam, kota terbesar di Kepulauan Riau tepat di seberang selat Singapura.

Nuvasa Bay juga memiliki fasilitas lapangan golf 18 lubang yang telah memenangkan penghargaan internasional dan kawasan tepi pantai sepanjang 1.2 km sebagai gerbang masuk bagi turis lokal.

"Uni, besok antar Alfie ke Nuvasa Bay itu ya. Mau ketemu bagian pemasaran. Sepertinya Alfie mau satu unit untuk ibu deh kalau cocok"

Puas mengelilingi wilayah Nongsa, kami pun kembali ke rumah. Anak-anak Uni Shinta juga minta pulang ke rumah karena kelelahan.

View Nuvasa Bay. Photo:ist.

-----------------++
-----------------++

Keesokannya, Uni Shinta menemaniku ke Nuvasa Bay. Kami langsung menuju bagian pemasaran.

"Serius mau ambil unit di Nuvasa, Fie?"

Uni Shinta kembali meyakinkan aku. Menurutku, lokasi ini memang cocok untuk mewujudkan impian ibu. Setelah bertemu dan mendapatkan penjelasan dari bagian pemasaran, banyak keuntungan dan keunggulan jika memiliki properti di Nuvasa Bay.

Nuvasa Bay adalah kawasan hunian terintegarasi berskala kota mandiri pertama dan terbesar di Batam seluas 228 hektare oleh pengembang berpengalaman Sinarmasland. Nuvasa Bay menawarkan gaya hidup yang lengkap dan kontemporer.


Ada beberapa tipe Apartemen dengan konsep modern untuk menjalani kehidupan yang lebih baik yang ditawarkan Nuvasa Bay. Selain itu ada 3 Landed House yakni Private Terrace, Semi Detached dan Town House.

Area Nuvasa Bay dikelilingi oleh pemandangan laut, pantai, dan hutan bakau yang indah nan sejuk. Letaknya strategis di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Hanya 15 menit berkendara dari pusat kota Batam.

Bahkan melalui penyebrangan laut, para penghuni Nuvasa Bay bisa ke Singapura dengan mudah. Kelengkapan hunian Nuvasa Bay memberikan keleluasan untuk dapat memilih tipe properti apa yang diinginkan oleh para pencari properti.
 

Adapun unit-unit hunian yang ditawarkan seperti produk terbarunya yakni The Nove Apartment dan The Nove (rumah):

Apartemen

  1. Tipe Studio (29 m2)
  2. Tipe 1 BR (45 m2)
  3. Tipe 2 BR (70 m2)
  4. Tipe 3 BR (137 m2)
  5. Tipe Penthouse (122 m2)

Nuvasa Bay tidak hanya membangun residential. Beberapa tower apartemen sudah berdiri megah dengan tipe Studio, 1 Bedroom dan 2 Bedroom dengan pemandangan yang menakjubkan.

Tower Kaina, terdiri dari 10 lantai yang selesai pada April 2021. Sejak awal pembangunannya, apartemen Kaina sudah sold out 97 persen. Sekarang hanya menyisakan 10 unit.

Tower Kalani yang bermakna langit menjadi primadona saat ini. Selesai dibangun pada Juli 2022. Menghadirkan hunian dengan 19 lantai dan sold out 70 persen.

Kalani Tower mengusung konsep N.E.S.T yakni Nature Blessing of Kalani Tower, Exploration of Life, Socializing Space, Tranquality in the Simple Form yang menawarkan ketenangan dan kebahagiaan bagi penghuni tower.
 
Kaina Tower Nuvasa Bay. Photo:ist.

Rumah

  • Tipe Terrace House (94m2)
  • Tipe Semi Detached (112 m2)
  • Tipe Townhouse (107 m2)

Bangunan berbentuk horizontal ini masih diminati masyarakat sub urban. Landed House tahap pertama selesai dibangun pada Desember 2019. Terdiri dari dua tipe yakni Semi Detached dan Terrace House.

Semi Detached menghadirkan hunian 2 lantai dengan tiga kamar tidur yang cukup luas di lantai dua. Tipe ini tersedia 19 unit.

Sementara Terrace House menghadirkan rumah 3 lantai dengan dua kamar tidur luas di lantai dua, dan satu kamar utama di lantai tiga. Tipe ini terdiri dari 28 unit.

Hingga saat ini, Landed house tahap pertama telah sold out 87 persen. Tipe ini menyisakan 5 unit.

Landed House tahap kedua, diluncurkan pada October 2021. Tahap kedua ini disebut juga rumah pasca pandemi karena dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat pasca pandemi mereda.

