Travel Blogger Medan: RedDoorz plus near Kepri Mall, Penginapan Murah Tapi Bau

RedDoorz plus near Kepri Mall

Kejadian pahit itu baru pertama kali aku alami selama liburan. Dan pertama kalinya juga tidur di hotel atau penginapan yang murah. Bukan sombong, menurutku hotel di kota Batam memang tidak terlalu mahal. Aku belum bisa menceritakan secara langsung. Tapi untuk pengantar, aku akan menceritakan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Waktu itu, aku sedang liburan ke Singapura dari tanggal 5 hingga 10 desember 2018. Jadi ditengah-tengah tanggal tersebut, aku mampir ke kota Batam untuk bertemu dengan teman-temanku. Tanggal 7 desember kemarin, aku menginap di RedDoorz plus near Kepri Mall. Aku memilih penginapan tersebut bukan karena harganya yang murah, tapi lokasinya yang strategis. Misalkan ke Batam Centre, Bengkong, dan daerah kota Batam lainnya sangat dekat dari lokasi RedDoorz plus near Kepri Mall.

Aku booking kamar di RedDoorz plus near Kepri Mall melalui aplikasi selama dua hari meski kenyataannya tidak demikian. Harganya Rp 155 ribu per malam dan kalau untuk harga dua malam sebesar Rp 310 ribu. Tapi aku mendapatkan kode promo sebesar Rp 62 ribu karena pengguna baru aplikasi RedDoorz. Jadi, aku hanya membayar Rp 248 ribu untuk dua malam.

RedDoorz Plus near Kepri Mall berada di Komplek Ruko Taman Eden atau di Jalan Ahmad Yani, Taman Baloi, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29432. Tepat di depan perumahan Plamo Garden. Posisinya di pinggir jalan. Sangat mudah ditemukan.

RedDoorz plus near Kepri Mall

"Siang." kata receptionist sambil senyum.

Aku check-in pukul 14:00 wib sesuai pemberitahuan dari email. Setibanya di RedDoorz plus near Kepri Mall, aku langsung membayar uang penginapan kepada receptionist. Posisi receptionist berada di sebelah kanan pintu masuk. Kemudian receptionist memberikan kunci kamar kepadaku. Dan aku pun mendapatkan kamar nomor 302 di lantai 3. Tapi sebelumnya ada deposit atau barang yang ditahan seperti KTP sebagai jaminan.

"RedDoorz disini ada berapa kamar?." tanyaku.

Di RedDoorz plus near Kepri Mall terdapat 37 kamar. Terdiri dari 24 standar room dan 13 deluxe room. Bagi tamu yang datang langsung (walk-in), akan diberi deluxe room. Harganya juga berbeda. Hari biasa dikenakan biaya Rp 220 ribu per malam, sedangkan hari libur dikenakan Rp 250 ribu per malam. RedDoorz plus near Kepri Mall merekomendasikan untuk booking secara online melalui aplikasi.

RedDoorz plus near Kepri Mall

Di lobby RedDoorz plus near Kepri Mall terdapat meja dan kursi yang bisa digunakan untuk santai. Disini juga ada snacks dan minuman yang mereka jual kepada tamu. Kalau mau air minum panas atau hangat gratis, tamu bisa ke lobby karena tidak ada dispenser di dalam kamar.

Kemudian aku menuju kamar di lantai 3 menggunakan tangga karena tidak ada lift. Padahal, RedDoorz plus near Kepri Mall memiliki bangunan sekitar empat lantai. Mungkin karena RedDoorz plus near Kepri Mall merupakan bangunan ruko, jadi ya tidak ada lift. Kesannya seperti kamar kost-kostan.

Begitu buka kamar, memang seperti kamar kost-kostan yang kecil dan sempit. Bau tak sedap menyapa hidungku. Buat perut mual dan ternyata berasal dari kamar mandi. Aku berpikir sejenak dan menduga kalau room service tidak membersihkan kamar mandi saat tamu sebelum aku check-out.

"Kenapa baunya ga hilang ya?." tanyaku dalam hati.

Saat itu aku membersihkan lantai kamar mandi langsung. Karena masih bau, akhirnya aku keluar sebentar mencari udara segar dan berencana untuk mengunjungi rumah teman-temanku. Kemudian aku menghubungi mereka satu per satu. Tapi mereka minta untuk ketemu di malam hari. Dengan terpaksa, akhirnya aku hanya berada di lobby saja sambil menunggu baunya hilang.

Kamar RedDoorz plus near Kepri Mall yang aku tempati terdapat televisi, almari, meja, dan ac. Aku juga dapat air minum kemasan sebanyak dua botol. Lumayan lah dengan harga murah yang diberikan. Tapi tetap saja tidak terima dengan baunya yang tidak sedap.

