Tongging: Melihat Danau Toba Dari Sudut Yang Beda

By Bocah Udik - 5:21 AM

Danau Toba Tampak Dari Desa Tongging

Tongging merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Dari Tongging, kita bisa menikmati keindahan Danau Toba karena wilayah Tongging merupakan bagian utara dari Danau Toba.

Saat itu kami sedang berwisata ke Air Terjun Sipiso-Piso. Kami yang memiliki banyak waktu, tidak tahu lagi tempat wisata yang ada di sekitar Air Terjun Sipiso-Piso. Lantas, seorang teman menyarankan untuk ke Tongging. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari Air Terjun Sipiso-Piso. Masih dalam satu kecamatan.

“Kita langsung ke Tongging aja,” ucap teman saya.


Saya baru pertama kali berwisata ke Air Terjun Sipiso-Piso sehingga tidak tahu tempat wisata disekitarnya. Ternyata dekat dengan Tongging. Dan ini juga pertama kalinya saya akan berwisata ke Tongging. Saat dalam perjalanan dari Air Terjun Sipiso-Piso menuju Tongging, lokasinya yang berada di atas bukit membuat pengunjung bisa menikmati keindahan yang diciptakan oleh Tuhan. Keindahan Danau Toba yang terlihat dari Tongging seakan-akan seperti lukisan. Bagi yang belum pernah ke Tongging, dari Medan hanya menempuh jarak sekitar 3 jam melewati Brastagi.

Papan Selamat Datang Di Pemandiam Tongging Beach

Retribusi yang dipungut sebesar Rp 5 ribu per orang, dan itu pun biaya yang sama kalau ke Air Terjun Sipiso-Piso. Setelah gerbang masuk, ada dua jalur yang harus dipilih oleh pengunjung. Jalur kanan merupakan jalur ke Air Terjun Sipiso-Piso, sedangkan kiri untuk ke Desa Tongging. Dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, Tongging memiliki udara yang sejuk, budaya yang bagus, pemandangan yang menakjubkan, dan sangat cocok untuk liburan.

“Keren ya pemandangannya,” kata teman saat dalam mobil.

Kami menggunakan mobil dan melewati jalan yang berkelok-kelok. Jalannya tidak terlalu lebar. Saran saya, harus fokus karena jangan sampai cidera akibat menyaksikan keindahan Danau Toba. Kalau melewati persimpangan atau kelokan harus mengklarkson agar terhindar dari kecelakaan akibat jalan yang kecil dan curam.

Tidak berapa lama, kami tiba di Pemandian Tongging Beach. Papan atau penunjuk Pemandian Tongging Beach di sebelah kanan jalan kalau dari Air Terjun Sipiso-Piso. Kami harus menuruni anak tangga terlebih dahulu. Setelah itu kami menyewa tikar karena tidak ada pondok di Pemandian Tongging Beach. Harganya Rp 35 ribu.

Di Pemandian Tongging Beach, kami dapat melihat luasnya Danau Toba. Sebenarnya Pemandian Tongging Beach tersebut merupakan Danau Toba tapi beda kecamatan. Dari situ juga, kami bisa menikmati jajaran pegunungan yang terhampar dengan indah. Sebagian teman saya ada yang mandi dan ada juga yang memancing ikan di Danau Toba meski kailnya pinjam sama pengunjung lain.

Saya yakin kalau penduduk Desa Tongging merupakan petani. Pasalnya saat menikmati keindahan Danau Toba, ada petani laut yang asik menangkap ikan di atas perahunya. Selain itu banyak juga tanaman buah-buahan yang ada di sekitar Desa Tongging.

“Lapar. Beli Pop Mie yuk,” ajak temanku.

Udara sejuk membuat perut terasa lapar. Lantas kami bergegas ke seorang ibu yang menjual mie instan di Pemandian Tongging Beach. Seorang ibu yang juga menyewakan tikarnya di tempat wisata tersebut. Harga Pop Mienya juga tergolong murah kalau dibandingkan dengan tempat wisata lain. Hanya Rp 5 ribu.

Puas bermain air, mandi, serta mancing dan menikmati keindahan Danau Toba dari Desa Tongging, kami bergegas untuk balik ke Medan. Liburan kali ini sangat berkesan. Dua lokasi wisata yang belum pernah saya kungjungi, akhirnya bisa didatangi sekaligus. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Tajamnya Air Terjun Sipiso-Piso dan Tongging yang sangat memukau.

Desa Tongging Dan Danau Toba Tampak Dari Air Terjun Sipiso-Piso

  • Share:

You Might Also Like

50 komentar

  1. Dulu sewaktu aku dan teman mau mendaki Gunung Sibuatan seharusnya datang ke wilayah Merek ini. Tapi bertanya ke orNg-orang nggak ada yang tahu. Bertanya kepada google hasil pencarian nol. Bayangin tahun 2000an Google belum kenal Gunung Sibuatan. Kalau Tongging mungkin udah ada yang kenal satu dua orang tapi gunung Sibuatan tak ada yg tahu jalurnya mulai darimana. Jadilah aku nyasar ke Pulau Samosir. Naik Gunung Pusuk Bubit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun 2000 an, Alfie masih di bangku SMA kak. Dan ke Danau Toba pun tahun 2008. Kakak mah beruntung ya bisa menyusuri sekitar tahun segitu. Meski tak dari Gunung Sibuatan

      Delete
  2. Sayang seribu sayang saya tidak menyempat untuk ke Danau ini ketika ke Sumatera Utara dulu. Best betul lah ya