Tipe Beryl, Ruby dan Shapire adalah 3 tipe rumah yang ditawarkan.
The Nove Nuvasa Bay. Photo:ist.

Rute dan Aksesibilitas Menuju Apartemen Nuvasa Bay

Untuk mengakses kawasan kota mandiri Nuvasa Bay bisa menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum. Namun, cara yang paling cepat adalah dengan menggunakan transportasi pribadi via jalan Hang Lekiu yang terintegrasi dengan pusat kota Batam

Fasilitas Dalam Nuvasa Bay

Seperti proyek - proyek lainnya, Nuvasa Bay juga dilengkapi oleh berbagai macam fasilitas untuk memanjakan para penghuni.

  • Tennis Court
  • Swimming Pool
  • Basket Ball
  • Games Room
  • Library
  • Mini Mart
  • Children Playground
  • Café
  • Lapangan Golf
  • Water Driving Range
  • Pool
  • Indoor Gym
  • Seaforest Adventure
  • Lounge
  • Palm Springs Golf
  • Children Playground


Fasilitas di Area Sekitar Nuvasa Bay

Karena berdiri di sebuah lahan premium dan modern, maka jangan heran jika sekitar Apartemen pun dipenuhi oleh fasilitas - fasilitas terbaik. Kehadiran fasilitas - fasilitas ini pun memudahkan kehidupan para penghuni. Ada sarana pendidikan, pusat perbelanjaan hingga sarana kesehatan unggulan.

Terrace House The Nove Nuvasa Bay. Photo:ist.

Keuntungan Memiliki Properti di Nuvasa Bay

  • Berada di KEK Nongsa

Nuvasa Bay didesain dengan konsep tempat tinggal sambil berlibur dengan pemandangan pantai dan laut yang menakjubkan. Penghuni juga dapat menikmati pemandangan hutan bakau dan pemandangan cityscape Singapura dari lapangan Palm Springs Golf yang merupakan lapangan golf terbaik dan terbesar di Batam.

Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas Sea Forest Adventure Park, sebuah taman rekreasi terapung, di atas lahan sebesar 10 hektare. Proyek ini dibuat menjadi taman rekreasi dan edutainment yang berfokus pada alam dan aktifitas outdoor.

Nuvasa Bay juga terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yakni Nongsa Digital Park, area ini akan dikembangkan menjadi ‘Jembatan Digital’ yang menghubungkan Indonesia dan Singapura serta negara-negara lainnya. Nongsa Digital Park juga sebagai kawasan ekonomi digital untuk menarik perusahaan-perusahaan digital dan teknologi domestik maupun internasional untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya kota Batam.
 
Kaina Tower Nuvasa Bay. Photo:ist.

Pemerintah terus mengembangkan kawasan Batam, Kepulauan Riau sebagai pusat industri digital. Salah satunya lewat pembangunan KEK Nongsa yang diklaim sebagai Silicon Valley Indonesia.

Pengembangan kawasan ini sudah mulai terlihat. Mulai dari fasilitas konektivitas jalan, air, hingga jaringan fiber optic (FO) internasional, kecepatan fasilitas internet super ngebut sampai 1 terabyte per second (Tbps).

Capaian realisasi investasi pembangunan kawasan sudah mencapai Rp733 miliar, ditambah realisasi investasi dari pelaku usaha mencapai Rp 1,875 triliun. Dimana sudah ada 1.650 orang penyerapan tenaga kerja.

Kegiatan utama pada kawasan ini untuk bidan industri IT - Digital, mulai dari data center, IT Office Park, pendidikan IT, industri animasi dan perfilman hingga service center.

Tidak hanya itu sektor pariwisata juga akan didorong mulai dari hotel bintang 5, vila, restoran, MICE, marina, terminal kapal ferry, hingga lapangan golf.

Beberapa perkembangan investasi KEK Nongsa yang sudah beroperasi mulai dari Nongsa Point Marina yakni blok hotel yang juga tersambung dengan dermaga yacht, Turi Beach resort bintang 4, Taman Nongsa Indah Village, Terminal Ferry.
 
View Nuvasa Bay. Photo:ist.

Hingga IT academy yang bekerja sama dengan Apple Indonesia untuk pendidikan mobile developer, hingga lapangan golf. Selain itu juga sudah ada kantor IT, studio animasi Kinema.

Nantinya harapkan kawasan ini menjadi pintu masuk perusahaan IT internasional dari Singapura hingga negara lain. Dimana Nongsa ditetapkan sebagai Hun Digital Bridge.

Saat ini ada 3 data center yang tengah memasuki masa konstruksi. Dimana 2 investor berasal dari Hongkong yang telah melakukan Groundbreaking pada Juli lalu. Juga ada data center milik Kominfo untuk pusat data Nasional tier 4 yang tengah dalam proses tender.