RedDoorz plus near Kepri Mall

Dua jam berlalu, aku pun kembali ke kamar. Ternyata baunya juga belum hilang. Mendadak perut ingin buang air besar. Saat menuju kamar mandi dan ketika buka toilet, ternyata ada ta*i yang begitu banyak tidak dibersihkan. Mungkin tamu sebelum aku, buang air besar dan malas untuk membersihkannya sehingga dibiarkan saja menghiasi toilet tak berdosa tersebut. Baunya sangat menyengat sampai perut jadi mual seperti mau hamil. Aku tidak jijik tapi heran aja kenapa room service tidak membersihkan padahal baunya menusuk hidung.

Setelah selesai buang air besar dan menyiramnya, aku pun tidur guna membuang waktu beberapa jam. Begitu di atas tempat tidur, kakiku secara tidak sengaja menyentuh dinding. Ternyata dinding kamarnya terbuat dari plywood atau kayu lapis. Kalau aku taksir, mungkin ketebalan kayu lapisnya sekitar 3,6 atau 5 mili. Maklum saja, aku kan pernah bekerja di perusahaan plywood. Jadi bisa diprediksilah ketebalan dinding yang digunakan untuk kamar tersebut.

Waktu terus berlalu dan aku pun terbangun dari tidur. Lihat jam, menunjukkan pukul 19:00 wib. Kemudian aku mandi karena mau ke rumah teman-temanku. Namun lagi dan lagi, baunya masih tidak hilang. Mungkin karena sepi atau memang jarang dibersihkan, RedDoorz plus near Kepri Mall memiliki bau khas seperti itu. Tidak terbayang untuk tidur di kamar yang murah tapi bau, kecil, dan aku rasa tidak nyaman.

Kemudian setelah selesai mandi, aku order transportasi online menuju rumah temanku. Di dalam mobil, kami bercerita layaknya teman yang sudah kenal lama. Dia bercerita tentang pekerjaannya, tinggalnya,  dan segala kegiatannya. Dan ternyata dia pernah tinggal di Medan, dekat dengam rumahku. Cerita pun lanjut dan tampak asik.

"Jadi kenapa abang mau tinggal di RedDoorz? Kan banyak penginapan yang bagus. Banyak lho yang komplen tinggal disana." kata supir transportasi online.

Hal yang aku keluhkan, ternyata dikeluhkan juga oleh tamu-tamu lain. Supir transportasi online tersebut juga sering dapat penumpang dari RedDoorz plus near Kepri Mall dan mengeluhkan hal yang sama. Baiklah, ini akan jadi pelajaran bagiku untuk memilih penginapan dengan hati-hati. Atau mungkin harus minta ganti kamar kalau memang itu diperbolehkan. Lagian tidak jadi masalah besar karena sebenarnya hanya dibuat untuk meletakkan barang-brang selama liburan kemarin. Maklum lah, HORANG KAYAH.

29 comments

1. Menarik sekali liburan di Kepri yah,bang tapi penginapan begini rasanya jadi kurang menarik karena tidak terawat dengan baik dan benar. Kondisi yang jorok tentu membuat pengunjung merasa tidak nyaman yah.

Replies
    1. Sebenernya baru kali ini sih dapat beginian. Rata-rata banyak yang leboh bagus dan baik. Mungkin kemarin lagi apes aja. Di Kepri memang banyak tempat wisata yang menarik. Cuss kesana Rin

Delete
  2. astaga kamar mandinya... apa karena murah. Tapi bagaimana pun hotel harus tetap menjaga kebersihan. gimana mau dtangin pengunjung ya klo pengalamannya menyesalkan:D

Replies
    1. Iya kak Mer... Mungkin karena murah, mereka tidak membersihkannya. Padahal ada yang lebih murah tapi bersih. Kalau tidak diubah sistimnya, pengunjung tidak akan mau kesana lagi untuk nginap.

Delete
  3. Parah banget sih ini kalau kayal gini pelayanannya. Baca ceritanya aja emosi, apalagi kalau saya ngalamin sendiri. Gak kebayang deh kak.
    Btw, tks ya kak infonya, jadi tahu, hotel mana yang perlu dihindari..

1. Sama sama kak.

Memang parah banget ini penginapan. Tapi untungnya, aku ga ambil pusing karena ga jijikkan. Palingan ya tulis aja biar yang lain ga kena dan ada perubahan juga dari oihak penginapan

Delete
  4. Waahhh nggak banget ini. Aku paling merhatiin kamar mandinya kalo staycation kayak gini, tuh.. aku nggak kebayang bang, gmn abang bertahan dg kebauan itu .. tambah lagi ada t*inyaaa... Parah.

