Nongkrong Tjantik? Yuk Ke Budaya Coffee Cabin

By Bocah Udik - 3:03 AM

Black Pepper Chicken Rice Budaya Coffee Cabin
Sejak kembali ke kota Medan, saya jadi hobi nongkrong. Bukan di toilet, tapi di cafe bareng teman kerja atau teman komunitas. Topik pembicaraan pun tidak terlalu berat. Cuma curhat tak jelas gitu. Terkadang sambil makan, kami saling ghibah mandjah bicarai orang yang kemudian ditutup dengan ngucap Istighfar.

Lokasi rumah kami yang  berjauhan menjadi faktor perdebatan untuk menentukan lokasi nongki tjantik sambil ghibah. “Terserah.” Itulah kata yang sering diucapkan kalau memilih tempat nongkrong. Jadi dari pada buang waktu, saya pun langsung memilih Budaya Coffee Cabin.

Budaya Coffee Cabin
Budaya Coffee Cabin berada di Jalan Medan – Tanjung Morawa KM 12.5 Nomor 6 Sumatera Utara. Lebih tepatnya berada satu lokasi dengan Budaya Resto atau Budayaland. Sekitar 30 menit dari pusat kota Medan. Posisinya sebelah kanan kalau dari kota Medan.

"Coba ngopi ah. Bagus nih tempatnya." gumam dalam hati.

Perpaduan suasana antara Indonesia yang asri dan kental akan budaya dengan design ala Amerika, menjadikan Budaya Coffee Cabin cocok sebagai tempat istirahat setelah lelah mengelilingi Budayaland. Tak hanya itu, Budaya Coffee Cabin juga bisa dijadikan tempat nongkrong di kala istirahat jam kerja, nongkrong bersama keluarga atau gebetan, dan bahkan bisa dijadikan tempat untuk prewedding.


BACA: Budayaland: Wahana Menarik Untuk Liburan Sambil Belajar

Ketika memasuki ruangan Budaya Coffee Cabin, aroma kopi yang baru di roasting sudah tercium. Sesuai namanya, kopi merupakan andalan dari Budaya Coffee Cabin. Tampak sebuah minibar dari sang barista siap melayani para pemuja kopi. Biji kopi robusta atau arabika, siap diolah barista sesuai pesanan untuk menjadi latte, cappucino, atau kopi lainnya.

Tak perlu keliling Indonesia bahkan dunia kalau mau mencicipi aneka rasa dan aroma kopi. Cukup duduk manis di Budaya Coffee Cabin. Tinggal pilih dan tunjuk kopi di dalam toples meja barista agar langsung diolahnya.

Ice Raspberry Latte Budaya Coffee Cabin
“Ice Raspberry Latte.” ucapku pada Barista.

Kopi tersebut sangat unik. Komposisinya kopi, susu, dan sirup kurnia Raspberry. Pahitnya kopi bercampur dengan manisnya raspberry membuat candu lidahku. Jujur, ini pertama kalinya bagi saya merasakan kopi yang unik. Ternyata kopi tersebut merupakan salah satu daftar minuman andalan di Budaya Coffee Cabin. Harganya Rp 30 ribu.

Hot Coffee Latte Budaya Coffee Cabin
Sementara itu, Irsyad memilih Hot Coffee Latte. Percampuran pas antara espresso, susu, gula, serta cokelat dalam gelas kopi tersebut membuat dirinya ketagihan. Dia memesan hingga dua gelas. “Mungkin doyan.” dalam hatiku.

Coffee latte adalah campuran dari 1/3 espresso dan 2/3 steam milk. Komposisinya memang hampir sama dengan Cappuccino namun foam pada kopi tersebut sedikit sehingga terasa milky dan creamy. Dan itu yang bisa membuat candu, menurut saya. Harga hot coffee latte Rp 30 ribu.

