Budayaland: Wahana Menarik Untuk Liburan Sambil Belajar


Budayaland

Yakin tak mau liburan dengan keluarga, pasangan, atau komunitas yang bisa sambil belajar? Coba deh Budayaland. Wahana permainan yang dibangun dengan mengusung tema penggabungan antara jaman milenial dengan budaya atau pun permainan kearifan lokal.

Sesuai dengan keinginan untuk berwisata hemat, saya liburan ke Budayaland kemarin. Tak perlu liburan sampai ke Brastagi atau pun luar negeri. Cukup datang ke sini. Dijamin membuat liburan terasa happy.

Budayaland berada di Jalan Medan - Tanjung Morawa KM 12,5 Nomor 6, Tanjung Morawa, Sumatera Utara. Tidak jauh dari kota Medan. Hanya 30 menit menggunakan sepeda motor. Posisi Budayaland berada di sebelah kanan kalau dari arah kota Medan.

BACA: Budaya Coffee Cabin Cocok Untuk Nongkrong Tjantik

Tiba di lokasi, saya langsung memarkirkan sepeda motor. Tidak ada biaya parkir kendaraan di Budayaland atau Budaya Resto. Parkir sepeda motor berada di samping Budaya Resto. Saya pun langsung bergegas menuju Budayaland dengan diantar menggunakan kendaraan shuttle dari Budaya Resto oleh petugas pengamanan.

"Berapa harga tiket masuknya, kak?." tanya saya ke petugas counter Budayaland.

Becak Mini Budayaland

Tiket masuk Budayaland dibagi menjadi dua harga, HTM dan VIP Pass. Untuk VIP Pass dikenakan Rp 50 ribu untuk weekday dan Rp 100 ribu untuk weekend. Saya dikenakan Rp 100 ribu karena kemarin merupakan weekend. Harga tersebut sudah termasuk untuk tiket masuk dan bermain seluruh wahana sepuasnya, sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing wahana di Budayaland. Namun tidak termasuk harga makan dan minum.


Sementara itu, untuk Harga tiket masuk (HTM) saja sebesar Rp 30 ribu. Harga tersebut hanya untuk tiket masuk. HTM bisa ditukarkan makanan dan minuman yang senilai di bawah Rp 30 ribu, yang ada di Budaya Coffee Cabin atau pun di seluruh stall makanan dan minuman. Jika makanan atau minuman tersebut di atas harga 30 ribu, maka harus top up atau tambah uang cash.

Pengunjung yang sudah membeli HTM dan ingin mencoba wahana di Budaya Land, harus membeli tiket VIP Pass kembali. "Rugi dong kak? Kan dua kali beli tiket."

Tidak rugi deh. Pasalnya tiket yang Rp 30 ribu tersebut bisa ditukarkan untuk harga makan atau pun minuman di seluruh stall yang ada di Budaya Land atau Cafecabin.

Bagi pengunjung lansia di atas umur 60 tahun dan anak-anak yang memiliki tinggi di bawah 80 cm, gratis masuk ke Budayaland. Namun tidak dapat bermain wahana.

"Jam operasionalnya gimana kak?."

Budayaland beroperasi dari pukul 10 a.m sampai pukul 07 p.m di weekday. Sedangkan untuk weekend, mulai pukul 10 a.m hingga 08 p.m.

Di kawasan seluas 15 hektar tersebut, terdiri dari 20 wahana permainan. Yakni ATV, Sepeda Mini, Paint Ball, Kereta Api, Gocart, Bebek Dayung, dan masih banyak lagi. Wahana di Budayaland memadukan alam, permainan tradisional dan jaman milenial yang bisa menambah ilmu pengetahuan.
Kereta Api Budayaland

Kereta Api

Untuk wahana permainan kereta api, pengunjung akan dibawa keliling Budayaland sesuai jalurnya. Setiap gerbong kereta api terdiri dari maksimal dua orang dewasa dan dua orang anak-anak. Nantinya sang masinis akan membawa keliling para penumpang sebanyak dua kali. Para penumpang harus naik dan turun di stasiun kereta api yang sudah ditentukan.

