Naik Sepeda ke Natuna dari Batam

Naik sepeda dari Batam ke Natuna
Naik Sepeda dari Batam ke Natuna

Obrolanku dengan Mas Danan terhenti sejenak saat nada notifikasi WhatsApp berbunyi. Tanganku langsung meraih telepon genggam untuk melihat pesan yang masuk itu.

"Bentar ya mas. Ada chat masuk," ucapku.

Ternyata ada pesan dari Adikku yang menanyakan keberadaanku. Ia mau mengantar sepeda yang nantinya akan aku gunakan di Natuna.

Spontan pertemuanku dengan mas Danan di Morning Bakery Greenland Batam langsung berakhir. Aku minta izin untuk pergi menemui adikku di Batam Center.

Aku pun pesan ojek melalui aplikasi online. Kemudian tiba di kantor iNews Batam dalam waktu 20 menit.

Ternyata adikku lebih cepat tiba disana. Dia sudah menunggu di depan kantor iNews Batam.

"Udah dari tadi, dik?," tanyaku.

"Tak terlalu, bang. Ini sepedanya ya bang. Nanti kasih oli aja di dekat shocknya karena mungkin kemarin dibiarkan kena hujan oleh bengkel sepedanya," katanya.

Setelah itu dia pamit untuk pergi karena ada urusan mendesak. Padahal kami belum ngobrol lama.

"Terima kasih ya dik. Nanti aku pakai untuk kerja dan olahraga sepeda juga," kataku.

Aku bawa masuk sepeda berwarna merah itu ke kantor. Warna sepeda yang sesuai dengan warna kesukaanku.

Perjalanan ke Natuna dari Batam pun dimulai dengan bersepeda. Ya, aku langsung membawa sepeda itu ke Natuna keesokan harinya.

Naik sepeda dari Batam ke Natuna
Naik sepeda dari Batam ke Natuna

Aku berangkat dari kantor iNews Batam menuju Pelabuhan Roro Telaga Punggur sekitar pukul 05:30 pagi. Pasalnya saat pagi hari masih belum banyak kendaraan yang lalu lalang.

Waktu yang sangat aman bagi pesepeda. Namun karena kondisi jalanan di Batam berbukit, aku jadi lelah dan sempat istirahat di Indomaret Punggur untuk beli makanan dan minuman.

Setelah istirahat mengumpulkan energi, aku pun melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Roro Telaga Punggur Batam. Dari tempat istirahat tersebut ke pelabuhan sekitar 20 menit.

"Langsung masuk ke kapal ya bang," kata petugas pelabuhan.

Biaya tiket kapal dari Pelabuhan Roro Telaga Punggur Batam menuju Tanjung Uban Bintan sebesar Rp49 ribu. Jumlah itu terdiri biaya penyebrangan sepeda sebesar Rp22 ribu dan penumpang sebesar Rp27 ribu.

Pembayaran untuk pembelian tiket kapal Roro harus menggunakan kartu Brizzi atau Flazz. Tidak bisa menggunakan uang cash.

Tepat pukul 10 pagi, kapal bertolak menuju Pelabuhan Tanjung Uban Bintan. Perjalanan dari jalur laut ditempuh sekitar satu jam.

Saat itu, kapal Roro yang menuju Natuna dari Pelabuhan Tanjung Uban Bintan berangkat pukul 8 malam. Artinya, aku harus menunggu sembilan jam di pelabuhan.

Kemudian aku membeli tiket dari Pelabuhan Tanjung Uban menuju Pelabuhan Palmatak Kepulauan Anambas terlebih dahulu. Pasalnya pembelian tiket kapal Roro tidak bisa dilakukan sekaligus, melainkan di setiap pelabuhan persinggahan kapal.

Biaya tiket kapal Roro dari Tanjung Uban ke Pelabuhan Palmatak Kepulauan Anambas sekitar Rp309 ribu. Jumlah itu sudah termasuk biaya Sepeda Rp159 ribu dan penumpang Rp150 ribu.

Pembayaran untuk pembelian tiket pun harus menggunakan Brizzi atau Flazz. Cara yang sama seperti di Pelabuhan Roro Telaga Punggur.

Lama perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Uban Bintan ke Pelabuhan Palmatak Kepulauan Anambas sekitar 15 jam. Setelah itu lanjut berangkat lagi setelah proses naik turun dan bongkar muat kapal selesai.

Aku pun harus membeli tiket lagi di Pelabuhan Palmatak Kepulauan Anambas. Biaya yang aku keluar dari pelabuhan tersebut menuju Pelabuhan Midai sebesar Rp223 ribu.

"Sepeda kena Rp114 ribu. Penumpang kena Rp109 ribu," kata petugas.

Perjalanan dari Pelabuhan Palmatak ke Pelabuhan Midai Natuna sekitar delapan jam. Seluruh biaya yang dikeluarkan tersebut tidak termasuk makan dan minum penumpang di kapal.

Daftar Biaya Tiket Roro
Daftar Biaya Tiket Roro

Kemudian saat tiba di Pelabuhan Midai Natuna, aku harus membeli tiket lagi. Tiket kapal untuk menuju Pelabuhan Penagi Natuna.

Biaya yang aku keluarkan saat itu sebesar Rp204 ribu. Rinciannya untuk sepeda sebesar Rp114 ribu dan penumpang Rp90 ribu.

Ternyata biaya membawa sepeda ke Natuna dari Batam tidak lah murah. Biayanya sama saja seperti untuk penumpang per orang.

Belum termasuk dengan biaya makan dan minum selama berada di kapal. Padahal lama perjalanan dari Pelabuhan Telaga Punggur Bintan menuju Pelabuhan Penagi Natuna sekitar 36 jam.

Itulah catatan perjalananku membawa sepeda dari Batam ke Natuna menggunakan kapal Roro. Sangat menyenangkan meski banyak biaya yang dikeluarkan.

Selain itu, kalau kalian ke Batam dan mau rental mobil murah, bisa hubungi Si Yoyo Rentcar. Dijamin harganya sangat murah se-kota Batam.

Pelayanannya sangat ramah dan mobilnya pun masih baru. Jadi, silahkan hubungi kontak ini ya.

Si Yoyo Rentcar
+6281270002330

Rental Mobil Murah di Batam
Rental Mobil Murah di Batam


No comments