Arkademi: Kursus Online Bersertifikat Mampu Wujudkan Impian dan Selamatkan Ekonomi Keluarga

Arkademi: Kursus Online Bersertifikat www.bocahudik.com
Photo: www.pexels.com


Pemuda berwajah oriental itu berlari menuju rumahnya. Dia tampak lelah hingga keringat mengucur deras. Keluarganya terlihat bingung. Tapi senyuman yang menghiasi wajahnya membuat mereka bahagia. Keluarganya yakin ia bukan membawa kabar duka.

Rasa bahagia sangat terlihat di raut mukanya. Terlebih dia tertawa lepas saat bertemu dengan orang-orang yang disayangnya itu.

“Ibu… Kakak… Saya diterima kerja di perusahaan yang selama ini saya inginkan,” teriaknya.

Pemuda itu benama Fadli. Dia lulusan salah satu Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Kota Medan. Usianya masih 20 tahun dan sudah menjadi tulang punggung keluarga.

Ayahnya meninggal dunia saat dia mau Ujian Nasional. Seketika, ia langsung mengubur semua impiannya karena memikirkan nasib keluarganya. Ya, Fadli berasal dari keluarga kurang mampu.

Rumahnya berada di Jalan Platina VI Lingkungan XIV Medan. Lokasinya tidak jauh dari Kawasan Industri Medan (KIM) Tahap II. Banyak perusahaan besar di sana, namun Fadli belum bisa bekerja di sana karena terkendala dengan lulusan dan tidak ada sertifikasi.

Fadli menceritakan, dirinya terus berusaha agar bisa diterima di perusahaan yang dia impikan. Perusahaan terbesar di KIM Tahap II. Semua pemuda berlomba untuk bekerja di sana, termasuk Fadli.

Ketika pandemi Covid-19 melanda, banyak perusahaan di KIM Tahap II jalan di tempat. Bahkan hampir tidak beroperasi dan terpaksa merumahkan pegawainya. Namun perusahaan terbesar di KIM Tahap II impian Fadli tersebut tetap berjalan dan menerima pegawai baru.

“Saya aktif cari informasi #KursusOnline,” ujarnya.

Dengan adanya #KursusOnline, ia berharap bisa mewujudkan impiannya. Bekerja di perusahaan terbesar di KIM Tahap II.

“Sekarang saya ini tulang punggung keluarga. Menggantikan almarhum ayah. Jadi, saya harus bekerja di perusahaan impian saya itu,” paparnya.

Usahanya membuahkan hasil. Ia mengikuti #KursusSertifikasi di #Arkademi secara online. Kursus Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Basic Factory. Kursus K3 bersertifikat full-online pertama di Indonesia.

Arkademi merupakan platform kursus online sertifikasi keahlian pertama di Indonesia yang mendukung program Kartu Prakerja dari Pemerintah RI, dalam pelaksanaannya Arkademi menyediakan berbagai bidang kursus keahlian secara online hingga sertifikasi profesi.

Arkademi menyediakan kursus online bersertifikat dengan cara belajar full online dari mobile app atau web. Tersedia puluhan kelas kursus berkualitas tinggi dalam berbagai kategori yang disediakan lembaga kursus resmi atau institusi.


Berdasarkan standar SKKNI K3 Nomor KEP.42/MEN/III/2008 dan SKKNI No. KEP.248/MEN/V/2007, tenaga kerja harus mendapatkan bekal pendidikan dan pelatihan pada pencegahan kecelakaan. Pelatihan K3 diberikan secara bertahap dan berkesinambungan.

Oleh sebab itu, pada Arkademi akan diajarkan secara mendalam tentang K3, khususnya dalam bidang pabrik atau manufaktur. Pelatihan ini bisa diikuti oleh peserta yang sedang atau akan bekerja di pabrik, sedang ditunjuk sebagai tim Safety / K3 di perusahaannya, atau peserta yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuan di bidang K3 Basic Factory.

 

Arkademi: Kursus Online Bersertifikat www.bocahudik.com
Photo: www.bocahudik.com

Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat pemula atau tingkat dasar. Sementara pelatihan ini ditujukan untuk para pekerja yang ada di pabrik seperti operator, bagian produksi, bagian Safety, dan lainnya yang sering beraktifitas di dalam pabrik. Pelatihan ini mengacu pada standar K3 Internasional.

“Saya bisa mengikuti kursus K3 tanpa terikat tempat dan waktu dengan harga yang sangat terjangkau,” katanya.

Hadirnya Arkademi tentu saja menjadi dorongan besar dalam rangka peningkatan kualitas SDM khususnya tenaga terampil di Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan lebih siap dalam menghadapi perkembangan di era industri sekarang.