    ReplyDelete
  3. Orang medan harus ekplor semua objek wisatanya nih termasuk yang belum pernah terekpos. Apalagi untuk daerah daerah yang masih nature bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak Mer... Kakak kalau ke Medan, kabarin ALfie ya kak

      Delete
  4. Ku fokus sama gunungnya sih. Kaya asing aja gitu tapi ternyata Sumut punya banyak banget tempat menggiurkan untuk di "sentuh" ya kak. Duhhh mana cakep banget lg itu danau Tobanya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Sumut untuk liburan kak. Cakep cakep lho twmpat wisatanya

      Delete
  5. Alfiii aku jadi kangen pulkam.. aahahahaha.. aku blm pernah ke tongging malah.. liat danau toba itu kalo ga dr prapat ya dr taman simalem.. keren alfii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dong kak balik ke kampung untuk liburan. Sekali-kali menyusuri Sumut untuk tulisan

      Delete
  6. Jadii pengen kesana . Semoga ada rezeki bisa melipir kesana. Thanks reviewnya bg 😁😁

    ReplyDelete
  7. Danau Toba ini memang cantik ya kak. Masuk wishlist sudah pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Danau Toba emang keren dan cantik kak. Nanti kalau ke sini, kabarin Alfie ya kak

      Delete
  8. Cantiknya. Mudah-mudahan bulan Juni besok bisa mampir ke sini pas undangan nikahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... ketemuan kita nanti ya kak. Si dedek imut ikut kan? Kangen deh sama gadis kecil bijak itu.

      Delete
  9. Bagus banget Danau Toba nya Alfie .Duuh...kapan bisa ke sini ya? Mupeng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga secepatnya bisa ke Danau Toba ya Kak. Aamiin

      Delete
  10. Saya belum pernah ke tonggingnya, masih pengen banget lihat danau Toba yang femes itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Danau Toba dari Tongging aja kak. Asiik lho

      Delete
  11. Nah, Sumatera Utara sudah masuk dalam bucket list ku .. kira2 rekomendasi tempat dan kuliner yang pas pastinya halal apa ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak kak. Kakak mau di daerah mananya?

      Delete
  12. Ke sipiso piso sama tongging, kalo bawak balita agak repot juga ya kak alfie..

    ReplyDelete
  13. dengar2 sebenernya banyak tempat-tempat di tepi danau toba lainnya ya... saya baru datengin satu selain yang danau toba, turun dari brastagi waktu itu. asyik juga, gak terlalu ramai turisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak. Banyak tepi Danau Toba yang dijadikan wisata. PEngunjung sudah mulai ramai sih kak

      Delete
  14. Butuh tenaga ekstra utk naik turun sipiso puso ya broo..hehe

    ReplyDelete
  15. Aku lupa pernah ke tongging atau belum, kalau ke sipiso-piso sih pernah bbrp kali. Atau jangan2 emang pernah ke tongging tp akunya aja yg lupa nama, karena setiap jalan2 ke sekitaran danau toba, terlalu fokus ke keindahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Fokus dong bang. Tapi aku rasa sudah deh karena ga mungkin aja abg sering ke Sipiso-Piso namun tak ke Tongging

      Delete
  16. Emang sangat bagus pemandangan disana, bulan 1 kemarin bru habis dari sana camping di pinggiran danau Toba.😊👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak-ajak lah kalau camping bang. Aku pengen juga

      Delete
  17. Ih ga ajak2 lah uwak ratu jalan2 kemari.

    ReplyDelete
  18. Haha saya belum pernah ke Tongging bang, karena katanya harus naik mobil pribadi kesana dan jalannya gak mudah ya kan, tapi kalau ke Balige pernah bisa lihat Danau Toba juga dari sudut yang berbeda karena Danau Toba itu luas banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak... Danau Toba luas. Kalau ke Tongging, naik motor aja kak. Lebih asik.

      Delete
  19. Duh jadi pingin ke toba lagi. Belum sempet ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak kita buat rombongan sama Blogger Sumut. Kelihatannya asik deh

      Delete
  20. Cakep bener bang, aku baru liat danau toba sisi lain dari puncak simarjumjung aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum ke Bukit Simarjunjung. Sepertinya lebih cakep deh kalau dari sana

      Delete
  21. Pemandangan dai tongging ini juara emang bang. Ditunggu cerita jalan2 lainnya bang

    ReplyDelete
  22. Pernah ke Tongging, tapi gak sempat turun, waktu itu gerimis jadi takut tergelincir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget tak turun kak. Tapi iya juga sih... Kalau hujan jalannya licin. Infrastruktur harus diperbaiki

      Delete
  23. Ajak Gacil ke sana BG... Awak taunya danau Toba itu pun cuman sekali ke sana. Btw picture nya siapa yang ambil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti diajak kalau kesana lagi ya. Abang ding yang ambil. Jelek ya? hiks

      Delete
  24. Udah lama beud nggk ke tongging ...baca tulisan alvie jadi pengen ke sana lagi. Hope someday...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Nanti kesana, tulis juga ya kak. Soalnya tulisan kakak mantul.

      Delete
  25. hmmm keren yah kak pemandangannya, kapan nih saya bisa main kesana huhu
    jauh sekali

    ReplyDelete
  26. Wah, mantap juga ya lokasinya.
    Btw biaya masuk ke pemandian tongging beach-nya berapa ya per orang?

    ReplyDelete