Food Blogger Medan: Kobe Bumbu Kalasan Solusi Menu Praktis Andalan Ibu Muda dan Anak Kos

Kobe Bumbu Kalasan www.bocahudik.com
 
Saya menjadi anak kos sejak tahun 2009. Banyak pengalaman yang saya dapatkan sejak saat itu. Menurut saya, menjadi seorang anak kos memang sangatlah menantang. Pasalnya seorang anak kos harus pintar dalam mengelola keuangan atau hemat.

Apalagi saat itu, saya masih seorang mahasiswa yang masih mengandalkan uang kiriman orangtua. Maka saya harus makan hemat ala anak kos. Berikut cara hemat ala anak kos versi saya:

1. Rinci Pengeluaran Makan Selama Sebulan
 
Tips makan hemat ala anak kos yang pertama adalah dengan membuat rincian pengeluaran makan saya sendiri selama satu bulan. Jadi, ketika bapak kirim uang, saya langsung membuat rincian semua pengeluaran secara detail, termasuk pengeluaran makan.

Tujuan merinci pengeluaran ini adalah agar bisa tahu hal apa saja yang melubangi kantong saya. Setelah itu, saya sadar terhadap tindakan pemborosan apa yang telah saya lakukan selama ini.

2. Kurangi Nongkrong di Cafe

Sebagai anak muda, kegiatan nongkrong menjadi sebuah kebutuhan sosial yang tidak dapat dihindari. Nongkrong di cafe atau warung kopi bersama teman memang sah-sah saja untuk dilakukan. Tetapi kalau terlalu sering bisa jadi pengeluaran dalam sebulan menjadi bengkak.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar hal tersebut tidak terjadi? Maka usahakan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong. Beneran deh. Makan dulu saja sampai kenyang saat akan nongkrong. Daripada membeli makanan di cafe dengan harga Rp50 ribu hingga lebih dari Rp100 ribu tapi belum tentu kenyang.

3. Cintai Air Putih

Tips makan hemat ala anak kos selanjutnya adalah mencintai air putih setulus hati. Sebab ini adalah salah satu tips sederhana tetapi hasilnya akan sangat luar biasa sekali.

Minuman yang hampir selalu ada dan memiliki harga paling murah biasanya adalah air putih. Maka tips makan hemat ala anak kos adalah untuk selalu memesan air putih ketika terpaksa makan di luar atau di kantin kampus.

Harga segelas es jeruk atau es teh manis adalah Rp3.000. Sementara harga air putih hanya Rp1.000 dan bahkan di beberapa tempat digratiskan. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa disimpan jika mulai membiasakan diri minum air putih.

4. Masak Nasi Putih Sendiri

Cara atau tips makan hemat ala anak kos selanjutnya adalah dengan memasak nasi sendiri. Orang Indonesia sudah terbiasa untuk makan nasi putih.

Nah, sebagai anak kos harus bisa mencari celah untuk menyiasati hal ini. Harga nasi putih di tempat makan biasanya mulai dari Rp5.000 untuk satu porsinya. Jika sehari membeli 3 kali, sudah terbayang sendiri dong berapa pengeluaran hanya untuk nasi.

5. Belajarlah Masak Sejak Dini

Menjadi seorang anak kos adalah pertanda harus menaklukkan segala tantangan untuk hidup mandiri. Salah satunya adalah dengan belajar masak dan mengolah makanan sendiri.

Saya punya rahasia lebih mudah dalam belajar memasak. Menurut saya sih pakai bumbu instan. Selain kualitas rasa sudah terjamin, bumbu instan juga memangkas waktu memasak.

Nah, aku mau berbagi salah satu menu olahan ayam kesukaanku saat menjadi anak kos. Ayo langsung praktik menu di bawah!

Kobe Bumbu Kalasan www.bocahudik.com

Ayam Dadu Kalasan Spesial
 
Ayam merupakan bahan menu yang sering dijual dan bisa disajikan dalam acara. Cari bahannya juga mudah. Biar tak bosan dengan menu olah ayam yang itu-itu saja, saya sering masak olahan ayam pakai Tepung Kobe.

Kobe Bumbu Kalasan membuat rasa masakan manis, gurih, dan berempah. Menurut saya, rasanya pas dan cocok dinikmati semua kalangan, termasuk anak-anak.

Cara buat ayam dadu kalasan spesial sangat mudah, pakai 2 bahan aja. Sekadar informasi, Kreasi Bumbu Kobe Kalasan merupakan bumbu komplit untuk marinasi atau ungkep ayam goreng kalasan dengan hasil cita rasa manis, gurih dan berempah.

Kobe Bumbu Kalasan mengandung asam jawa dan berbagai rempah alami pilihan dengan racikan yang pas menjadikan Kobe Bumbu Kalasan bumbu yang wajib distock di rumah untuk solusi memasak aneka hidangan secara praktis.


Kobe Bumbu Kalasan www.bocahudik.com

Bahan:
400 gr ayam fillet
1 bungkus Kobe Bumbu Kalasan (@35gr) minyak goreng secukupnya
1 buah jeruk nipis

Cara membuat:
Potong ayam kotak-kotak. Cuci dan beri perasan jeruk nipis dan lumuri dengan Kobe Bumbu Kalasan. Diamkan selama 15 menit. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam hingga matang. Ayam Dadu Kalasan Spesial siap disajikan.

Mudah banget, kan? Nah, Bumbu dari Kobe ini juga bisa digunakan untuk marinasi telur, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Kata orang banyak enak karena Kobe ahlinya tepung bumbu!

Yuk semangat belajar memasak dan cobain resep ayam kalasan!

Kobe Bumbu Kalasan www.bocahudik.com

4 comments

  1. Jiaaah jadi inget nih pernah jadi anak kost. Paling seneng kalo pas diajak makan-makan sama teman kantor. Wah berasa kejatuhan durian runtuh.
    Tapi sekarang kalau mau makan enak cukup beli kobe saja. Praktis banget nih.

    ReplyDelete
  2. Membuat rancangan menu makan sebulan dan mengatur daftar belanja memang terbukti efektif untuk menjaga agar keuangan tidak kebobolan di pertengahan bulan bang.
    Ini gak cuma buat anak kost sih, tapi juga rumahtangga kayak saya

    ReplyDelete
  3. Ngiler liat hidangan ayam Kalasannya bg. jd pengen coba juga resepnya. Bumbu Kobe sangat membantu para ibu muda dan anak kost jadi auto jadi chef hehe

    ReplyDelete
  4. Kebetulan saya punya stock fillet ayam dikulkas.
    Tinggal potong-potong kotak, dan dimarinasi pake bumbu kalasan kobe ya.
    praktis...

    ReplyDelete