Ice Cappuccino dan Kiwi Smoothies Budaya Coffee Cabin
Desy yang tak terlalu suka kopi, lebih memilih Ice Cappuccino. Minuman khas Italia tersebut terlihat nikmat saat diteguk oleh Desy. Terlebih saat itu cuaca terik sehingga Ice Cappuccino merupakan minuman tepat untuk mengusir dahaga.

Komposisi Cappuccino hampir sama dengan Coffee latte. 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 buih susu. Harganya Rp 30 ribu.

Tak tahan dengan lapar, kami pun memesan menu makanan dan dessert. Untuk mengisi waktu ghibah, ada banyak menu yang kami pilih. Duduk berjam-jam di Budaya Coffee Cabin, rasanya tak etis kalau hanya memesan sedikit makanan. Maklum saja, jiwa crazy rich Medan kami pun muncul. Jangan terkejut dan terheran-heran ya, ini dia pesanan kami semua.

Black Pepper Beef Rice Budaya Coffee Cabin
Black Pepper Beef Rice
Black pepper beef rice atau yang dikenal dengan daging sapi lada hitam dapat ditemui di Budaya Coffee Cabin. Rasa saus tiram, lada hitam, manis dan asinnya bumbu sangat pas dengan lidah. Bawang putih dan brokoli pada menu tersebut, tampak menggoda. Tekstur daging sapi sangat lembut atau tidak keras seperti karet ban. Harganya cukup terjangkau, Rp 45 ribu per porsi.

Salted Egg Chicken with Rice Budaya Coffee Cabin
Black Pepper Chicken Rice
Hampir sama seperti Black pepper beef rice. Bedanya hanya ada pada daging karena ini menggunakan daging ayam. Ya iyalah. Saus tiram dan lada hitam menyatu dengan daging ayam tersebut. Paprika, bawang bombay, dan brokolinya tampak menghiasi hidangan. Harganya Rp 45 ribu.

Mie Goreng Indonesia Budaya Coffee Cabin
Mie Goreng Indonesia
Mie khas Indonesia ini merupakan menu paling dicari di Budaya Coffee Cabin. Rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Kol dan Telur tampak menghiasi mie goreng tersebut. Terdapat sedikit kuah karena memang khas dari mie goreng Indonesia. Harganya Rp 45 ribu setiap porsinya.

Spaghetti Budaya Coffee Cabin
Spaghetti
Tak perlu jauh ke luar negeri untuk mendapatkan Spaghetti lezat. Cukup datang ke Budaya Coffee Cabin, sudah bisa mencicipi makanan khas Italia tersebut.

Mushroom Soup Budaya Coffee Cabin
Mushroom Soup
Sup merupakan makanan yang terbuat dari campuran sayuran, buah, hingga daging yang dicampur dengan kaldu dan air sehingga berkuah. Untuk Mushroom soup, makanan ini berisi jamur yang mengandung vitamin B2 dan B3. Sangat sehat bagi tubuh. Untuk rasa, Budaya Coffee Cabin telah menyempurnakannya dengan lidah orang Indonesia. Tak terlalu asin atau pun manis. Rasa kaldunya juga sangat pas. Harganya mushroom soup adalah Rp 40 ribu untuk satu porsi.

Pancakes with Ice Cream Budaya Coffee Cabin
Pancakes with Ice Cream
Jenis makanan roti datar yang manis ini sudah dikenal di seluruh dunia. Makanan ini dapat dinikmati untuk sarapan atau menu penutup. Bisa dicampur dengan buah. Namun Budaya Coffee Cabin memadukan dengan es krim. Tampilan buah strawberry menghiasi pancakes with ice cream Budaya Coffee Cabin. Rasanya lezat sekali dan harganya Rp 30 ribu per porsi.

Waffle Ice Cream Budaya Coffee Cabin
Waffle Ice Cream
Waffle merupakan jenis makanan paling populer di benua Eropa. Namun tak perlu jauh ke Eropa, cukup ke Budaya Coffee Cabin saja sudah bisa menemukan makanan tersebut. Kebanyakan waffle diberi topping strawberry, namun di sini ada topping ice cream. Ditaburi susu cokelat yang membuat rasa semakin manis. Harganya Rp 30 ribu per porsi.