Nine Bot Budayaland
Nine Bot

Saya kan memiliki tubuh yang ideal, jadi bisa dong menggunakan nine bot. Wahana permainan tersebut memiliki aturan maksimal bobot pengunjung yang ingin bermain nine bot, yakni 80 kilogram. Setiap pengunjung bisa bermain sampai 15 menit.

Hand Boat Budayaland
Hand Boat

Untuk wahana permainan satu ini, pengunjung harus memiliki tinggi 100 cm hingga 120 cm. Jadi kalau tingginya 178 cm seperti saya, tidak dibolehkan. Mungkin dikhawatirkan akan tenggelam. Waktu yang ditentukan sebanyak 15 menit untuk sekali bermain. Dan pengunjung wajib menggunakan pelampung.

Panahan

Saya mencoba memanah hati kamu. Eh maksud saya bermain panahan. Hal tersebut untuk meningkatkan daya konsentrasi saya sambil olahraga. Bisa dibilang konsentrasi rasa cinta saya ke kamu. Lol

Mini Car Budayaland
Mini Car

Bagi anak-anak yang mencoba belajar mengemudi, boleh coba mini car. Namun harus memiliki tinggi badan 80 cm hingga 100 cm. Untuk bermain wahana tersebut diberikan waktu sebanyak 15 menit. Para orangtua juga harus mengawasi karena segala risiko merupakan tanggung jawab pengunjung sendiri.


All Terrain Vehicle Di Budayaland
All Terrain Vehicle (ATV)

Berlibur ke Budayaland, kiranya kurang asik kalau belum mencoba mengendarai All Terrain Vehicle (ATV) yang merupakan motor roda empat yang memenuhi jiwa petualang. Kendaraan tersebut mampu menempuh segala medan dan direkomendasikan untuk yang hobi menantang alam. ATV ini memiliki manfaat seperti menghilangkan stress, mengembalikan mood, dan semakin percaya diri.

Green Farm Budayaland
Green Farm & Outbound

Budayaland terdapat Green Farm juga lho. Bisa berkebun seperti menanam padi, sayuran, dan buahan. Pengunjung diajarkan untuk green garden dengan menanam tanaman hydroponic seperti kangkung dan sawi.

Selain berkebun, di Budayaland juga bisa bermain dengan berbagai macam hewan. Yakni kuda poni, sapi, burung, ikan, kelinci, dan lainnya. Seluruh peralatan untuk berkebun atau pun beternak sudah disediakan oleh pihak Budayaland. Pihak sekolah maupun pengunjung hanya mempersiapkan diri saja dan biayanya.

"Bisa outbound untuk anak sekolah kak?."

Di Budayaland bisa outbound atau field trip. Wisata asri nusantara tersebut bisa dijadikan tempat barmain sambil belajar. Biasanya pelajar Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk outbound, tak hanya bermain game namun juga dibolehkan bermain wahana di Budayaland.

Tanaman Hydroponic Budayaland
Di sini juga bisa camping lho. "Glamour camp pun bisa, kak." Semua peralatan camping sudah disediakan oleh pihak Budayaland. Fasilitas yang diberikan pun sangat maksimal.

Untuk calon pengantin yang mau photo prewedding, bisa deh mencoba konsep alam yang ditawarkan oleh Budayaland. Free charge, lho. Tapi harus wisata kuliner dengan membayar minimal Rp 1 juta di Budaya Resto terlebih dahulu, agar bisa photo prewedding sampai puas di Budayaland. Biaya tersebut sudah untuk 10 orang. Selain itu membayar HTM Rp 30 ribu jika prewedding di hari minggu / libur nasional. 

"Photo prewedding dengan meminjam peralatan wahana, boleh kak?."

Boleh menggunakan wardrobe untuk photo prewedding di Budayaland secara gratis. Kalau sudah membayar tiket VIP Pass Rp 100 ribu, boleh bermain seluruh wahana Budayaland.