Adapun manfaat ekonomi yang bisa dihasilkan, bisa menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp 20 - 30 triliun per tahun, dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional.

Ditambah semakin memperkuat koneksi internasional karena terdapat 7 kabel fiber optic laut berjarak 2-3 kilometer dari Nongsa Digital Park, yang dimaksimalkan untuk pengembangan data center, hingga industri animasi.

Per Maret 2022 jumlah turis KEK mencapai 3.308 orang, lalu melonjak 2 kali lipat sejak dibukanya pintu masuk ke Indonesia menjadi 6.595 orang.
 
Semi Detached The Nove Nuvasa Bay. Photo:ist.

  • Ada Sekolah Teknologi Digital

Purwadhika Digital Technology School merupakan salah satu pioneer lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada bidang teknologi digital yang sudah berdiri selama lebih dari 35 tahun.

Setelah sukses menghasilkan lebih dari 20 ribu talenta digital berkualitas lewat Purwadhika BSD dan Jakarta, Purwadhika kini hadir di kota Batam khusus untuk seluruh program Job Connector On Campus!

Lokasinya ada di Nongsa Digital Park yang terletak hanya 35-40 menit ke Singapore Harbourfront.

Program yang paling banyak diminati adalah Job Connector. Pasalnya melalui program ini bisa berkesempatan untuk mendapatkan koneksi pekerjaan ke 500+ hiring partner Purwadhika di seluruh Asia!

Selain mendapatkan potongan sebesar Rp27.750.000, disini juga bisa mendapatkan fasilitas akomodasi tempat tinggal, dan juga makan siang secara gratis selama masa belajar.
 
Nuvasa Bay. Photo:ist.

"Selain ibu tinggal disini Nuvasa Bay, adik juga bisa sekolah di Purwadhika Digital Technology School"

Tanpa berpikir panjang, aku pun memilih The Nuve tipe Terrace House. Meski tidak terlalu besar, aku rasa cocok untuk ibu.

Di usianya yang sudah tua, ibu menginginkan tinggal di daerah yang tenang, nyaman, ada hiburan dan tempat olahraga. Tidak jauh dari pusat kota juga.

Nuvasa Bay memang bisa mewujudkan impian ibu. Selain itu bisa jadi investasi bernilai tinggi. Terima kasih, Nuvasa Bay!
 
View Nuvasa Bay. Photo:ist.

Referensi:
  1. https://www.nuvasabay.com/
  2. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220902102553-4-368727/semua-ada-di-kek-nongsa-silicon-valley-di-kota-industri-ri

8 comments

  1. Setelah beliin ibunya rumah di Nuvasa Bay, bikinin ibunya resort yah fie di Natuna Bay. :-)

    ReplyDelete
  2. Keren banget kalau bisa punya hunian di Nuvasa Bay Batam. Udah lengkap fasilitasnya, prospek masa depannya juga cerah. Cuma gak tahu harganya kalau saya pasti gak bakalan kebeli, hehehe

    ReplyDelete
  3. Woww nuvasa bay hunian cluster yang woww banget. Masya Allah membahagiakan orang tua rejeki berlimpah Insya Allah

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, senangnya bisa membahagiakan orang tua, Mas. Insyaalah bernilai pahala yang besar. Batam memang merupakan kota Industri dan bisnis yang strategis, sekaligus untuk tempat tinggal yang memadai dan nyaman. Semoga saya bisa bertandang juga ke sana, entah kenapa minat sangat. hehe

    ReplyDelete
  5. Semoga ibunya bahagia dan bisamenghabiskan waktu bersama dnegan anak di rumah yang nyaman dan tentram.. saya penasaran apa di batam itu langka pohon ya?

    ReplyDelete
  6. Ya Allah cantik nian kak nuvasa bay ini. Beneran impian yang paling indah buat ibu.
    Jadinya lebih dekat juga ke kak alfie di Natuna.
    Pasti untung banget lah kalo punya huniam di nuvasa. Pasti harga terus naik ya dan jadi semacam tabungan

    ReplyDelete
  7. Nyaman sekali apalagi fotonya cantik-cantik. Semoga impian untuk memberikan hunian nyaman dan dekat untuk dikunjungi dari Natuna buat Ibu, dengan membeli properti di Nuvasa Bay terlaksana dengan lancar ya.

    ReplyDelete
  8. Bersyukurnya bisa beli properti di Nuvasa Bay ya, apalagi untuk membahagiakan orang tua kita tercinta, hiks terharu. Btw lihat Kaina Tower auto inget Marina Bay rooftop di Singapura ya, kereen

    ReplyDelete