Fried Banana Budaya Coffee Cabin
Fried Banana
Fried banana atau bahasa kerennya adalah pisang goreng. Taburan susu dan ceresnya menghiasi cemilan tersebut.  Harganya Rp 20 ribu per porsi.

Puas dengan wisata kuliner di Budaya Coffee Cabin, kami pun semakin malas bergerak. Rasa ngantuk menghampiri. Terlebih ruangan yang begitu dingin akibat pengaruh pendingin ruangan. Kami pun pindah duduk di luar karena bisa menyatu dengan alam.

Outdoor Budaya Coffee Cabin
Bagaimana tidak, lokasi outdoor Budaya Coffee Cabin diatapi oleh pohon yang rimbun. Bisa melihat danau dari Budayaland. Saya pikir sangat cocok saat mengobati rasa jenuh sambil istirahat saat jam ngantor tiba. Atau pun bisa menjadi tempat untuk mendapatkan inspirasi sambal ngopi tjantik.

Bagi yang tak suka ngopi, Budaya Coffee Cabin juga menyediakan berbagai macam juice. Yakni Apple Strawberry, Kiwi Smoothies, Fresh Sunkist, Avocado Coffee, dan lainnya. Harganya cukup terjangkau dan tak membuat kantong bolong.Budaya Coffee Cabin, Your Cup of Inspiration.



Budaya Coffee Cabin Jalan Medan – Tanjung Morawa KM 12.5 Nomor 6 Sumatera Utara.
Instagram: @BudayaCoffeeCabin
Fresh Strawberry Budaya Coffee Cabin

Apple Strawberry Budaya Coffee Cabin

Avocado Coffee Budaya Coffee Cabin

Fresh Sunkist Budaya Coffee Cabin

Minibar Budaya Coffee Cabin

Indoor Budaya Coffee Cabin

Freezer Buah Budaya Coffee Cabin

Budaya Coffee Cabin

Budaya Coffee Cabin

  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Black pepper chicken rice nya bikin perut keroncongan nih. Apalagi musim hujan begini.. Duhh

    ReplyDelete
  2. Makanannya pada bikin ngiler dan minumannya juga, tapi awak kepo bgt tu sama Ice Raspberry Latte Budaya Coffee Cabinnya sirup kurnia bgt hihi

    ReplyDelete
  3. wih poto engko menyelerakan semua hahahha banyak nyer belik h

    ReplyDelete
  4. Suasana outdoor di budaya coffee cabin cocok banget buat makan santai sambil ngobrol sama keluarga ya kak. Daku terngences liat sup mushroom.

    ReplyDelete
  5. Wah,, recommended ini Coffe Cabin di Budaya Land yaa,, jd pingin juga nih ke sana,, ngajak² anak² ni enaknya biar ramee, hehe.. Thanks infonya yaa Kak Alfie

    ReplyDelete
  6. Penasaran sama ide raspberry latte ..

    ReplyDelete
  7. Emm.. kenapa sih harus baca artikel ini. Auto ngeces kan. Wkwkwkwk.. kayaknya enak-enak banget makanan di budaya coffee cabin ini ya bang. Kemarin aku pernah nyicip masakan rastaurannya saat buka puasa bareng kawan kantor abinya. Emang juara. ^^

    ReplyDelete
  8. Menyelerakan banget ya foto2 menu kopi dan makanannya aih ga sabar pengen nongki kesitu

    ReplyDelete
  9. Black Pepper Chicken Rice kok gemesin banget ya pengen disantap. Btw Budayaland ini ada cafe nya juga seperti ini asik banget. Jadi pengen eksekusi datang kemari.

    ReplyDelete
  10. Bang lihat foto fotonya jadi laperr.. ahahaha.. keren bisa deh kapan2 kesana..

    ReplyDelete