Games Online Edukatif di Plays.Org Untuk Anak-Anak

Permainan di Plays.Org www.bocahudik.com

Raffa, anak laki-laki berusia 6 tahun itu duduk termenung. Dia mendapat teguran dari ibunya akibat bermain telepon genggam. Padahal dia harus belajar malam itu. Pasalnya keesokan harinya ada jadwal ujian di sekolah.
 
Dia hobi menonton video streaming di telepon genggam ibunya. Hal itu yang membuat orangtuanya kesal. Anak seusianya harus belajar sambil bermain. Bukan sekadar menonton video streaming saja.
 

Berbicara belajar dan bermain, kini ada game online edukatif di plays.org. Saya yang berkunjung ke rumahnya mengenalkan jenis permainan yang ada di situs tersebut.

 
Plays.org merupakan situs permainan yang asik. Ada banyak permainan yang tersedia di sana. Tidak terlalu sulit untuk memainkannya. Jadi, saya mengenalkan kepada Raffa agar dia mau bermain sambil belajar.
 
"Sini duduk dekat uncle. Kita main permainan di plays.org," ajak saya.
 
Setiap anak mempunyai cara sendiri dalam menemukan hal yang membuat dia tertarik untuk menikmati permainan. Aspek tersebut yang ada dalam teori Montessori bahwa kebutuhan masing-masing anak sangat berbeda.
 
Tapi perlu digarisbawahi bahwa setiap anak yang tertarik pada permainan di awal, pasti akan melakukan pengulangan terus-menerus sampai dia bosan dan mencapai kesempurnaan.
 
Permainan di Plays.Org www.bocahudik.com

Tak heran jika kita selalu menemui anak yang sering buka tutup pintu, contohnya. Menurut kita, tindakannya itu sudah cukup dan selesai buat dimainkan. Itulah cara anak belajar melalui bermain.
 
Sebagai seorang paman yang melek digital, saya memilih dan memilah permainan yang ramah buat keponakan. Essensi mengedukasi, menstimulasi kemampuan motorik dan mental anak pasti jadi prioritas saya. Terutama di jaman serba modern yang keseharian tidak lepas dari gadget, banyak game online berseliweran.
 
Saya memang harus memilih game online ketika jenuh dengan aktivitas yang membuat pikiran stress. Selain bersenda gurau dengan teman, nonton bioskop, dan membaca buku, game online cukup menghibur saya mendapati mood baru.
 
"Uncle, asik ya permainannya. Raffa suka. Bisa belajar," katanya.
 
Main game online cukup ampuh mengusir kecanduan bagi anak yang sudah terlanjur mengenalnya. Kondisi ini sering saya temui ketika saya selalu mendapati kasus anak-anak kecanduan game online, dimana ada efek yang berbeda saat anak main game online sendiri dengan mereka yang mainnya bersama teman-teman.
 
Berikut Game Online Untuk Anak-Anak

1. Daniel Tiger’s Neighbourhood Spin and Sing.
Daniel Tigers's Neighbourhood www.bocahudik.com
Bermain game online yang satu ini sangat. Full music dengan instruksi menggunakan bahasa Inggris. Anak dan orangtua bisa kerjasama untuk menyelesaikan game ini.

Hanya dengan memutar spin, kita bisa main game seru ini dan ikuti perintahnya. Jika gagal, akan ada instruksi untuk melakukan lagi. Main game online Daniel tiger's neighborhood spin and sing sangat mengedukasi. Ada teks yang tertera di layar, lumayan bisa mengikuti ejaannya. Ya, belajar bahasa Inggris secara otodidak lah.
 
2. Thomas and Friends Jigsaw Puzzle Game
 
Saya nyari game online edukasi di plays.org dengan tingkat kesulitan 0. Salah satunya Thomas and Friends Jigsaw Puzzle Game.
 
Cara mainnya mudah. Berhubung sampai detik ini Raffa tidak terlalu tertarik dengan permainan puzzle, mungkin dengan mengenalkan game online ini bisa menstimulasinya. Cukup mengarahkan kursor di gambar, puzzle bergerak sendiri sesuai tempat potongan puzzlenya.
 
3. Jumper Frog
 
Game menyeberang jalan buatan Konami pada tahun 1981, Frogger menjadi inspirasi bagi Jumper Frog. Permainan ini cukup menegangkan ketika pemain harus menyeberangkan katak saat melewati jalan raya dan sungai.
 
Pemain harus memastikan katak tidak terlindas kendaraan dan tidak masuk ke sungai untuk memenangkan permainan. Inti permainan ini, kita harus cermat menentukan kapan katak digerakkan untuk menghindari kendaraan, kemudian melompat ke balok kayu dan melompat ke tepi sungai.
 
Jumper Frog www.bocahudik.com

Dalam setiap level, ada lima ekor katak yang harus menyeberang. Setelah satu katak berhasil menyeberang, waktu akan kembali ke awal.
 
Kita bisa menggerakkan katak maju dan mundur untuk menghindari bahaya. Jika gagal menyeberangkan tiga ekor katak, otomatis permainan akan berakhir. Namun saya selalu game over saat bermain Jumper Frog ini.