Tree Top Budayaland
Bagi pengunjung yang beruntung, akan bisa menyaksikan event bulanan di Budayaland. Event tersebut menampilkan tarian atau kebudayaan tradisional. Special activity seperti sains project erruption volcano, buat ice cream tanpa freezer, dan lainnya yang tentu sangat aman dilakukan oleh anak-anak. Untuk mengetahui event yang diselenggarakan oleh Budayaland, bisa check instagram milik mereka @budayaland.

Budayaland juga membangun tenda transparan kalau pengunjung mau membuat event. Jadi, kalau mau family gathering bisa di sini.

Bagi yang mau beribadah, Budayaland menyediakan Musholla. Jadi liburan puas, beribadah pun tak ketinggalan. Untuk fasilitas toilet juga tersedia. Bagaimana tidak, seharian liburan mandjah pasti membutuhkan toilet untuk merenung sejenak, bukan?.

Nah, puas mengelilingi dan bermain di Budayaland, saya beristirahat di Budaya Coffee Cabin. Wait the next story about this cafe on my blog ya.



Budayaland

Bebek Dayung Budayaland

Tanaman Hydroponic Budayaland

Burung Makaw Budayaland

Tenda Transparan Budayaland

Kuda Poni Budayaland

Budayaland

Stall Makanan Budayaland
Kelinci Budayaland

Budayaland

14 komentar

  1. Liat poto2nya cakep ya kak alfie. Berasa pengen ke sana segera. Konsepnya juga menarik. Aku suka dengan htm yang bisa ditukar sama makanan. Jadi ternyata kita sebenarnya free masuk. Semoga lah nanti bisa bawa anak-anak main ke sini.

    ReplyDelete
  2. Semua yang disampaikan sangat menarik sekali. Weekend nanti jadi pengen kesana deh. Thanks info kerennya mas 😁🤗

    ReplyDelete
  3. Budaya land ini paket lengkap wisata keluarga ya. Mau berkenalan dengan alam bisa, dengan hewan2 bisa, ada juga gocar, panahan, dll. Lengkap deh. Sepertinya saya akan mengunjungi tempat ini secepatnya. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Auto betah ngelihatnya. Tapi, lumayan mahal bagi saya yang engga punya duit. Hiks. Keren nih. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  5. Wah bisa jadi alternatif liburan nih ke sini,, suasana yg asri, nyaman, cocok banget buat melepaskan penat setelah kerja di weekdays. Thanks for share yaa Kak Alfie,, well noted.

    ReplyDelete
  6. Bukan Culturalland ya...tapi budayaland...biar ngindonesia ya..hehe

    ReplyDelete
  7. ya ampun, ternyata bagus banget ya bundaya land ini. coba kemarin kami main kesini juga, padahal dah sempat ke restonya tapi sayangnya gak sempat ke aera permainannya.

    ReplyDelete
  8. Liburan bernuansa alam kayak gini bagus banget ya bang Alfie, terjangkau dan lokasinya gak jauh. Thanks SDH sharing, kalau ada waktu ngajak keluarga ke sana

    ReplyDelete
  9. Wahhh bisa jadi referensi tempat liburan bersama keluarga nih, tempatnya asik dan seru banget

    ReplyDelete
  10. Keren yaaa cucok bawa syaffa amar kesinih

    ReplyDelete
  11. Asik juga bawa anak2 kemari ya bang. Pengen nanti liburan biar makin seru. Baca ini jadi lebih ngerti harus ngapain aja di Budayaland.

    ReplyDelete
  12. Ih seneng banget akutu main disini, ,rasanya terpuaskan dahaga main2ku hahaha

    ReplyDelete
  13. ish..klo dah punya kluarga langsung lah kesini piknik hihi

    ReplyDelete
  14. Hanya bayar Rp 100 ribu kala weekend, sudah bisa menikmati 20 wahana permainan di BudayaLand ini? Keren banget. Take me there Fie.

    ReplyDelete