Travel Blogger Medan: Menikmati Pemandangan Alam Alif Stone Park Natuna

Sunset di Alif Stone Park, Natuna www.bocahudik.com

Saya senyum sumringah saat tiba di Alif Stone Park, Natuna. Tempat wisata ini wajib dikunjungi jika berlibur ke Kabupaten Natuna.

Pasalnya Alif Stone Park, Natuna sangat indah dan unik. Bahkan karena keunikannya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sering berlibur ke sini.

Impian saya untuk berlibur ke Alif Stone Park, Natuna sudah ada sejak tahun 2016 lalu. Tapi baru terpenuhi pada Juli 2021. Jadi, saya merasa orang yang paling beruntung bisa berlibur ke sini.

Saya tahu Alif Stone Park, Natuna dari mas Danan. Dia pernah mengatakan kalau panoramanya sangat indah.

Hamparan bebatuan granitnya begitu menakjubkan. Itu sebabnya Alif Stone Park, Natuna menjadi salah satu kawasan Geopark Nasional.

Alif Stone Park, Natuna www.bocahudik.com


"Nanti kita ke Natuna. Disana ada Taman Batu Alif yang lebih cakep," ujar mas Danan saat kami liburan ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Sejak saat itu, saya selalu penasaran dengan Alif Stone Park, Natuna.

Kemudian saya sempat browsing tentang Alif Stone Park tersebut. Ternyata benar yang dikatakan mas Danan, indah banget.
 

Alif Stone Park, Natuna atau Taman Batu Alif adalah salah satu tempat wisata alam yang lokasinya ada di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Sekitar 20 kilometer dari pusat kota dan Bandara Raden Sadjad, Natuna.

 
Kalau dari Bandara, jalan lurus aja. Tak usah belok kanan atau kiri.

Ya kalau ada lampu merah, berhenti sejenak agar tak terjadi kecelakaan. Tapi jangan harap ada bus angkutan kota (angkot) menghampirimu di pinggir jalan.

Di Kabupaten Natuna tidak ada transportasi umum. Ini bisa jadi PR untuk pemerintah Kabupaten Natuna terkait transportasi.
Alif Stone Park, Natuna www.bocahudik.com


Jika wisatawan disarankan untuk rental sepeda motor, harganya jangan terlalu mahal. Jangan lebih mahal dari Bali.

Nanti tak ada yang mau berlibur ke Natuna kalau serba mahal. Pemerintah harus memperhatikan mulai harga tiket pesawat hingga rental sepeda motor yang mahal tersebut.

Sama seperti namanya, Alif Stone Park menyuguhkan pemandangan hamparan batuan granit besar yang tersebar di pinggiran pantai. Dinamakan Alif karena terdapat satu batu yang berdiri tegak sehingga menyerupai huruf alif hijaiyah.

Keindahan alam yang cukup unik membuat Alif Stone Park, Natuna seringkali digunakan sebagai lokasi foto bagi para pengunjung. Pengunjung tidak akan kehabisan spot foto karena hampir semua sudutnya memberikan keindahan.

Alif Stone Park, Natuna www.bocahudik.com


Alif Stone Park, Natuna cocok dikunjungi saat sore hari. Pasalnya ada pertunjukan senja yang mengesankan di sana.

Selain bisa berfoto dengan background batuan, pengunjung juga bisa berfoto dengan birunya air laut dan indahnya Gunung Ranai.

Air di tempat ini sangatlah jernih sehingga ikan kecil warna-warni dan terumbu karang bisa dilihat dengan mudahnya dari permukaan laut. Kalau air sedang surut, pengunjung bisa bermain di ayunan yang tersedia di tempat wisata ini.

Alif Stone Park, Natuna aman bagi anak-anak untuk bermain. Mereka bisa bermain pasir dan berenang.

Pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun untuk memasuki kawasan wisata alam ini, alias gratis. Namun bisa donasi di kotak yang tersedia untuk perawatan Alif Stone Park, Natuna.