Replies
    1. Untungnya aku ga jijikkan kak. Jadi woles aja. Semoga pihak penginapan bisa memperbaiki kasus beginian

Delete
  5. Idih, aku kadang suka nyari tempat penginapan murah kalau traveling karena cuma tuk menyimpan barang dan tidur aja, selebihnya diluar discover. Namun ga ada yang sejorok ini... Kebersihan tuh paling penting lho

Replies
    1. Bener kak. Tapi ini pertama kali kejadiannya bagiku. Pihak penginapan RedDoorz plus near Kepri Mall seperti acuh dengan kebersihan ya

Delete
  6. Duh pengalaman yang sangat tidak menyenangkan... apalagi ada si kuning di toilet, uweeeekkkkkkkk..... jadi ilfil deh.... Kami memang gak pernah nginap di Redoorz tapi selama ini pengalaman nginap di banyak hotel murah, semuanya baik-baik saja dan selalu bersih. Semoga ini pengalaman terakhir ya Bocah Udik...

Replies
    1. Aamiin kak... Semoga memang yang terakhir.

Tapi kalau kakak mau coba nginap di RedDoorz plus near Kepri Mall, ga masalah. Mana tau lebih baik kan... Hehehe

7. wah klu saya udah merepet meraban tu
    maklumlah emak emak rempong ya
    untunglah alfie lumayan sabar mau bersihkan
    klu saya udah panggil tuh cleaning service tuk bersihkan dan suruh beli kapur barus yang khusus tuk mengharumkan kamar mandir hahaha

Replies
    1. Iya kak. Harusnya keluarin the power emak emak yes... Tapi Alfie sih ga ambil pusing karena ga jijikkan. Hehehe

Semoga RedDoorz plus near Kepri Mall mau berbenah

8. sayang bgt ya hotel bau...bikin gak nyaman

1. Bener kak. Jadi ada rasa jera untuk stay di RedDoorz plus near Kepri Mall

Delete
  9. Ampun Fie, aku pasti minta ganti kamar atau minta petugas membersihkan kalo kayak gitu. Harusnya pihak hotel memperhatikan kebersihan kamar yang akan diserah terima kunci ke kita.

Pernah juga nginap di hotel murah tapi belum nemu yang kayak begini.

Replies
    1. Semoga jangan sampai ngalami deh kak. Cukup Alfie aja. Dan ini kejadian pertama buat Alfie kak.

Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini, RedDoorz plus near Kepri Mall membaca dan berbenah ya

Delete
  10. Hiyyy ya ampuuun sempat-sempatnya Fie foto yang itu. Serem. Kirain reviewnya positif taunya menceritakan pengalaman yang menyebalkan.

1. Dari judulnya udah ada bau yang artinya negatif kak. Hehehe

Karena ga jijikkan, ya Alfie abadikan aja momen langka ini.

Delete
  11. ya ampuuun...nggak ngebayangin masih ada tai itu. Udah berapa hari itu nya...Pantes dah kalau bau..

1. Jangan terlalu dibayangi kak. Hehehe

Mungkin udah kama tapi ga tau juga sih.

Delete
  12. Memberikan kamar ke tamu baru tanpa membersihlan dulu itu benar-benar hotel yang nggak pantas di inapi. Mau nyari duit tapi nggak memberikan pelayanan yg baik. Mirip dengan rumah makan yang memberikan makanan yg sudah basi

Replies
    1. Betul kak... Ga diperhatikan kebersihannya yang bisa menyebabkan para tamu akan pergi.

Delete
  13. Aku belum pernah punya pengalaman nginep di RedDoorsz. Tapi ya ampun kok apes bener itu, ya? Tapi betul, harga hotel berbintang di Batam entah kenapa ngga semahal di kota lain. Mungkin karena banyak banget hotel di sana. Tapi kalau harga rumah di Batam jangan ditanya ya, mahaaaall hahahaha :D.

Replies
    1. Jangan sampai kakak mengalami hal seperti ini...

Iya kak. Harga hotel berbintang di Batam mah murah... Tiap bulan, bisa lah jadi horang kayah. Tapi kalau rumah, mahal amiiiirrr... Ngontrak aja mahalnya minta ampun

Delete
  14. AMPOOON Bang!!! Baru kali ni aku lihat hotel ada T*I di kamar mandinya gak dibersihin. Jijikkk kali bang. Lihat karat di tembok kamar mandi itu aja aku udah mual bang, apalagi nampakku sesuatu itu di toilet. Kok bisalah abang memfotonya. Besar nyali abang ya. hahaha

tapi thanks reviewnya berimbang, jadi pandai2 mencerna aja

Replies
    1. Iya kak... Alfie juga baru kali ini. Tapi ga masalah karena ga jijikan...

Sama sama kak... Emang harus berimbang sih. Hehehe

Delete
  15. aq baru sempat baca ini krn sakit maren. Ish aq amatlah paling menjaga hidung aq dari Bau makanan setan itu bg.. ish klo aq yg lihat kurasa aq lgsg cau nginap rumah kakak aq di pesona asri. wkakak