Dalam rangka memenuhi misi tersebut, beragam pelatihan dan sertifikasi yang ditawarkan di Arkademi memiliki range harga yang terjangkau. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Contohnya saja pelatihan Microsoft word untuk tenaga perkantoran umum yang dibandrol dengan harga RP299 ribu atau untuk pelatihan menderikan startup dan pembagian saham untuk CEO seharga RP499 ribu.

"Biayanya murah. Tapi karena kami kurang mampu, kemarin ibu pinjam uang sama pakde untuk kursus online," kata Fadli dengan wajah sedih.

Kegirangan bukan hanya dirasakan Fadli. Seluruh keluarganya pun ikut bahagia. Senyum tersungging kala mendengar Fadli bercerita dan bersyukur diterima di perusahaan impiannya.

 

Arkademi: Kursus Online Bersertifikat www.bocahudik.com
Photo: Tangkap Layar www.bocahudik.com

Rencananya, Fadli akan kursus online sambil membantu ibunya yang sedang jualan kue di rumah. Ekonomi keluarganya sempat tersendat sejak ayahnya meninggal.

Sementara metode ajar di Arkademi adalah self-paced Learning dengan Pre-Test pada setiap modul dan Post-Test pada akhir kelas untuk menguji pemahaman materi. Selain itu Video ajar berdurasi rata-rata 10 menit / video dengan menggunakan slide materi PDF.

Durasi akses masuk ke kelas selama 750 hari. Untuk pengajar, Arkademi memiliki instruktur, konsultan dan trainer yang berpengalaman lebih dari 10 tahun.

“Arkademi telah menyelamatkan ekonomi keluarga serta mewujudkan impian saya," katanya sembari tersenyum.

9 comments

  1. Memang kursus kursus online ini sangat membantu ya. Tapi seiring dengan bertumbuh kembangnya Gaya belajar seperti ini Kita masyarakat pun harus sudah siap dengan perubahan prilaku belajar yang semakin maju.

    ReplyDelete
  2. Berat juga jadi Fadli ini ya kan. Memang harus semangat berlipat-lipat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Enaknya sekarang ada kursus online begini, jadi bisa membantu banget di dunia kerja. Jujur, saya pun juga merasa terbantu banget dengan yang namanya kursus online begini. Bisa ngulang-ngulang pelajaran pun kalau lupa. Tinggal mempersiapkan waktu dan sama estimasi biaya aja.

    ReplyDelete
  3. Tertarik sekali dengan metode ajar di kursus online arkademi lewat self-paced learning.

    Ada pre test juga post test nya.
    Plus video ajar dengan durasi waktu yang cukup panjang.

    Ah lega rasanya ya bila pendidikan dan kesempatan bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat. Hingga suatu hari nanti tidak ada lagi anak negeri yang merasa termarjinalkan di negeri sendiri, Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Selamatbiat Fadli, usahanya gak sia-sia. Salah satu ikhyiar dengan kursus online di Arkademi, membuahkan hasil. ikut bahagia

    ReplyDelete
  5. Salut sama Fadli ya bang, walaupun dihantam keadaan selalu ada cara untuk mewujudkan mimpinya. Btw, bisa juga ini saranan ke adek buat ikutan khursusnya.

    ReplyDelete
  6. Realita zaman now ya bang. Anak akan jadi tulang punggung saat ayahnya tiada ataupun sakit-sakitan. tapi awak yakin mereka adalah anak-anak yang kuat. Akan ada jalan untuk mereka meraih sukses. Seperti Fadli yang jalannya melalui Arkademi. Saya yakin akan banyak Fadli lainnya yang menuju sukses karena di Arkademi skill mereka akan meningkat.

    ReplyDelete
  7. Zaman sekarang kalo mau meningkatkan kemampuan relatif lebih mudah dengan adanya kursus online seperti Arkademi ini. Tidak harus kuliah dengan biaya selaangit, cukup fokus pada kemampuan yang sesuai bakat kita. Yakinlah masih banyak lapangan kerja di luar sana yang sesuai dengan apa yang kita punya. Semangat belajar di Arkademi!!

    ReplyDelete
  8. Saya sendiri juga sedang semangat buat belajar lagi.
    Dan rajin cari-cari kursus yang sesuai minat.
    Saat ini sedang ikutan kursus inggris online, soalnya udah mulai tersendat-sendat conversationnya.
    Dan cari kursus lain juga. Nanti saya mau ubek-ubek juga ini arkademia. Siapa tau ada yang cocok di saya

    ReplyDelete
  9. kursus online bisa memudahkan fadli-fadli yang lain yang mengalami keterbatasan ya bang. apalagi yg tinggal di pedalaman sana. Sangat amat membantu kursus online ini.

    ReplyDelete