Alif Stone Park, Natuna www.bocahudik.com

Teman, indahnya Alif Stone Park harus dijaga. Tidak hanya Alif Stone Park saja, tapi alam harus kita jaga.

Kalau liburan, usahakan jaga alam. Jangan sampai kita mengotori dan merusak alam.

"Contohnya gimana?"

Kita bisa mengurangi sampah plastik, buang sampah pada tempatnya, dan jangan merusak hutan atau pohon.

Ayo kita coba dari sekarang. Saya pun berusaha menjaga alam. Anak dan Cucu kita menitipkan alam pada kita, maka jangan sampai kita rusak sebelum mereka menikmatinya.

14 comments

  1. Wah...baca tulisan bocahudik...memang menyegarkan...font tulisannya keren dan tidak menyakitkan mata. Btw batu alifnya nice...

    ReplyDelete
  2. ya allah bang, cantik ya bang. issss mahal gak ya dari medan kesana? pengen lah? terus alamnya masih perawan kali awak liat dri foto2 yang masyaAllah di blog abang ini. Aman kah buat anak2 bayi dibaya kesana bang? maksudnya susah gak pergi ke destinasi2 yang bagus@?

    ReplyDelete
  3. Takjub liat foto2nya bg, anti mainstream hehe, Indonesia Indah bgt. jadi ingin ksana. moga ksampaian

    ReplyDelete
  4. Wah tempatnya cantik banget mas! Susunan batunya itu lho, saya suka. Jadi ingin ajak keluarga main ke sana deh hihi.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah, kak Alfi ke taman Alif. Kapan lagi ke sana, sembunyikan aku dalam koper.. wkwkwkwk

    Itu beneran ya pemandangan cakep kayak lukisan. Memang Indonesia ini tiada duanya keindahan alamnya. Semoga kita semua bisa menjaganya agar tetap lestari. Sayang kalo nanti pas awak udah punya duit ke sana, taunya taman Alif udah gak eksis kecantikannya. hiksss.. jangan sampe..

    ReplyDelete
  6. kayak smua spot foto tuh bagus ya kak alfi huhu bagus banget ini, udah geopark lagi, kemarin ke bunaken zonk sama keadaan wisatanya yang kurang diperhatikan :(

    ReplyDelete
  7. Memang cantik kali la pemandangan di Alif Stone Park ini.
    Tapi entah kenapa ya, setiap baca Alif Stone, kok jadi kebaca Alfie Stone...
    Alfi sedang mengunjungi Alif...
    Alfi dan Alif, seperti nama anak kembar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-betul segar komen kawan awak ini. Kayak segarnya foto Alif stone

      Delete
  8. MasyaaAllah, tabarakallah ❤️
    Belum pernah rasanya berada di tempat seindah ini. Semoga Allah rezekikan suatu hari nanti

    ReplyDelete
  9. Kok bisa ya batu-batunya sebesar itu? Besar-besar kali sampe bisa untuk duduk kan. Keajaiban alam. Kerennya bang alfie...Sukses bikin mupeng

    ReplyDelete
  10. umrin - ummumuhammadrinia.comDecember 20, 2021 at 4:16 AM

    emak beranak dua yang masih kicik-kicik cukup baca review perjalanan aja deh, gabisa jalan jauh-jauh bawa pasukan... bagus pemandangannya ya bang... foto2nya keren

    ReplyDelete
  11. Masya Allah
    Cakep banget.

    Semoga ada rezeki bisa mengunjungi Natuna. Termasuk, Alif Stone Park.

    ReplyDelete
  12. Alamnya, Masyaa Allah..
    Keren bingit..
    Mupeng loh jadinya bang Alfi..🤭😁

    ReplyDelete
  13. Baru denger ada Taman Batu Alif Stone ini bang. Cakep banget. Masih belum terjamah layaknya tempat wisata lainnya. Pemerintah perlu menggaungkan tempat wisata ini. Nggak kalah ama batu-batu besar di Belitung.

    ReplyDelete