Air Terjun Temburun yang Eksotis ala Hutan Amazon

Air Terjun Temburun. Photo: www.bocahudik.com

Bak pecahan surga, di tengah belantara hutan Kepulauan Anambas terdapat air terjun bertingkat yang sangat eksotis. Kecantikan air terjun tersebut, layaknya di tengah hutan pedalaman Amazon.

Air terjun itu berundak-undak melintasi tebing batu dan kolam alam yang berada di celah bebatuan. Terdengar bunyi gemercik air yang mendamaikan hati ketika airnya berjatuhan di antara bebatuan.

Sekeliling air terjun itu dipenuhi pepohonan rimbun. Suasana terasa sangat sejuk dan nyaman.

Di depan air terjun terdapat pemandangan alam laut lepas yang begitu indah. Selain itu di tepian laut ditumbuhi pohon mangrove atau bakau yang sangat subur.

Air Terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Temburun. Air terjun eksotis ala hutan Amazon ini ada di kepulauan terluar Indonesia, tepatnya di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.


Hanya 30 menit menggunakan sepeda motor. Di samping itu, tidak ada pungutan biaya untuk masuk ke area wisata Air Terjun Temburun.

Pemandangan di Atas Air Terjun Temburun. Photo: www.bocahudik.com

Air Terjun Temburun memiliki tujuh tingkat sehingga tampak megah. Tingginya sekitar itu 560 meter.

Airnya tak pernah mengering meskipun di musim kemarau. Selain itu, airnya mengalir langsung ke laut lepas yang menjadi muara dari air terjun tersebut.

Para pengunjung bisa bermain dengan air yang segar sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa di Air Terjun Temburun. Untuk beristirahat, para wisatawan dapat memanfaatkan fasiltas gazebo yang ada di sekitar Air Terjun Temburun.

Di pinggir jalan sekitar Air Terjun Temburun terdapat pedagang yang merupakan warga setempat. Pengunjung bisa bersantai dengan menikmati dagangan makanan khas Kepulauan Anambas.

Terasa asik sambil menikmati hamparan hutan mangrove dan pesisir pantai yang langsung terhubung dengan muara air terjun tersebut.

Mangrove di Sekitar Air Terjun Temburun. Photo: www.bocahudik.com


No comments