Menurut saya saat bermain Jumper Frog, ada kesulitan melintasi mobil atau kendaraan yang lalu lalng di jalan raya. Kemudian harus menyebrangi sungai dengan menumpang kayu atau kura-kura di sungai. Saat kura-kura tenggelam, kita akan tenggelam alias game over. Belum lagi terkena lalat saat di lokasi penyebrangan, itu bisa game over juga.
 
4. Pac Rat
 
Game ini terinspirasi dari game Pac Man yang didesain oleh Toru Iwatani. Dalam permainan Pac Man yang asli, pemain harus berhadapan dengan empat hantu yang memiliki karakter masing-masing.
 
Tugas pemain adalah memakan semua makanan pada arena permainan sekaligus menghindari keempat hantu tersebut. Nah, pada game ini karakter pemain ialah seekor tikus. Sedangkan karakter hantu digantikan oleh kucing.
 
Pac Rat www.bocahudik.com

Cara permainannya masih sama yaitu menghabiskan makanan di arena permainan dan menghindari musuh yaitu kucing. Pac Rat Game menghadirkan keseruan yang lebih terasa karena tampilan visual yang atraktif serta semua level permainan yang semakin menantang. Lumayan untuk menghilangkan bosan dan menghibur di penghujung hari lelahmu.
 
Kelebihan Bermain di Plays.org
 
Dari semua manfaat yang bisa didapat dalam bermain masing-masing game di website ini, ada juga kelebihan yang bisa kita rasakan. Di antaranya adalah sebagai berikut:
 
1. Tidak Ada Status Symbol dan Murah
 
Permainan ini tidak membutuhkan status symbol atau pun upgrade games kapasitas data dari permainan tersebut tidak terlalu besar. Selain itu, Plays.org sangat murah.

Kenapa murah? Karena bisa diakses melalui browser internet saja. Hanya menggunakan kuota internet. Jadi, sangat murah dan tidak sulit.
 
2. Bisa Dimainkan Semua Orang
 
Permainan di dalam platform games ini merupakan permainan atau games yang termasuk mudah dan bisa dimainkan oleh siapapun. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena, gamesnya merupakan games-games ringan.
 
3. Permainan Bisa Diselesaikan Cepat
 
Pada platform permainan ini, tipe games atau permainannya merupakan tipe permainan yang bisa diselesaikan dengan cepat dan tidak harus berhari-hari. Karena, seperti yang sudah dijelaskan bahwa jenis gamesnya cukup mudah.
 
4. Tidak Perlu Mendownload Aplikasi atau Registrasi Akun
 
Memainkan platform games ini tidak perlu mendownload aplikasi tertentu, karena platform game ini memang bertujuan mempermudah para pemainnya.
 
Games ini tidak membutuhkan registrasi akun. Hal itu lebih mempermudah para pemain. Melihat berbagai kelebihan dan keuntungannya, pasti kita semua akan semakin suka dengan bermain games pada platform terbaru ini.
 
Semua kelebihannya itu paling dicari oleh semua gamers. Oleh karena itu, bermain games pada dasarnya tidak sepenuhnya buruk dan negatif jika kita mau mengarahkan dengan benar.

11 comments

  1. Saya penyuka main game dan pengen banget nyobain main di plays.org, terutama karena pembosan jadi mini games pasti cocok buat saya.

    ReplyDelete
  2. wih. lebih mudah dimainkan ketika buka laptop ..ketik alamat web dah lgsg PLAY..GK PERLU BELI DAN PAKE COIN SEGALA .. mantap

    ReplyDelete
  3. Mau itu game yang pertama, Daniel si beruang itu...
    Bisa sekalian belajar inggris ya...cocok buat trio linrana

    ReplyDelete
  4. pac.rat itu paling enak dimainkan kek nya yakan bang? ah serulah ada plays.org ini. gak perlu bingung2 nyari situs game lagi

    ReplyDelete
  5. wah kayaknya seru-seru gamenya dari warnanya sih menggiurkan pengen dicobain. tapi ini gadgetnya harus mumpuni kali ya sama internetnya, biar bisa kencang mainnya wkwk

    ReplyDelete
  6. Nah kan kalo main game gini gak bikin emak kesel. Soalnya anaknya sambil belajar. Asyik nya lagi gak perlu download aplikasi. Gak bikin memori habis.

    ReplyDelete
  7. Pernah dulu bertanya-tanya kenapa ya kok bisa ya main game itu payah berhentiin nya.

    Kayak nagih gitu.

    Dan pertanyaan yang sudah nangkring bertahun tahun di kepala ini terjawab setelah baca di sini.

    Benar.

    Ras penasaran dan ingin terus naik level.

    Nge-game gak semua tanpa manfaat ya kan.

    Bila bisa melihat peluang maka bisa earning juga

    ReplyDelete
  8. Pilihan gamenya banyak ya bang Alfie anak-anak bakalan betah

    ReplyDelete
  9. Sukanya main game di Plays.org ni banyak jenis permainannya, buat anak bisa buat orang tua juga bisa, keren lah :)

    ReplyDelete
  10. Nge game itu memang mengasyikkan terkadang bikin kecanduan..tapi kalau ada game edukatif ky gini..gpp kali ya skali-kali.

    ReplyDelete
  11. Jangankan anak2 saya aja yg emak2 juga nagih main ni, seru lo, mudah lagi, cukup menyenangkan lah menghibur kalau waktu senggang

    ReplyDelete